Memoar, Opini, Kata Hati

Senin, 08 Juni 2015

Guru SD : Sosok Pelita Nan Luhur Pembentuk Mahakarya Indonesia


Ingatkah kamu kapankah terakhir kali menghubungi guru SD-mu?

Ketika kamu sibuk meraih mimpi atau mengejar karir yang mapan, ketika itu pula guru-gurumu di SD juga bertambah usianya. Disadari atau tidak, guru-guru SD-mu adalah sosok penting yang mampu menyalurkan nilai-nilai luhur untuk membentuk sosok mahakarya Indonesia yang begitu membanggakan.


Apa sebenarnya mahakarya Indonesia yang dimaksud?

Sumber :

Mahakarya Indonesia itu tidak lain adalah kesuksesan dirimu sendiri. Dari seorang anak kecil yang tidak paham dengan peliknya konflik kehidupan, perlahan tapi pasti kamu tumbuh menjadi besar dan kuat berkat didikan guru SD-mu. Guru SD-mu adalah orang yang turut andil dalam mengajarimu cara menulis yang baik, perihal proses bergaul dengan teman sebaya, cara berbicara di depan umum serta sopan santun dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Kemarahan dan rasa jengkel yang pernah mereka tunjukkan hanya demi kebaikanmu semata. Tanpa ada maksud lain, mereka tentu tidak segan memperingatkanmu saat kamu malas belajar atau mulai berperilaku nyeleneh selama kegiatan belajar mengajar.


Mungkin tidak pernah terlintas di benak mereka untuk menjadi bagian penting dari pembentukan mahakarya Indonesia. Namun nyatanya dedikasi yang telah mereka berikan mampu menghasilkan generasi yang mandiri, cermat dan memiliki akhlak yang mulia. Guru SD-mu memberikan andil yang besar bagi pembentukan karaktermu di masa dewasa.

Masa kecilmu tentu dipenuhi oleh pelajaran mengenai nilai-nilai luhur yang disampaikan guru SD-mu. Pelajaran-pelajaran kecil nan sederhana seperti inilah yang dibutuhkan oleh seorang anak kecil agar bisa tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas :

Semangat Gotong Royong

Sumber :

Manusia adalah mahkluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa menjalin hubungan dengan orang lain. Semangat gotong royong seperti ini tentu sangat dibutuhkan di era modern seperti sekarang ini. Walaupun kamu mampu membeli gadget canggih dan menggunakannya untuk bersenang-senang atau menyelesaikan pekerjaan, tapi semangat gotong royong yang mendasari interaksi sosial harus tetap kamu junjung tinggi dimanapun kamu berada.

Ingatkah kamu ketika guru SD-mu membentuk kelompok petugas piket untuk membersihkan kelas secara bergiliran?

Begitu sederhana namun bermakna, pelajaran di masa kecil itu mampu menjelaskan kalau segala sesuatu yang berat akan terasa ringan bila dikerjakan secara bergotong royong.

Kegigihan Sebagai Bekal Perjuangan

Persaingan di masa kini sangat ketat, lho. Diluar sana ada banyak sekali orang-orang bertalenta dengan segudang keunggulan yang mungkin membuat nyalimu menjadi ciut. Tapi ingatlah kalau semua manusia adalah mahkluk yang unik dan dianugerahi dengan bakat yang istimewa.

Sumber :

Keyakinanmu akan bakat yang kamu miliki akan semakin berarti jika kamu memiliki kegigihan sebagai bekal perjuangan. Bahkan orang yang hebat dan paling berbakat sekalipun bisa mengalami kekalahan kalau tidak memiliki kegigihan dan daya juang yang keras. Nilai-nilai kegigihan dalam dirimu sudah mulai diasah sejak guru SD-mu menuntutmu mendapatkan nilai yang sempurna di kelas. Sekarang kamu paham kan mengapa guru SD-mu selalu marah ketika kamu malas belajar dan mendapatkan nilai yang jelek?

Bila kamu tidak menyukai sesuatu, bukan berarti kamu boleh mengabaikannya dan membiarkan hal tersebut membuatmu gagal. Kegigihan akan menjadi modal yang besar dalam menyelesaikan semua tantangan hidup yang akan kamu alami.

Kerendahan Hati

Sumber :

Guru SD yang setiap hari setia memberikan bimbingan untukmu dan teman-temanmu adalah sosok yang cerdas. Mereka mampu membuat analisis, menguasai keadaan kelas, menyusun pelajaran dan mempelajari karakter dari masing-masing siswanya. Tapi kecerdasan yang mereka miliki tidak membuat mereka jadi lupa diri dan tinggi hati. Karena kerendahan hatilah yang membawa mereka untuk mengabdikan diri bagi dunia pendidikan.

Tidak akan ada kisah sukses yang bisa kamu torehkan kalau guru SD-mu tidak memiliki kerendahan hati untuk berbagi ilmu denganmu. Belajar dari kerendahan hati mereka yang membentukmu jadi pribadi yang cerdas dan berkualitas, kini giliran kamu yang meneruskan semangat kerendahan hati dan kesediaan untuk berbagi dengan sesamamu.

Kesabaran Adalah Kunci Kemenangan
Bukan besarnya ego yang membuatmu tampil sebagai seorang pemenang, melainkan kesabaranlah yang menjadi kunci kemenangan sesungguhnya. Menang bukan berarti menjadi juara atau selalu di posisi nomor satu. Sebab ketika kamu berhasil menahan sisi egoisme demi meminimalkan perselisihan, disaat itulah kamu sudah memenangkan satu tingkat yang lebih tinggi lagi pada ujian kesabaran yang sedang kamu hadapi.

Sumber :

Masih ingat ketika gurumu memintamu untuk meminta maaf duluan setelah kamu bertengkar dengan temanmu?

Atau masih ingat dengan ekspresi gurumu saat menahan kesal karena ulah kenakalanmu dan teman-teman sekelasmu?

Kesabaran yang mereka perlihatkan di masa kecilmu adalah salah satu pelajaran berharga yang kamu dapatkan ketika menuntut ilmu di sekolah. Tiada yang lebih menantang daripada melatih kesabaran kala diri sendiri sedang dihujani dengan permasalahan pribadi. Meski tidak tampak dan tidak berwujud, kesabaran hati guru SD-mu mengajarkan kedewasaan pola pikirmu sejak kamu masih kanak-kanak.

_________________________________________________________________________________

Apapun profesi yang kamu tekuni saat ini, kamu adalah bagian dari mahakarya Indonesia yang dibentuk oleh nilai-nilai luhur warisan guru SD-mu. Jadilah pribadi yang mencerminkan semangat dan keteguhan hati sang mahakarya Indonesia dan jangan pernah menyia-nyiakan bimbingan dan ketulusan yang sudah guru SD-mu berikan.

Sebagai bagian dari mahakarya Indonesia yang cerdas, tekun dan berakhlak, jangan lupa untuk senantiasa mengingat segala kebaikan dan ketulusan yang diberikan oleh guru SD-mu. Hari ini mereka pasti akan sangat senang jika menerima telepon dari kamu yang menanyakan kabar mereka. Raga mereka mungkin mulai letih karena gempuran rutinitas, tapi semangat dan doa-doa mereka akan selalu jadi pelita nan luhur yang mengantarkan perjuangan generasi penerus yang gemilang.



Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa