Rinjani, Bidadari yang Dimiliki Indonesia


foto:indowarta.com
 Suka mendaki gunung? Sudah yakin 100% belum kalau kamu benar-benar anak gunung? Anak gunung yang dimaksud bukan bukit kecil di sekitar gunung, ya. Melainkan orang-orang yang mengaku mencintai aktivitas pendakian gunung. Jangan ngaku anak gunung kalau kamu belum naik ke Gunung Rinjani, satu-satunya gunung di Kepulauan Lombok bagian utara.
Rinjani adalah gunung yang menjadi incaran para wisatawan. Gunung dengan ketinggian 3726 m dari permukaan laut (MPDL) ini memiliki pesona yang sangat menawan. Saat mengunjungi Gunung Rinjani, kamu juga dapat menyaksikan keindahan panorama kaldera, hamparan danau luas, kawah, air terjun, gua, dan mata air panas. Tak hanya itu, di sekitar gunung cantik ini terdapat pula objek-objek wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Wisata keluarga yang bisa dikunjungi dan dinikmati di sekitar Gunung Rinjani adalah Senaru, Sembalun, dan Tetebatu. Sembalun merupakan daerah pegunungan hijau yang berbaris mengelilingi desa, yaitu Desa Pusuk Sembalun. Desa tersebut juga merupakan salah satu kawasan wisata populer di Kepulauan Lombok. Lain lagi halnya dengan Desa Senaru yang memiliki air terjun perawan dan alami. Airnya sangat segar dan bersih. Ada tiga air terjun di Desa Senaru yang mempesona, yaitu Air Terjun Sendang Gile, Tiu Kelep, dan Batara Rejang. Kini, air terjun tersebut juga mulai ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama yang berasal dari dalam negeri. 
foto:wikipedia.org
Butuh waktu yang cukup lama untuk mencapai Gunung Rinjani melalui jalur darat. Kamu juga harus berpindah kendaraan beberapa kali. Dimulai dengan menyeberang ke Pulau Bali.  Menyusuri Bali menuju pelabuhan Padang Bai untuk menyeberang kembali ke Pelabuhan Lembar Lombok. Perjalanan dilanjutkan menuju Terminal Mandalika Mataram hingga akhirnya sampai di Sembalun. Bila ingin menghemat waktu dan tenaga, ada pilihan jalur udara dengan penerbangan Garuda Indonesia. Bila terbang dari Jakarta, hanya akan menghabiskan 2 jam 10 menit untuk sampai ke Bandara Internasional Lombok. Setelah menempuh perjalanan dengan pesawat Garuda Indonesia, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa mobil menuju Sembalun.

foto:idntimes/Sunariyah
Gunung Rinjani disebut-sebut pula sebagai gunung bintang lima”. Selain itu, banyak orang menyebutnya dengan istilah dewi dan bidadari. Rinjani memiliki Danau Segara Anak yang sangat menakjubkan. Segara Anak atau anak laut yang dimiliki Rinjani sangat alami, asri, cantik dengan air berwarna kebiru-biruan bak samudera. Kilau airnya tampak menyerupai berlian ketika terkena sinar matahari Di sekeliling Danau Segara Anak terdapat pula pepohonan hijau yang rindang dan bukit-bukit. Mengunjungi Gunung Rinjani ibarat menyaksikan surga dunia yang sangat luar biasa.
foto: @exploredolan.id
Bagi kamu yang baru pertama kali ingin mendaki Gunung Rinjani, jalur pendakiannya memang melelahkan. Namun, kamu bisa melihat savana indah yang terhampar luas, hutan hujan pegunungan rendah, bunga-bunga edelweiss yang cantik, dan tanaman liar eksotis di sepanjang jalur pendaikan. Jangan lupa membawa perlengkapan mendaki beserta perbekalan yang cukup, ya! Dan ingatlah untuk senantiasa menjaga keindahan Bidadari Rinjani dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak merusak alamnya. Dijamin deh rasa lelah akan terbayar saat sampai di puncak Dewi Rinjani.
Tertarik mendaki Rinjani? 



No comments