Vista Putri: Si Ummi Salma, Ummi Najwa, dan Amih Ratna di Sinetron Inayah

Vista Putri: Si Ummi Salma, Ummi Najwa, dan Amih Ratna di Sinetron Inayah

Sejak April 2020 lalu, saya kepincut nonton sinetron Inayah di ANTV. Sinetron yang dibuat pada tahun 2009 ini ditayangkan lagi untuk mengisi masa liburan panjang akibat pandemi Covid-19. Mayoritas orang lebih banyak beraktivitas di rumah. Jadi mau nggak mau ya berusaha cari hiburan di TV, salah satunya dengan menonton sinetron Inayah yang jam tayangnya panjang banget.

Buat saya yang menarik bukan sosok Inayah yang diperankan Shandy Aulia sebagai pemeran utama. Mulai dari episode dua, saya lebih tertarik dengan Vista Putri yang menjadi pemeran pembantu. Pada lima hingga enam episode awal, aktris cantik tersebut berperan sebagai Ummi Salma, ibu dari pemeran utama bernama Aryo (Tommy Kurniawan).

Ummi Salma adalah Sosok Ibu yang B Aja

Vista Putri Ummi Salma Sinetron Inayah

Sebagai istri pertama Doso Joyodiningrat (Teddy Syach), Ummi Salma dikisahkan sebagai tipe perempuan yang bijaksana, kalem, lembut, nurut suami, dan sangat sabar. Gimana nggak sabar cuy, madunya aja sampe ada tiga biji. Sebelum menikahi Inayah sebagai istri keempat, Ummi Salma sudah punya dua madu yaitu Ummi Ita (Anggur Aulia Anggana) dan Ummi Desi (FItri Ayu Maresa). Ummi Salma juga selalu tampil modis dengan busana muslim yang shining, shimmering, splendid, dan maang tikka di jidat yang tiap hari selalu ganti-ganti. Softlens warna hazel bikin mata Ummi Salma jadi cantik dan berbinar-binar macam keturunan blasteran (selanjutnya warna softlens ini juga jadi ciri khas pada sosok Ummi Najwa dan Amih Ratna). Macam mau ke kondangan gitu deh gayanya.

Lebih hebatnya lagi, Ummi Salma nggak pernah keliatan berantem sama madunya atau menyombongkan diri karena dia istri pertama. Padahal menurut saya sih Ummi Salma paling cantik dan glamor dibandingin istri-istri Doso yang lain. Pokoknya tipe istri idaman bangetlah, ya. Sayangnya peran Ummi Salma harus selesai karena dibunuh Ummi Desi pada episode kelima atau keenam.

Ummi Najwa adalah Kembaran Ummi Salma. Jeng Jeng Jeng Jeng!

Vista Putri Ummi Najwa Sinetron Inayah

Seperti sinetron-sinetron Indonesia pada umumnya, kisah Inayah ini juga diisi dengan twist yang sering kali nyebelin supaya ceritanya bisa dipanjang-panjangin. Pada episode ke-36, Aryo yang kesel karena Doso mau nikahin Inayah (lagi) akhirnya memilih untuk kabur sejenak ke suatu tempat. Dan ternyata tempat yang didatengin si Aryo adalah rumah Bu Dhenya, Ummi Najwa. Saat itu sih belom jadi Ummi karena belom dinikahin Doso, ya.

Uniknya, karakter Ummi Najwa yang diperankan Vista Putri ini sangat berbanding terbalik sama Ummi Salma meskipun sama-sama protagonis. Ummi Najwa memang bijaksana juga, tapi jauh lebih berani, tegas, dan nggak mudah terhasut omongan orang lain. Logat Jawanya juga medok banget, persis Ummi Desi gitulah. Sebagai Ummi Najwa, dandanan Vista Putri masih tetap sama dengan Ummi Salma. Cuma saya ngerasa model busana muslimnya Ummi Najwa masih lebih simpel daripada Ummi Salma sih.

Salah satu adegan Ummi Najwa yang paling saya suka adalah waktu dia teriak manggil Doso hanya dengan nama, “Doso!” Cuma dia yang berani sih. Orang lain, terutama istri-istrinya Doso mana berani manggil nama doang. Tapi Ummi Najwa malah berani menunjukkan power-nya jauh sebelom dia jadi istrinya Doso.

Kemunculan Ummi Najwa juga seru karena jadi lawan yang pas banget buat menaklukkan kejahatan Ummi Desi. Ummi Najwa nggak segan ngehajar Ummi Desi. Bahkan ada satu adegan yang bikin Ummi Desi pingsan setelah ditonjok Ummi Najwa. Nah, seru nggak tuh. Waktu Ummi Desi denger kabar kalau Doso mau nikahin Ummi Najwa, langsung aja deh Ummi Najwa dilabrak sambil dikatain perawan tua. Padahal, ada twist lain di beberapa puluh episode ke depan yang membuktikan kalau Ummi Najwa itu bukan perawan tua seperti yang dikatakan Ummi Desi.

Amih Ratna Adalah Ummi Najwa Versi Tanpa Hijab

Vista Putri Ummi Salma Ummi Najwa Amih Ratna Sinetron Inayah 6

Vista Putri Amih Ratna Sinetron Inayah

Penonton sinetron Inayah yang nggak rajin ngikutin jalan ceritanya pasti bingung pas ngeliat istri-istri Doso tiba-tiba lepas hijab. Sebenernya ini salah satu hal unik dari sinetron Inayah sih. Jadi, tahun 2009 itu awalnya sinetron Inayah berjudul Hareem dan lebih bernuansa religi. Karena mendapatkan teguran dari KPI, sinetron ini terpaksa sedikit merombak alur cerita dan semua pemeran wanitanya nggak mengenakan hijab lagi.

Ummi Najwa yang lepas hijab tetap diperankan Vista Putri, tapi namanya diubah jadi Amih Ratna. Saya juga nggak paham kenapa nama Najwa nggak dipake lagi. Cuma menurut saya sih mungkin karena nama Najwa itu berasal dari bahasa Arab (artinya rahasia atau bisikan) dan identik dengan nuansa islami. Makanya nama Najwa diganti jadi Ratna supaya kesannya lebih netral (dan tentunya lolos dari inceran KPI).

Amih Ratna adalah karakter yang sama persis dengan Ummi Najwa karena emang ngelanjutin peran yang sama. Tapi menurut saya Amih Ratna berkembang sebagai karakter yang makin cerdik dan makin barbar. Pokoknya nggak segan untuk gelut sama orang-orang jahat yang ada di rumah Doso, terutama istri keenam Doso yang bernama Sarah (Razz Florean).

Vista Putri Memerankan Amih Ratna Secara Apik

Vista Putri Amih Ratna Sinetron Inayah 2

Vista Putri Amih Ratna jadi gila Sinetron Inayah

Vista Putri Ummi Salma Ummi Najwa Amih Ratna Sinetron Inayah 7

Menurut saya, Vista putri sukses banget memerankan sosok Amih Ratna. Waktu jadi Amih Ratna, usianya baru 25 tahun. Tapi pembawaannya sebagai ibu-ibu yang bawel dan barbar sih cocok-cocok aja, nggak keliatan ditua-tuain. Gestur dan gaya busananya cocok banget jadi emak-emak.

Kalau nonton drama Korea, biasanya saya merhatiin peralihan makeup dan model rambut para pemeran yang mengikuti perubahan alur cerita. Perubahan-perubahan kecil kayak gitu selalu berhasil bikin si karakter terkesan lebih hidup. Nah, perubahan ini juga saya temuin pada karakter Amih Ratna. Di awal episode sinetron Inayah pasca ditegur KPI, Amih Ratna bergaya ala tante-tante dengan warna rambut hitam. Seiring dengan berkembangnya alur cerita, warna rambutnya berubah jadi cokelat yang berhasil memperkuat kesan berani sekaligus fashionable.

Vista Putri Ummi Salma Ummi Najwa Amih Ratna Sinetron Inayah ganti warna rambut

Saya jadi makin kagum sama karakter Amih Ratna yang menurut saya sangat menarik dan dominan dibandingkan Inayah. Rambut cokelat juga bikin Vista Putri keliatan lebih serasi dengan Anggur Aulia Anggana dalam setiap adegan. Amih Ita digambarkan sebagai sosok istri yang jauh lebih kalem daripada Amih Ratna. Karakternya jadi keliatan kontras banget sama Amih Ratna yang rambutnya diubah jadi cokelat.

Oh iya, menurut saya Vista Putri juga sangat multitalented karena bukan hanya memerankan double character (kembar) tapi juga sering "cosplay" selama berakting di sinetron Inayah. Beberapa cosplay yang pernah dilakukan yaitu (dari kiri ke kanan):

  • Aisyah (film Ayat-Ayat Cinta): Amih Ratna bercadar karena mukanya gatal-gatal setelah diguna-guna Sarah melalui genderuwo.
  • Istri Pak RT: Amih Ratna dandan rapi banget buat acara pelantikan Romo sebagai ketua RT. Dandanannya rapi sebelum roncean melati di kondenya dimakanin Sarah.
  • Ibu-ibu pengajian: Amih Ratna ikut ngaji waktu acara syukuran kesembuhan Aryo dan kehamilan Rahma.
  • Pocong: Amih Ratna ikut sumpah pocong karena disuruh Romo.
  • Orang gila: Amih Ratna gila karena disuntik zat kimia sama Shalun.
  • Ibunya pengantin: Amih Ratna dandan cantik juga waktu Aryo menikah sama Dini.

Vista Putri Amih Ratna Cosplay Sinetron Inayah

Amih Ita, Sidekick yang Paling Klop untuk Amih Ratna

Saya nggak cuma terpukau sama karakter Amih Ratna yang sukses diperankan Vista Putri. Buat saya, Amih Ita (sebelumnya disebut Ummi Ita) yang diperankan Anggur Aulia Anggana juga sangat menarik. Waktu masih berhijab, Ummi Ita ini digambarkan sebagai istri yang jilbabnya syar’i, gayanya terkesan agak kampungan sih, tapi paham ilmu agama dan selalu nurut apa kata suami (biarpun suaminya lebih sering ngaco). Pada beberapa episode awal, Ummi Ita digambarkan sebel sama Inayah yang dianggap mengganggu keharmonisan rumah tangga mereka. Tentu saja rasa sebel Ummi Ita itu karena dipengaruhi Ummi Desi. Untungnya, Ummi Ita kemudian dikembangkan jadi karakter protagonis yang penokohannya menarik.

