Memoar, Opini, Kata Hati

Minggu, 07 Februari 2016

7 Cara Ampuh Agar Tidak Ngantuk Saat Belajar di Kelas



Keep studying in class is the best lullaby.

Ups. Kenyataannya memang demikian sih, ya. Rasa ngantuk ketika belajar di kelas memang sulit dihalau. Apalagi kalau bapak ibu gurunya memiliki ritme mengajar yang mendayu-dayu seakan datar tanpa dinamika kehidupan.

Kesulitan ini nih yang tidak bisa ditampik oleh murid mana pun. Jelas sekali susah konsentrasi belajar kalau serangan kantuk mulai menyerang. Kelopak mata bagian atas akan terasa berat seperti digelayuti gorila. Tenang dulu, tak perlu resah berkepanjangan. Sebab ada 7 cara ampuh ini supaya tidak ngantuk lagi saat belajar di kelas :

Cuci Muka Di Kamar Mandi

Sumber :
huffingtonpost.co.uk

Cara yang satu ini sangat klasik dan biasa dilakukan murid-murid teladan. Rasa kantuk akan segera diatasi dengan mohon pamit ke kamar mandi untuk mencuci muka. Wajah yang segar terkena air dari wastafel akan membuat mata jadi tidak terasa berat lagi. Sehingga kamu bisa kembali ke kelas dengan semangat yang sudah pulih seutuhnya.


Menggambar Bebas Di Buku Catatan

Sumber :
Instagram

Mengekspresikan diri memang tidak boleh dibatasi oleh apa pun. Termasuk oleh kegiatan belajar dan mengajar yang membosankan. Oleh sebab itu, sebagian murid berusaha menyalurkan bakat kreatifnya dengan membuat gambar bebas di buku catatan. Saat tiba waktunya buku catatan tersebut harus dikumpul untuk diperiksa oleh guru, maka… kena deh.

Emut-Emut Permen

Sumber :
Instagram

Inilah alasan hakiki mengapa banyak murid yang setia mengantongi permen setiap hari. Tak tanggung-tanggung, bahkan ada murid yang tidak segan membeli sekantong besar permen demi membunuh si kantuk yang menyiksa.

Permen yang paling sering jadi pilihan adalah permen yang rasanya asam luar biasa. Selain ampuh untuk menghilangkan kantuk, ekspresi menahan rasa asam yang jenaka juga bisa membuat teman-temanmu tertawa geli. 

Ketawa Yuk!

Sumber :
giannovi.wordpress.com

Tak perlu ditahan kalau ingin ketawa. Terutama kalau ketawanya di tengah-tengah aktivitas belajar mengajar yang membosankan. Toh banyak sekali hal yang bisa mengundang gelak tawa Mulai dari tingkat laku teman sekelas yang aneh dan lucu atau ketika guru sengaja melakukan sesuatu yang nyeleneh untuk menyegarkan suasana kelas.

Siapkan Persediaan Camilan yang Super Lengkap

Sumber : 
jasminecakery.com
 
Siapa sih yang bisa menolak tawaran camilan lezat yang biasa disembunyikan di laci kelas?
Camilannya sangat variatif, mulai dari makaroni, gorengan, jamur goreng, mie kering, siomay, bubur ayam, nasi tumpeng, kambing guling. Loh.

Rasa camilan yang gurih dan pedas membuat mata kembali terjaga di siang bolong. Mata yang kembali segar juga didukung oleh sensasi menyantap camilan secara sembunyi-sembunyi. Clingak-clinguk ke kiri dan ke kanan, ketika bu guru sedang lengah, maka hap. Meluncurlah camilan itu ke mulut. Om nom nom.

Main Gadget Secara Sembunyi-Sembunyi

Sumber :
Pinterest.com   
Hal yang satu ini sebenarnya diharamkan selama jam pelajaran sedang berlangsung. Namun murid biasanya tak kuasa menahan mata yang mulai rapat dan mulai menggerayangi gadget di saku seragam. Pencet sana pencet sini, kemudian senyum-senyum sendiri ketika mengakses media sosial atau recent update. Hati-hati, nak. Senyum simpulmu itu bukannya tidak diketahui oleh gurumu yang sedang mengamati dari kejauhan.

Ulangan Mendadak, Oh Tidak!


Sumber :
imgflip.com

Cara melawan kantuk ini terasa tidak biasa karena dicetuskan langsung oleh gurumu. Jika gurumu sudah mulai menemukan murid-muridnya tidak konsentrasi dan nyaris terlelap, maka meluncurlah kalimat sakti ini.

“Tutup buku cetak sama catetannya. Sekarang keluarin kertas ulangan, ya.”
“Jangan, Bu…”
“Aaaahhhh…”
“Iihhh…. Kok mendadak sih, Bu.”
“Jangan sekarang, Bu.”
Teriakan, lenguhan, lolongan akan segera memenuhi ruang kelas. Mata yang tadinya hampir tertutup rapat sudah tak sempat lagi untuk melanjutkan istirahatnya.


Jadi, di antara ketujuh cara tersebut, manakah yang paling aman dan paling kamu sukai?



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa