Memoar, Opini, Kata Hati

Selasa, 08 September 2015

Lezat dan Bergizi Si Jamur Enoki


Pernah mengonsumsi jamur?

Jamur adalah salah satu bahan makanan yang mengandung protein nabati dan sejumlah nutrisi penting lainnya. Ada begitu banyak jenis jamur yang beredar di pasaran. Semua jenis jamur tersebut memiliki ciri khas masing-masing dari segi bentuk, warna, tekstur, dan rasa.


Salah satu jenis jamur yang harganya terjangkau namun memiliki rasa dan kandungan nutrisi yang sangat istimewa adalah jamur enoki. 

Sumber :

Seperti Apa Bentuk Jamur Enoki?

Jamur enoki memiliki bentuk yang sangat ramping dengan bagian “payung” yang ukurannya sangat kecil. Sebatang jamur enoki biasanya memiliki tinggi kurang lebih 12 cm. Dengan warna putih creamy, jamur enoki juga sering dijuluki dengan nama “snow puffs”.


Tektur Spesial Jamur Enoki

Jenis jamur berukuran kecil yang satu ini memiliki tekstur yang tidak kalah spesial dengan jamur lainnya. Teksturnya yang renyah seperti tulang rawan ayam dan rasa yang cukup gurih membuat jamur enoki jadi mudah dipadukan ke dalam aneka jenis masakan. Pastikan Anda sudah mencuci jamur ini hingga bersih dan benar-benar kering suka jamur enoki yang hendak dimasak tidak mengandung banyak air yang dapat mempengaruhi citarasa masakan.

Bagian akar jamur enoki yang berwarna kehitaman harus dibuang agar menyisakan batang-batang jamur yang bersih dan siap diolah.

Kandungan Nutrisi Dalam Jamur Enoki

Seperti jenis jamur lainnya, jamur enoki merupakan sumber protein nabati yang juga diperkaya dengan karbohidrat kompleks. Dalam secangkir sajian jamur enoki seberat 2.3 ons, U.S. Department of Agriculture mengklaim bahwa jumlah sajian tersebut mencakup 24 kalori, 1.4 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Yang lebih menakjubkan lagi, jamur enoki ternyata bebas kandungan gula dan lemak lho.

Setiap cangkir sajian jamur enoki juga diperkaya dengan kandungan 2 gram serat yang setara dengan 7% kebutuhan serat bagi metabolisme tubuh manusia.


Cara Mengolah Jamur Enoki

Jamur enoki pda dasarnya sangat mudah diolah menjadi aneka jenis masakan. Anda bisa mengolah jenis jamur ini menjadi menu deep fried tempura, aneka masakan tumis, dan bahan campuran dalam menu shabu-shabu. Tidak butuh waktu lama untuk memasak jamur enoki supaya teksturnya tetap renyah dan kandungan gizinya tetap terjaga dengan baik.

Sumber :

Usai mengenal manfaat gizi dalam jamur enoki, kini saatnya Anda mulai mencari aneka resep istimewa yang menggunakan jenis jamur ini. Jadikan jamur enoki sebagai salah satu alternatif bahan makanan sehat yang mudah diperoleh dan mudah diolah, ya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa