Memoar, Opini, Kata Hati

Kamis, 25 Juni 2015

Mau Sehat? Mulailah Rajin Makan Tomat !



Sumber :

Kala mengingat sepiring sambal yang pedas, tentu saja kita juga ikut mengingat irisan tomat segar yang digunakan sebagai bahan dasar sambal. Tomat segar yang masih muda biasanya memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang asam. Sedangkan tomat yang sudah masak akan bertekstur lebih lembut dengan warna merah yang menggugah selera.

Meski sering digunakan dalam aneka masakan, tomat merupakan salah satu jenis buah dan bukan sayur. Citarasa tomat yang segar tidak hanya cocok dipadukan dengan aneka masakan, tapi juga cocok digunakan sebagai bahan dasar aneka minuman.

Mulai sekarang sepertinya kita harus lebih rajin mengonsumsi tomat, karena tomat memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh jika rajin mengonsumsi tomat?


Likopen untuk Kesehatan Kulit

Siapa sih yang tidak ingin punya kulit yang sehat dan tampak awet muda?
Daripada repot-repot menggunakan kosmetik mahal, kita bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi tomat. Kandungan likopen dalam tomat memiliki kemampuan untuk mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit.

Meminimalkan Risiko Beberapa Jenis Kanker
Mengonsumsi bahan makanan dengan pengawet atau zat tambahan lainnya membuat tubuh kita jadi lebih rentan dengan penyakit kanker. Namun penelitian yang mempelajari manfaat likopen dalam tomat menyatakan bahwa likopen dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.
Sebagai salah satu zat antioksidan, likopen memang berkhasiat untuk mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker prostat dan kanker usus.

Dapatkan Tulang yang Kuat dengan Makan Tomat

Tomat yang memiliki rasa segar tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, tapi juga mengandung banyak kalsium dan vitamin K. Kandungan kalsium dan vitamin K yang terdapat dalam tomat akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi agar tetap kuat dan siap beraktivitas.

Menjaga Kesehatan Jantung dengan Tomat

Meminimalkan konsumsi makanan berlemak untuk menjaga kesehatan jantung memang efektif. Tapi akan lebih efektif lagi jika hal tersebut dilengkapi dengan konsumsi tomat. Vitamin B dan mineral potasium yang terdapat dalam tomat dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah.

Sehingga kita dapat meminimalkan risiko penyakit yang berkaitan dengan jantung seperti jantung koroner, stroke atau komplikasi penyakit lainnya.

Saatnya Memiliki Rambut Sehat dan Indah

Kalau memiliki rambut yang tampak kusam dan kurang sehat, tomat bisa menjadi salah satu solusi alami untuk mengatasinya. Karena mengandung vitamin A, maka konsumsi tomat secara teratur dapat membuat rambut jadi lebih sehat dan indah secara alami.

Tidak cuma bermanfaat bagi rambut, vitamin A dalam tomat juga akan membantu menjaga kesehatan mata kita.



Sumber :

Usai membaca manfaat konsumsi tomat tersebut, masihkah kita malas untuk makan tomat?

Kesehatan tidak terasa berharga ketika kita masih sehat, tapi kesehatan baru terasa sangat berharga jika kita sudah sakit. Jadi, tentu saja kita tidak perlu mengalami sakit terlebih dahulu untuk mengonsumsi tomat, kan?






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa