Memoar, Opini, Kata Hati

Selasa, 01 Desember 2015

Tips Makan Enak dan Sehat Tanpa Menu Gorengan


Melewati hari-hari yang sibuk dengan aktivitas yang padat tentu membuat siapa saja bisa kelelahan. Saat sudah merasa lelah dan penat, biasanya kita cenderung menyantap makaann siap saji atau makanan seadanya sebagai pengganjal perut. Padahal gaya hidup ini tentu saja kurang sehat lho, guys. Karena sejatinya tubuh kita memerlukan asupan gizi harian yang cukup untuk memaksimalkan aktivitas fisik maupun metabolisme tubuh.  

Salah satu menu cepat saji yang lezat dan praktis disantap saat sibuk adalah aneka menu gorengan. Aneka jenis menu gorengan mulai dari ayam goreng di restoran cepat saji, bakwan dan pisang goreng hingga menu gorengan modern lainnya seperti nugget dan sosis kerap menjadi menu favorit bagi banyak orang. Boleh saja sesekali menyantap gorengan yang hangat dan menggugah selera, tetapi sebaiknya tidak terlalu sering supaya kita bisa membatasi asupan kalori dan lemak bagi tubuh.

Nah, kalau kita tetap mau makan enak dan sehat tanpa menu gorengan, beberapa alternatif berikut ini bisa menjadi panduan pola makan yang tepat lho :

Aneka hidangan rebus

Aneka jenis hidangan yang direbus seperti kerang rebus, udang rebus, brokoli dan kue-kue tradisional bisa menjadi alternatif hidangan yang lezat dan sehat. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu perebusan supaya aneka bahan makanan yang direbus tidak overcooked dan kehilangan kandungan gizi. Salah satu hidangan rebus yang bergizi dan bisa disantap bersama kaldu rebusannya adalah shabu-shabu.


Sementara bila sedang tea time, aneka jenis snack yang direbus seperti kacang tanah, edamame (kedelai jepang), gembili dan kacang Bogor bisa menjadi alternatif cemilan sehat yang kaya protein lho.
Sumber :


Makanan kukus ternyata ok juga lho

Makanan yang dikukus juga memiliki nilai gizi yang tidak kalah manfaatnya dengan makanan yang direbus. Bahkan hidangan dimsum asal China yang terkenal itu juga menggunakan metode kukus yang praktis dan sehat. Berbagai jenis umbi-umbian seperti singkong, ubi dan wortel merupakan jenis umbi yang bisa dimasak dengan cara dikukus. Belum pernah kan merasakan kelezatan wortel yang dikukus dan dilumuri dengan mentega low fat yang gurih dan sehat? Hmm, rasanya sangat sedap lho.


Sumber :


Sebagai hidangan utama, menu ikan tim atau telur kukus juga bisa disajikan dalam keadaan hangat agar lebih menggugah selera. Mengukus aneka bahan makanan akan membuat gizinya tetap utuh dan tampilannya tetap menarik tanpa perubahan warna karena proses pematangannya hanya mengandalkan uap air.

Kreasi aneka hidangan tumis

Hidangan tumis kerap kali menjadi pilihan karena prosesnya yang simpel dan tidak membutuhkan banyak bahan makanan. Padahal, menumis bukan hanya praktis tapi juga sangat sehat karena hanya menggunakan sedikit minyak. Agar hidangan yang ditumis makin sehat, kita bisa menggunakan pengganti minyak goreng seperti minyak zaitun atau canola oil. Kedua jenis minyak ini tidak memiliki titik didih yang tinggi sehingga lebih cocok digunakan untuk membuat tumisan.

Tentang bahan makanan yang ingin ditumis, pilihannya sangat bervariasi sekali mulai dari sumber protein hewani seperti ikan, daging, ayam dan telur, aneka jenis sayuran hijau serta beragam jenis jamur.

Sumber :

Buat makanan yang dibakar, yuk !

Berbagai jenis sumber protein hewani seperti daging sapi, iga sapi, daging kambing, ayam dan makanan laut sangat cocok dipadukan dengan teknik bakar. Kita juga bisa mengkreasikan citarasa hidangan sesuai selera mulai dari membuat hidangan bakar bercitarasa pedas manis, hidangan bakar kecap atau hidangan bakar yang kaya akan rempah. Hindari membakar bahan makanan hingga hangus dan warnanya berubah menjadi hitam karena hal tersebut bisa memicu timbulnya zat karbon yang berpotensi menjadi karsinogenik (zat pemicu penyakit kanker).

Sumber :

Disaat sedang malas, makan yang mentah juga boleh

Jangan terkecoh dengan kalimat di atas, ya. Yang dimaksud dengan makan makanan mentah adalah memakan aneka jenis sayuran yang cocok dihidangkan dalam keadaan mentah. Masyarakat Jawa Barat mengenal hidangan mentah dengan istilah “lalapan”. Banyak sekali jenis lalapan yang bisa disantap sebagai pelengkap hidangan utama, mulai dari timun, daun selada, daun kol, daun kemangi, terong hijau, daun poh-pohan dan masih banyak lagi.

Kalau ingin makan sayuran mentah dengan gaya yang lebih modern, kita bisa menyajikan salad buatan sendiri dengan dressing sehat seperti air perasan jeruk lemon, balsamic vinegar atau saus asam pedas ala bangkok. Sayuran mentah memang praktis untuk disajikan, akan tetapi jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih dengan air yang mengalir sebelum disajikan, ya.

Sumber :

Kelima tips tentang panduan makan enak dan sehat tanpa menu gorengan tersebut pasti menginspirasi kita untuk mulai menjalankan pola makan sehat dari sekarang. Ternyata menjalankan pola makan yang sehat itu tidak susah kok, asalkan kita mau berkomitmen untuk disiplin menjalankannya dan mulai mencari ide kreatif untuk membuat hidangan sehat yang rasanya enak. Selamat mencoba, ya!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa