10 Alasan Mengapa Bisnis Gas 3 kg Menguntungkan, Anti Rugi, dan Potensial




Memulai bisnis memang sering kali membingungkan. Bingung menentukan jenis bisnis yang paling tepat dan risiko kerugiannya kecil. Namun sebenarnya ada satu jenis bisnis yang selalu menguntungkan dan potensial, yaitu bisnis gas 3 kg.
Tak perlu jadi agen besar untuk memulai bisnis gas 3 kg. Ulasan berikut ini akan menjelaskan alasan mengapa bisnis gas 3 kg menguntungkan, anti rugi, dan potensial.

1. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Bisnis gas 3 kg tidak identik dengan modal besar. Semua orang bisa memulainya dengan modal kecil. Satu tabung gas 3 kg beserta isinya dijual dengan harga kurang lebih Rp 150.000. Jadi, memulai bisnis gas 3 kg bisa dirintis dari modal satu juta rupiah untuk mendapatkan kurang lebih enam tabung gas. Selanjutnya, penambahan modal bisa diperoleh dari sebagian hasil keuntungan. Ketelatenan mengolah bisnis ini akan membuat bisnis berkembang pesat dalam waktu singkat.

2. Harga Gas 3 kg Terbilang Stabil

Jika dibandingkan dengan jenis barang lainnya, harga gas 3 kg memang terbilang stabil. Isi gas 3 kg di agen dibanderol dengan harga Rp 16.000 hingga Rp 17.000. Selanjutnya, gas 3 kg juga bisa dijual dengan standar harga Rp 20.000 untuk kebutuhan rumah tangga dan bisnis kuliner kecil. Bahkan, tak sedikit orang yang bersedia membeli gas 3 kg di kisaran harga Rp 22.000. Jadi, setiap unit tabung gas 3 kg yang terjual dapat menghasilkan keuntungan kurang lebih Rp 2.000 hingga Rp 3.000. Semakin banyak jumlah tabung gas yang dimiliki, maka semakin besar pula keuntungan yang dapat dihasilkan.

3. Semua Orang Butuh Gas 3 kg

Tak dapat dipungkiri kalau semua orang butuh gas 3 kg, mulai dari rumah tangga, pedagang makanan keliling, hingga restoran. Penjualan tabung gas 12 kg menurun drastis sejak gas 3 kg muncul karena gas 3 kg dianggap lebih praktis dan harganya jauh lebih terjangkau. Pangsa pasar yang sangat luas ini membuat bisnis gas 3 kg tidak pernah sepi peminat.

4. Dapat Dirintis dari Halaman Rumah

Merintis bisnis gas 3 kg tak butuh modal khusus. Semua orang dapat memulainya dari halaman rumah. Letakkan beberapa tabung gas 3 kg siap jual dan pasanglah plang atau pengumuman sederhana tentang jual beli gas 3 kg tersebut. Kemungkinan besar pelanggan pertama akan berasal dari kalangan tetangga. Hal ini jelas berbeda dengan bisnis-bisnis lainnya yang membutuhkan lokasi strategis untuk menarik rasa ingin tahu banyak orang.
Alangkah lebih baik lagi bila bisnis gas 3 kg dijalankan di permukiman ramai penduduk, ruko, atau kios. Sehingga peluang peningkatan jumlah pelanggan semakin besar karena lokasi bisnis yang mudah dijangkau.

5. Tidak Basi Seperti Makanan dan Tidak Punya Masa Kedaluwarsa

Banyak bisnis kuliner merugi karena produk yang rusak bila tidak berhasil dijual. Namun, tidak demikian halnya dengan gas 3 kg. Bisnis yang satu ini sangat menguntungkan karena tidak basi seperti makanan. Selain itu, gas 3 kg juga tidak punya masa kedaluwarsa. Proses perputaran barang yang cepat membuat persediaan gas 3 kg selalu baru dan aman digunakan.

