Tips Memesan Kue-Kue Enak yang Ada di Instagram



Kita tentu terbiasa membeli kue di toko kue besar bila ingin merayakan ulang tahun, memberi bingkisan kepada kerabat, atau memperingati momen spesial lainnya. Selain itu, banyak pula yang memilih memesan kue pada tukang kue yang sudah dikenal. Proses pemasaran kue-kue home made dilakukan dari mulut ke mulut.
Wah, sekarang jelas sudah beda banget dong, cuy.
Coba deh buka Instagram. Banyak banget produsen kue yang memasarkan produknya melalui Instagram. Kue-kuenya kelihatan kece dan sangat menggiurkan. Kita pasti jadi bingung ya mau memesan yang mana. Supaya tidak bingung, ikuti saja tips memesan kue-kue enak di Instagram berikut ini:

Browsing dengan Hashtag yang Tepat

Hashtag (#) yang digunakan produsen kue akan mempermudah kita saat melakukan pencarian. Misalnya, kalau kita tinggal di Jakarta maka kita bisa menggunakan hashtag #oleholehjakarta dan #kuejakarta. Kita juga bisa mencoba hashtag yang lebih spesifik seperti #kuetampahjakarta, #piesusujakarta, dan #spongecakejakarta. Pokoknya tinggal disesuaikan saja dengan jenis kue yang kita inginkan.

Jangan Malas Baca!

Kasian sih produsen kue kalau harus menghadapi calon pelanggan yang beler. Maksudnya, masih banyak calon pelanggan nanya-nanya soal pricelist kue. Padahal pricelist-nya sudah terpampang nyata di Instagram yang bersangkutan. Memang sih banyak juga produsen kue yang tidak mencantumkan harga. Namun, melihat-lihat dan membaca setiap konten di Instagram si produsen kue itu tidak ada ruginya kok. Kita akan mendapatkan banyak informasi penting sebelum memutuskan untuk memesan kue.
Salah satu yang paling ngeselin dan minta dilempar panci itu calon pelanggan yang nge-DM atau komen minta nomor kontak si produsen kue. Padahal nomor kontaknya sudah jelas-jelas dicantumkan di bio. Huh, ingin kuberkata kasar tetapi tak boleh.

Cari Tahu tentang Testimoni Pelanggan

Produsen kue yang sudah populer di seantero Instagram pasti sudah memiliki banyak testimoni dari pelanggan. Malah banyak juga lho yang sampai membuat akun khusus untuk memuat testimoni. Semakin banyak testimoni positif dari pelanggan, maka kita pasti semakin yakin untuk memesan. Soalnya sudah banyak lidah yang membuktikan keunggulan rasa kue-kue tersebut.

Pilih Kue yang Packaging-nya Kece dan Rapi

Packaging kue itu penting banget. Karena biasanya first impression netizen pasti akan tertuju ke situ. Bahkan packaging yang kece dan rapi juga akan membuat kue tetap cantik saat tiba di tempat tujuan. Poin ini penting banget terutama kalau kita mau memesan kue untuk orang-orang yang kita sayangi. Malu dong kalau kuenya jadi kue penyet yang bentuknya tak beraturan saat diterima oleh orang lain.

Jangan Lupa Mempertimbangkan Ongkir

Bukan cuma budget kue saja yang harus kita siapkan. Kita juga harus menyiapkan budget untuk ongkir. Semakin jauh jarak tempat tujuan dengan lokasi si produsen kue, maka semakin mahal pula ongkirnya. Jika kita satu kota dengan si produsen kue, kita bisa menggunakan jasa delivery ojek online. Jangan lupa ya kalau ongkos delivery jenis instant courier itu berbeda dengan ongkos same day. Instant courier memang lebih mahal tetapi kue pesanan kita bisa sampai dalam waktu setengah hingga dua jam pasca pengiriman.
Sekarang sudah banyak produsen kue yang memanfaatkan marketplace untuk memasarkan kuenya. Sebab ada marketplace tertentu yang memberikan promo free ongkir dengan aturan minimal pemesanan. Kita bisa membeli via marketplace kalau tidak sedang buru-buru dan ingin menghemat ongkir.