Amih Ita Ummi Ita Anggur Aulia Anggana Sinetron Inayah -

Karakter Ummi Ita mulai berubah sejak Ummi Najwa muncul. Ummi Ita jadi lebih berani berpendapat dan membela kebenaran. Pas udah lepas hijab, Amih Ita ternyata cantik banget. Rambutnya panjang, badannya langsing, gesturnya santai, dan style-nya selalu pake kemeja serta rok selutut. Ekspresinya dalam setiap adegan jadi lebih hidup daripada waktu masih pake hijab. Usia Amih Ita digambarkan lebih muda daripada Amih Ratna. Makanya Amih Ita manggil Amih Ratna dengan sebutan “Mbak”. Padahal aslinya Anggur Aulia Anggana lebih tua daripada Vista Putri, usianya sudah 30 tahun saat berperan sebagai Amih Ita.

Amih Ratna Amih Ita Vista Putri Anggur Aulia Kompak Sinetron Inayah

Vista Putri Anggur Aulia Anggana Amih Ratna Amih Ita Sinetron Inayah

Vista Putri Anggur Aulia Anggana Amih Ratna Amih Ita Sinetron Inayah 1

Amih Ita Amih Ratna Vista Putri Anggur Aulia Anggana Sinetron Inayah -

Amih Ita adalah sidekick yang sepadan untuk Amih Ratna. Ke mana-mana selalu berdua, kepo berdua, pokoknya soulmate banget. Amih Ita juga selalu bisa memberikan pendapat yang masuk akal atau bertindak secara lebih tenang kalau Amih Ratna mulai ngegas nggak terkendali. Saya nggak yakin sih ada sesama madu yang bisa sebegitu akurnya di dunia nyata. Tapi cukup nikmatin aja karakter dua madu di sinetron Inayah ini. Karakter Amih Ita dikembangkan sebagai pribadi yang tenang, pola pikirnya logis, tetapi cukup cerdik sehingga bisa mengimbangi Amih Ratna yang sering grasa-grusu. Salah satu yang bikin ngakak adalah Amih Ita nggak pernah marah kalau Amih Ratna bilang, “Aduh Itaaaa. Kamu tuh guoblok amat sih…”

Ada beberapa adegan Amih Ratna dan Amih Ita yang sangat berkesan buat saya. Salah satunya adalah waktu Amih Ratna diusir karena sempet bawa kabur Inayah. Di situ Amih Ratna pelukan sama Amih Ita sambil nangis-nangis berdua. Adegan lainnya yang juga berkesan yaitu saat Amih Ita ngerawat Amih Ratna yang jadi gila gara-gara disuntik bahan kimia sama Salun (adik Sarah yang diperankan Bianca Liza). Di situ keliatan kalau Amih Ita bener-bener care sama Amih Ratna, kayak ngerawat kakak kandung sendiri. Uwuu banget, deh.

Oh iya, satu adegan lagi yang gak kalah istimewa yaitu saat Amih Ratna minta diceraikan Romo. Supaya Romo bisa nikah sama Juminten demi mendapatkan donor ginjal buat Aryo. Setelah adegan itu, Amih Ita langsung ngajak Amih Ratna ngomong empat mata.

"Mbak, apa harus Mbak menceraikan Romo? Ini bukan solusi yang tepat."

"Kamu jangan ikut campur, Ta. Ini urusan saya."

"Baik. Kalo gitu saya juga mau minta cerai sama Romo."

"Ta, kamu jangan ikut-ikut, Ta."

"Mbak jangan ikut campur. Ini bukan urusan Mbak."

Wow, ini percakapan yang nunjukkin solidaritas banget gak sih. Mereka pengennya bahagia sama-sama dan gak mau ada salah satu yang tersakiti. So sweet.

Vista Putri Anggur Aulia Anggana Amih Ratna Amih Ita Sinetron Inayah 3

Vista Putri Anggur Aulia Anggana Amih Ratna Amih Ita Sinetron Inayah 4

Vista Putri Anggur Aulia Anggana Sinetron Inayah 4

Kesimpulannya, saya masih betah nonton sinetron Inayah karena suka ngeliat karakter Amih Ratna dan Amih Ita. Amih Ratna ngajarin bahwa jadi orang baik itu bukan berarti harus goblok, pasrah, dan klemar-klemer. Sikap barbarnya Amih Ratna bertujuan untuk membela kebenaran supaya orang-orang jahat jadi kapok dan menghentikan kejahatannya. Amih Ratna dan Amih Ita memang hanya tokoh fiksi. Namun setidaknya tokoh-tokoh fiksi tersebut dapat memberikan banyak pelajaran berharga bagi banyak orang.



No comments