6. Menjual Satu Jenis Produk Tentu Lebih Praktis

Menjalankan bisnis gas 3 kg terbilang praktis dibandingkan bisnis lainnya, misalnya bisnis kuliner atau toko kelontong. Proses pembukuan berlangsung lebih mudah dan cepat karena hanya terdiri dari satu produk. Risiko salah hitung pun bisa diminimalkan jika proses pembukuan dapat dilakukan secara praktis.

7. Membuat Tubuh Jadi Lebih Bugar

Tak masalah bila bisnis gas 3 kg dijalankan tanpa bantuan karyawan. Justru bisnis ini bisa membuat pemiliknya jadi lebih sehat. Setiap hari, tabung-tabung gas 3 kg yang kosong harus diangkat dan digantikan dengan yang baru. Tabung gas 3 kg baru juga mesti disalurkan kepada para pelanggan. Secara tak langsung, proses tersebut membuat pemilik bisnis harus mengangkat beban berat secara teratur sehingga tubuh jadi lebih bugar dan kuat. Olahraga gratis plus dapat uang, menyenangkan bukan?

8. Cocok Dijadikan Bisnis Sampingan

Bisnis gas 3 kg tak hanya cocok dijadikan sumber pendapatan utama. Orang-orang yang masih bekerja juga dapat menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan. Pendapatan sampingan yang diperoleh dari bisnis 3 kg tentu dapat menambah total penghasilan secara keseluruhan. Sebagian tabungan yang sedang tidak digunakan juga bisa dialokasikan untuk memperbesar bisnis yang satu ini.

9. Tak Perlu Memanfaatkan Media Sosial dan Internet

Geliat bisnis online di tanah air saat ini memang sangat dinamis. Namun, rupanya tidak semua bisnis harus beralih ke ranah online supaya bisa meraup keuntungan maksimal. Bisnis gas 3 kg merupakan satu dari segelintir bisnis yang dapat bertahan melalui cara konvensional. Pembeli hanya perlu menghubungi atau datang langsung untuk membeli gas 3 kg, sangat praktis karena tidak melibatkan smartphone, media sosial, atau marketplace di internet.

10. Keberadaan Kompetitor Bukanlah Masalah Besar

Pangsa pasar yang sangat luas membuat keberadaan kompetitor bukanlah masalah besar dalam bisnis 3 kg. Setiap orang tidak ragu beralih ke penjual lain bila penjual langganannya sedang kehabisan persediaan gas. Selain itu, pelanggan cenderung akan memilih penjual yang membanderol gas 3 kg dengan harga standar (kurang lebih Rp 20.000) dan menyediakan layanan pesan antar. Jadi, layanan pesan antar bisa menjadi salah satu strategi tepat yang bisa dijalankan untuk menambah jumlah pelanggan. Tak perlu khawatir dengan kompetitor yang menyediakan layanan serupa sebab setiap penjual biasanya memiliki langganan tersendiri dalam daerah jangkauan yang berbeda. Omzet bisnis pun tak akan berkurang drastis akibat hal tersebut.

Tak ada alasan lagi untuk menunda niat merintis bisnis gas 3 kg. Yuk, manfaatkan modal semaksimal mungkin agar bisa menghasilkan keuntungan maksimal dari bisnis gas 3 kg.




2 comments

  1. Jual lho 3 kg ini untungnya sedikit kak, kalau jualnya sedikit juga. Gak bisa menaikan harga semena-mena karena pembelinya warga kelas bawah. Ada sih agen atau warung yg menjual diatas harga yg sudah ditentukan dgn alasan kelangkaan, dll. Cuma aku mikirnya, ini kan gas yg diperuntukan utk rakyat miskin, kurang mampu, jadi ga etis kalau ambil untung banyak2. Mending jualan yg isi 5kg atau 12kg. Sekalian mengedukasi masyarakat kalau sebaiknya yg gak miskin2 amat pakai tabung yg 12 kg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul juga sih, Kak. Yang untungnya lumayan itu biasanya agen yang punya tabung gas banyak karena setiap hari pasti selalu ada langganan yang beli gas. Kalo yang 5 kg itu lumayan cuma belom populer juga ya dibandingin gas 3 kg :)

      Delete