Harus Mencantumkan Alamat dan Kontak yang Jelas

Alamat dan kontak yang jelas akan mempermudah proses pengiriman kue. Kita tentu tak mau kan kalau kue pesanan kita malah nyasar ke tempat orang lain. Jadi, kita harus memeriksa alamat dan kontak dengan cermat sebelum memberikannya kepada produsen kue. Risiko kue nyasar dan rusak akibat proses pengiriman yang terlalu lama pun bisa diminimalkan.

Ini Nih Delapan Kue Istimewa yang Bisa Dibeli di Instagram



I’m not a food blogger. Tapi kali ini saya ingin kasih ulasan tentang beberapa kue yang pernah saya beli melalui Instagram. Jenis kuenya variatif, ada cake bergaya modern dan kue tradisional. Saya gak dibayar atau di-endorse untuk menulis ulasan ini. Sama sekali tidak. Tulisan ini bukan job review atau sponsored post. Jadi, ulasannya hanya berdasarkan penilaian subjektif saya sendiri.
Menurut saya, delapan kue ini sangat berkualitas dan patut dicoba:

Fins Recipe

Toko kue yang satu ini memiliki beberapa produk berupa kue tradisional yang dikemas secara modern. Pokoknya kemasannya benar-benar eye catching, instagramable, dan gak malu-maluin kalau mau dijadiin gift. Selain toko yang ada ruko kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Fins Recipe juga sudah punya beberapa cabang di mall.
Kuenya Fins Recipe yang pernah saya coba langsung adalah kue ijo dan kue ager. Dua-duanya enak, manisnya gak berlebihan, dan ukurannya juga pas. Orang-orang yang menyukai kue tradisional pasti seneng banget kalau dikasih dua jenis kue ini. Sebenarnya ada dua jenis kue lagi, yaitu kue pulut dan kue nanas. Tapi saya belum sempat mencoba dua varian kue terbaru tersebut.
Hebatnya lagi, Fins Recipe memiliki staf khusus untuk delivery kue ke seluruh kawasan Jakarta. Kita jadi gak perlu khawatir kue pesanan kita bakal rusak atau nyampenya lama gara-gara abang ojol. Pesanan kue di Fins Recipe akan diantar sesuai dengan waktu yang kita inginkan.
IG: @finsrecipe

Sponji

Produk spongecake yang satu ini rasanya gak lebay. Tekstur kuenya lembut, aromanya harum, dan manisnya juga pas. Salah satu keunggulan Sponji adalah variasi topping dan isiannya beragam. Kita bisa request dua macam isian dalam 1 cake. Lumayan kan, gak perlu beli terlalu banyak tapi bisa mencicipi dua rasa sekaligus. Isian dan topping-nya melimpah tapi gak bikin enek. Kita bisa memilih isian klasik seperti nanas hingga selai cokelat kekinian. Sekotak sponge cake Sponji cukup kok untuk menemani sajian kopi dan teh di sela-sela waktu santai kita.
 
Packaging-nya juga cantik dan terkesan mewah. Udah banyak banget orang yang pesan Sponji untuk merayakan ulang tahun dan gift untuk orang-orang tercinta. Jadi, kapan giliran kamu yang pesan?
IG: Sponji.id

Mini Pie Susu NV

Banyak orang ngerasa males makan pie susu karena sensasi enek atau ukuran terlalu besar. Namun kita gak akan mengalaminya saat menikmati Mini Pie Susu NV. Ukurannya pas banget, bite size dengan diameter kurang lebih lima cm. Rasa pie susunya sangat lembut karena menggunakan bahan-bahan berkualitas. Packing pie susunya juga higienis karena dibungkus satu-satu. Harganya pun terjangkau dan gak akan bikin kantong jebol. Selain rasa original dan orichessy, ada juga rasa brownies mini dan cheezy mini. 
Salah satu yang paling bikin saya seneng dengan Mini Pie Susu NV ini adalah owner-nya yang super sabar dan ramah. Waktu itu saya juga ditawarin kartu ucapan karena memesan pie susu untuk gift. Kalau owner-nya sabar dan ramah, kita jadi gak ragu nanya-nanya sebelum memesan. Oh iya, Mini Pie Susu NV juga bisa dipesan melalui marketplace yang ada promo free ongkir.
IG: @minipienv

Lemper Purnama

Lemper biasanya identik dengan camilan jadul yang disukai orang-orang tua. Kesan jadul itu gak akan kita temui saat membeli Lemper Purnama. Varian isi lempernya sangat beragam, bukan cuma rasa ayam original. Ada rasa ayam pedas, tuna rica-rica, ayam bumbu Bali, ayam bumbu kari, dan beberapa rasa lainnya. Warna-warni bungkusan Lemper Purnama bikin siapa pun jadi ingin mencobanya. Packaging Lemper Purnama juga dilengkapi dus yang desainnya keren dan mudah dibawa. 
Kalau biasanya ada orang yang malas makan ikan karena bau amis, lain halnya dengan isian ikan tuna rica-rica di Lemper Purnama. Bumbu rempahnya terasa pas dan tidak ada bau amis ikan. Orang yang malas makan ikan pun bisa menikmati lemper ikan tuna tanpa terganggu oleh bau amisnya. Makan lemper itu paling sedih kalau ketannya gede banget tapi isinya cuma seuprit. Hal nyebelin kayak gitu gak akan terjadi pada kita saat menikmati Lemper Purnama. Karena lemper hits ini isinya banyak dan enak.
IG: @lemperpurnama

De Lupiz

Saya punya kenangan masa kecil tersendiri dengan kue lupis. Buat saya, gak gampang menemukan lupis yang rasanya sama dengan lupis favorit di masa kecil saya. Pokoknya sering pesimis deh karena ketemu lupis yang lembek, gulanya terlalu encer, dan kelapanya gak gurih. Ternyata, rasa kangen akan kenangan masa kecil bisa terobati sewaktu menikmati lupis dari De Lupiz. Aroma daun pisang yang khas menjadi ciri khas lupis yang satu ini. Kuah gula merahnya bertekstur kental dan berpadu sempurna dengan kelapa parut.
Wah, rasanya jadi gak bisa berhenti mengunyah deh kalau menikmati lupis ala De Lupiz yang super legit dan gurih. Gak perlu takut lupisnya mudah basi karena kita bisa request lupis yang masih terbungkus daun dengan kelapa parut yang terpisah. Selain lupis, De Lupiz juga memiliki varian menu lain berupa ketan srikaya pandan dan kayumanis. Saya sih belum pernah mencoba ketan srikayanya. Kalau nanti saya pesan lagi, pasti saya ingin mencoba ketan srikaya yang gak kalah populer dari lupisnya.
IG: @de_lupiz

Klasik Indonesia

Jalan-jalan ke Surabaya belum lengkap deh kalau belum membeli kue-kue di Klasik Surabaya. Iya, Klasik ini salah satu oleh-oleh khas Surabaya. Tapi Klasik juga melayani pemesanan online untuk pengiriman ke berbagai daerah di tanah air. Packaging khas Klasik sangat elegan dan dilengkapi goody bag kain yang keren. Pesanan kue kita gak akan hancur berantakan karena tim Klasik Indonesia pasti mengemasnya dengan rapi dan hati-hati.
Klasik Indonesia memiliki berbagai produk, antara lain spikoe khas Surabaya, lasagna, fruit pie, mini pie, dan mini pie. Saya sendiri baru mencoba spikoe khas Surabaya. Ada dua pilihan ukuran, yaitu small dan large. Spikoe small bisa diisi dengan dua varian isian sedangkan spikoe large bisa diisi dengan empat varian isian. Rasa spikoenya bener-bener ngangenin dan bikin ketagihan. Karena teksturnya lembut dan manisnya pas. Spikoe Klasik Indonesia yang disimpan di lemari es juga punya sensasi rasa yang istimewa lho.
IG: @klasik_Indonesia

Kue Pulut Nai Nai

Kalau lagi nyari-nyari kue ketan srikaya bernuansa nostalgia, Kue Pulut Nai-Nai pasti bisa jadi pilihan tepat. Kue istimewa ini terdiri dari adonan ketan berbentuk persegi yang diberi tambahan berupa selai srikaya. Gak usah khawatir ngeliat warna kuenya yang biru. Karena warna kue tersebut berasal dari pewarna alami berupa kembang teleng (butterfly pea flower). Rasa selai srikayanya sangat gurih dan manisnya gak berlebihan. Serasi banget deh sebagai cocolan kue ketannya.
Kue Pulut Nai-Nai gak cuma punya kemasan full pack yang terdiri dari delapan potong kue ketan srikaya. Ada juga pilihan lain berupa single pack yang cocok menjadi sajian di acara spesial. Kue ketannya dikemas dalam kemasan mini yang cantik. Selai srikayanya juga dipisah dalam kemasan plastik mirip bungkusan mayonnaise Hokben. Jadi anti tumpah dan tetap fresh saat akan disantap.
IG: @kue.peranakan

PesanTampah

Ini nih jagoan merek kue basah untuk berbagai acara istimewa. Jangan ilfil dulu pas denger kata “tampah”. Nyatanya, PesanTampah menyajikan kuenya dengan cara yang sangat menarik dan eye catching. Kita gak boleh kelupaan untuk jepret-jepret foto dulu sebelum mencicipi kuenya. Kue-kue berukuran bite size ala PesanTampah bikin kita gak mudah blenger saat mencicipinya.
PesanTampah menyediakan aneka jenis kue basah istimewa seperti onde-onde, kue singkong pelangi, risoles, pie buah, kroket, dan masih banyak lagi. Sajian kue basah ala PesanTampah dijamin gak akan bikin malu untuk kebutuhan pesta atau gift. Pesanan kue kita akan diantar dengan selamat sampai tujuan sehingga bentuknya tetap cantik. Sekarang PesanTampah juga punya layanan snack corner lho. Kita gak perlu repot menata aneka kue basah sebagai dessert karena semuanya akan disiapkan oleh tim PesanTampah.
IG: @PesanTampah



Demikian ulasan tentang delapan kue istimewa yang bisa dibeli secara online melalui Instagram. Silakan intip-intip dulu Instagramnya kalau penasaran ingin lihat bentuk kuenya. Saya menulis review ini karena puas dengan kue-kue yang pernah saya pesan tersebut. Dulu, saya bahkan pernah menang kuis dan mendapatkan tester produk gratis dari salah satu penjual kue di Instagram. Tapi saya tidak tertarik menulis review-nya. Menurut saya, owner-nya terlalu nyinyir dan gampang mengeluh kalau ada calon pelanggan yang nyeleneh atau ngeselin. Padahal kita kan tau sendiri ya karakter pelanggan di Indonesia. Memang tak sedikit yang ngeselin dan harus disikapi secara sabar.
Sebenarnya masih banyak banget kue-kue menarik lainnya yang dijajakan melalui Instagram. Namun, saya membahas delapan kue tersebut karena saya sudah pernah mencicipinya langsung. Menikmati kue enak, menyiapkan gift, atau mencari sajian pesta jadi semakin praktis sejak kita bisa membeli kue melalui Instagram.






No comments