10 Tipe Guru di Sekolah Berdasarkan Analogi Makanan



Good food is good mood.
 
Makanan yang enak memang ampuh membangkitkan mood selama beraktivitas. Berbicara soal makanan, sekarang memang banyak banget makanan kekinian yang sedang tren dan instagramable. Sayangnya, gak semua makanan itu benar-benar lezat dan bermanfaat untuk tubuh kita. Sama nih seperti guru-guru yang membimbing dan mengajar kita di sekolah. 

Kelihatannya sama-sama ngajar sih. Namun, gak semuanya benar-benar mengajar dari hati dan memberikan ilmu secara maksimal untuk murid-muridnya. Guru kita di sekolah bisa diibaratkan seperti satu dari sepuluh jenis makanan ini:


Guru Lapis Legit

Siapa sih yang tidak suka dengan lapis legit?
Kue istimewa yang satu ini sangat lezat dan selalu jadi menu utama pada berbagai momen hari raya. Sama seperti kue lapis legit yang menarik, enak, dan selalu disukai, begitulah guru lapis legit. Penampilannya good looking, rapi, wangi, dan karakternya pun menyenangkan. Biasanya semua murid pasti suka dengan guru lapis legit karena cara mengajarnya jelas, gak membosankan, sering bikin ketawa, bebas gaptek, pokoknya perfect. Sampai-sampai sering keluar kalimat begini nih,
“Gue rela deh belajar matematika seharian yang penting bisa liat Ibu X terus.”

Guru Madu Murni

Bila dilihat sekilas, madu murni memang gak terlalu menarik. Bahkan tampilannya kalah menarik dengan sirup aneka rasa. Padahal sebenarnya madu murni mengandung banyak mineral dan bisa menjadi sumber energi. Begitu deh kira-kira kita menggambarkan guru madu murni. Penampilannya mungkin tidak semenarik guru lapis legit. Namun ternyata manfaat dan ilmu kehidupan yang diberikan guru ini sangat istimewa. Sama gitu deh manfaatnya dengan guru lapis legit. Karena sang guru selalu punya cara yang menyenangkan untuk membuat muridnya giat belajar.

Guru Sayur Bayam

Sayur bayam itu rasanya lempeng aja. Gak ada tantangan, gak pedes, gak asin, gak bikin ketagihan. Anyep-anyep gitu. Makanya banyak bocah yang gak terlalu suka sayur bayam. Sama nih kayak tipe guru yang satu ini. Guru sayur bayam biasanya tipe guru yang membosankan dan hampir tidak pernah bercanda. Begitu masuk kelas, guru ini langsung menjelaskan materi baru atau malah langsung ulangan. Pokoknya gak ada getar-getar istimewa kalau diajar sama guru sayur bayam. Semua terasa biasa aja. Ngebosenin dan sering bikin ngantuk. Bawaannya mau bobok aja deh kalau lihat guru sayur bayam masuk ke kelas kita.

Guru Rendang Daging

Tipe guru ini mendapatkan julukannya bukan karena super istimewa, ya. Rendang sih memang istimewa, tetapi dalam hal ini sih gak seistimewa guru lapis legit dan guru madu murni. Simak dulu dong penjelasannya. Guru rendang daging itu tipe guru yang sering gak masuk ke kelas atau hampir selalu terlambat. Muridnya udah nunggu karena mau menanyakan materi pelajaran atau ulangan, eh gurunya gak nongol-nongol.

Ibaratnya lagi lapar banget tapi mesti nunggu daging sapi yang baru dicemplungin ke dalam kuah santan berbumbu. Supaya daging sapinya jadi rendang, kurang lebih butuh waktu 4 jam. Lama ya cuy, keburu semaput deh nungguinnya. Pas gurunya sudah masuk ke kelas dan kita mulai nanya-nanya, gurunya malah nyuruh kita nyari jawaban sendiri sampai ketemu. Itu tuh rasanya kayak siap-siap ngegigit daging rendang tapi ternyata yang kegigit malah lengkuas.

Guru Tahu Goreng Panas

Bila dilihat sekilas, guru tahu goreng panas sih kelihatannya biasa aja ya. Pembawaannya kalem dan hampir tidak pernah marah secara berlebihan kepada murid. Namun tampilan luar ini tidak selalu sama dengan “isinya”. Sekalinya marah, guru tipe ini akan bikin murid-muridnya kaget, takut, dan kapok. Karena marahnya serem dan kata-katanya menancap sampai ke lubuk hati yang terdalam. Gak jarang juga tipe guru ini akan memberikan hukuman berat bila kesabarannya sudah habis.

Persis makan tahu goreng panas gitu deh. Pas kita pegang-pegang luarnya sih udah dingin, tapi pas dimasukkin ke mulut eh malah bikin keselomot. Mau langsung dikunyah dan ditelan, gak kuat. Mau dilepeh terus ditiupin sampai dingin, kok kesannya kayak jorok gitu ya. Duh, aku serba salah.

Guru Tahu Bulat

Guru tahu bulat tuh beda ya sama guru tahu goreng panas. Kalau dilihat dari penampilan luarnya, guru tahu bulat ini kelihatan berwibawa, tenang, pokoknya ngajar-able banget. Tapi sayang sungguh disayang. Ternyata kemampuan mengajar guru ini tidak sebaik tampilan luarnya. Isinya kopong kayak tahu bulat. Tipe guru ini tidak mantap ketika menjelaskan materi pelajaran dan tidak bisa membuat murid-muridnya semangat belajar. 

Tahu bulat tuh kalau sudah dingin kan mulai gak bulat lagi ya. Bentuknya jadi menye-menye lembek gak beraturan. Mirip nih sama tipe guru ini yang mudah bengong atau melamun bila sedang punya banyak masalah. Kesannya jadi kurang profesional dan gak bisa jadi teladan yang baik bagi murid-murid.

Guru Martabak Manis Kekinian

Apa yang langsung terbayang di benak kita kalau mendengar tentang martabak manis kekinian?
Mahal woy. Satu loyang martabak manis kekinian 8 rasa bisa dibanderol dengan harga mencapai 150 ribu rupiah. Murid yang bela-belain jajan martabak manis kekinian bisa-bisa gak jajan sampai 2 minggu karena uangnya habis. Sama nih kayak menghadapi guru yang mata duitan.



Tipe guru yang satu ini biasanya suka minta hadiah ke orang tua murid atau bikin les privat biar isi dompetnya tambah tebal. Berbagai cara akan dihalalkan supaya pundi-pundi rupiahnya semakin menggunung. Bagi tipe guru ini, mengajar bukanlah panggilan hati melainkan hanya sebuah pekerjaan yang wajib menghasilkan banyak uang.

Guru Seblak Jeletet Jahanam

Kata jahanam sekarang sering digunakan untuk menggambarkan makanan yang super pedas. Pedasnya gak nyantai sampai bisa bikin sakit perut. Salah satu makanan yang sering disajikan dengan rasa super pedas adalah seblak. Banyak orang yang kapok setelah mencoba makan satu porsi seblak jeletet jahanam yang jumlah cabainya gak manusiawi.

Seblak jeletet jahanam adalah analogi yang cocok untuk menggambarkan guru yang ketus dan killer. Guru ini hampir tidak pernah bercanda dan pasti marah kalau ada muridnya yang gak beres. Kehadirannya membawa aura mencekam bagi seisi kelas. Kalau berpapasan sama guru ini di luar sekolah, rasanya mau ambil langkah dua ribu supaya gak telanjur ketemu.

Guru Tikus Bakar

Emang tikus bakar bisa dimakan?
Hayooo, penasaran ya. Jidatnya gak usah sampe berkerut sok mikir gitu dong, biasa aja. Tikus bakar adalah salah satu menu makanan ekstrem khas Manado. Walaupun ada yang suka, tetapi pasti lebih banyak orang yang gak suka sama makanan ini. Denger namanya aja udah jijik. Sama tuh kayak guru yang ganjen dan bikin risih. 

Tingkah guru genit saat menghadapi murid-murid lawan jenis pasti bikin ilfil. Biasanya guru ini suka senyum-senyum mupeng, megang pundak muridnya sambil sok mijit-mijit, atau malah ngeliatin kancing baju di bagian dada yang gak sengaja kebuka. Pengen nampol guru ini tapi kok takut dosa, ya.

Guru Lontong Basi

Makanan yang udah basi itu berarti gak layak makan, termasuk lontong basi. Teksturnya basah, berlendir, ada benang- benang yang menempel di permukaannya. Rasanya juga asem cenderung gak karuan. Jadi, guru lontong basi itu ya gitu deh. Gak enak dilihat dan gak enak didengar. Penampilannya jadul. Kacamatanya setebal pantat botol kecap atau malah keteknya basah padahal cuaca lagi dingin. Pas ngejelasin materi pelajaran, semua murid jadi ngantuk dan gak bisa menyerap pelajaran dengan baik. Kegaptekan guru ini bahkan bisa bikin jam pelajaran terbuang percuma selama 20 menit. Karena dia suka sibuk mau nyalahin proyektor sendiri padahal sebenarnya dia gak bisa.


Makanan basi itu cocoknya diapain ya? Iya sih, biasanya emang langsung dilempar ke tempat sampah. Tapi sama guru ini masa kita harus begitu juga?  



Buat Bapak Ibu guru yang baca artikel saya kali ini,
saya jangan disumpahin ya, Pak, Bu. Dulu sih saya memang murid. Tapi sekarang kan saya udah gede. Udah bisa bedain mana yang baik dan buruk. Sesuatu yang baik pasti saya teladani. Sedangkan sesuatu yang buruk tentu harus dibuang jauh-jauh (terutama kalau gak ada uang pelicinnya).


Iya, udah gitu aja. Beneran deh.













1 comment

  1. ada ada aja analogi nya tentang guru lewat makanan,,keren deeeh

    ReplyDelete