Memoar, Opini, Kata Hati

Senin, 30 Maret 2015

Hal Penting yang Harus Diperhatikan oleh Pemilik Brand Franchise


Memiliki bisnis yang sukses merupakan hal yang diimpikan hampir semua orang. Para pebisnis baik yang masih dalam level pemula maupun yang sudah expert tentu akan merasa bangga dengan pencapaian kesuksesan bisnis yang dapat diraih. Apalagi bila bisnis tersebut terus berkembang pesat dan mampu menciptakan sistem franchise bagi calon pebisnis lainnya. Walapun sudah mencapai kesuksesan, jangan menjadi pebisnis yang cepat puas terhadap hal-hal yang telah mampu dicapai. Perkembangan bisnis membutuhkan kreasi dan inovasi berkesinambungan untuk mempertahankan prestasi tersebut.

Pebisnis yang sukses mengembangkan sistem franchise hendaknya memiliki visi dan cara pandang yang jauh lebih maju dibandingkan dengan pebisnis lainnya. Karena hal yang harus dilakukan bukan hanya mempertahankan kualitas brand bisnisnya saja, tapi juga mengenai bagaimana menjalin dan mempertahankan relasi yang baik dengan mitra franchise. Kepuasan mitra franchise terhadap benefit yang diberikan si pemilik brand tentu akan memancing ketertarikan orang lain untuk menggeluti bisnis dengan brand yang sama. Hal ini secara tak langsung akan mempengaruhi popularitas brand franchise agar semakin berkembang dan dikenal banyak orang.


Ilustrasi : Mitra Franchise Merupakan Salah Satu Mata Rantai yang Mendukung Kelancaran Suatu Bisnis
Sumber:
www.crayonlegs.com




Untuk memantau kualitas brand bisnis serta menjaga kepuasan mitra franchise, mari menyimak beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik suatu brand franchise:

Kualitas Bahan Baku
Bahan baku merupakan salah satu hal penting yang mempengaruhi kualitas suatu brand bisnis. Apalagi bila brand bisnis yang diusung bergerak di bidang kuliner. Kesegaran dan mutu bahan baku akan sangat mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan. Jangan sampai pemilik brand franchise sibuk mengejar harga yang kompetitif dan lantas mengabaikan kualitas bahan baku yang disediakan bagi para mitra franchise.

Lokasi
Pemilihan lokasi yang strategis juga menjadi hal yang krusial bagi sebuah bisnis franchise. Lokasi yang berdekatan antar mitra franchise dari brand yang sama akan sangat mempengaruhi daya jual produk. Masyarakat akan menganggap bahwa brand franchise tersebut tak terlalu spesial dan mudah ditemukan dimana-mana dalam lokasi yang jaraknya relatif berdekatan. Sebaiknya pemilik brand franchise membuat perencanaan yang matang terkait dengan lokasi yang dipilih mitra franchise. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat peraturan jarak minimal antar satu mitra dengan mitra lainnya (misalnya lokasi usaha minimal berjarak 8 km dari mitra franchise dari brand yang sama). Selain itu, pemilik brand franchise juga memerlukan surveyor untuk turun langsung ke lokasi dan memastikan bahwa lokasi pilihan tersebut strategis dan sesuai dengan aturan jarak minimal yang berlaku.

Sidak
Sidak (inspeksi mendadak) ke sejumlah outlet franchise merupakan suatu kegiatan yang sederhana namun sangat penting untuk dilakukan. Tugaskanlah sejumlah crew untuk melakukan sidak ke masing-masing outlet franchise. Dalam hal ini crew diposisikan menjadi pelanggan yang ingin membeli produk dari franchise tersebut. Dengan bertindak sebagai pelanggan biasa, crew dapat mengetahui bagaimana kualitas franchise yang dijalankan oleh mitra dari segi kualitas bahan baku, kualitas pelayanan, keterampilan dan behavior SDM yang digunakan serta kebersihan outlet franchise. Hal-hal yang menjadi bahan evaluasi dapat disampaikan dengan sopan dan terbuka kepada mitra franchise untuk senantiasa menjaga kualitas franchise dan menjalin relasi yang baik dengan para mitra franchise.

Hal-hal kecil lainnya
Pelayanan dan paket franchise yang berkualitas menjadi senjata utama untuk menarik minat calon mitra franchise. Pemilik suatu brand franchise hendaknya memberikan paket franchise yang lengkap untuk membantu kelancaran bisnis sang mitra. Paket bisnis yang lengkap dapat terdiri dari training process untuk membuat produk, training SDM sebagai persiapan operator outlet franchise, sarana dan sistem promosi yang efektif serta sistem management outlet yang efisien.

Demikian beberapa tips sederhana mengenai hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik suatu brand franchise. Semoga tips-tips tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat bagi para pebisnis yang mengusung sistem franchise.


Sumber:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa