Anggur Aulia Anggana: Si Pemeran Amih Ita di Sinetron Inayah

Anggur Aulia Ummi Ita Sinetron Inayah

Sejujurnya, saya bukan tipe orang yang hobi nonton sinetron Indonesia. Kalau K-drama sih suka tapi jarang ngeluangin waktu buat nonton. Jadi, saya lebih sering nyalain TV tapi TV-nya nggak ditonton, cuma buat ngeramein suasana kamar tidur aja. Belakangan ini saya nonton Amanah Wali 4 hanya nungguin adegan Bu Lik Wiwik aja karena adegan preman-preman pasar gitu saya sama sekali gagal paham.

Back to the topic, saya tertarik liat sinetron Inayah sejak masih era Hareem, sebelum kena teguran dari KPI gitu deh. Hareem itu vibes-nya Arab banget, mirip sama Indonesia zaman sekarang lah ya, bapak-bapak super kaya yang tiap hari pakai gamis dan istrinya banyak. Karakter istri-istrinya beragam dan terkesan nyata. Selain Ummi Salma yang berkarisma dan glamor banget, yang lain tadinya nggak menarik perhatian saya. Karakter Ummi Ita yang diperankan Aulia Anggana juga sebelas dua belas sama Inayah, bloon dan hobi ditindas.

Ummi Ita di Episode-Episode Awal Inayah
Anggur Aulia Anggana Ummi Ita Sinetron Inayah

Saya malah sempet sebel sama Ummi Ita karena gampang kena hasut Ummi Desi (Fitri Ayu Maresa) di episode-episode awal sinetron Inayah. Hasutan itu bikin Ummi Ita gampang marah ke Inayah padahal Inayah lagi nggak salah apa-apa. Ya pokoknya menurut saya karakter Ummi Ita itu nggak menonjol karena terkesan hanya nambahin istri si Kanjeng Doso (Teddy Syach) supaya jadi empat biji.

Anggur Aulia memerankan Ummi Ita secara mulus sejak episode awal Inayah. Kesannya kayak istri yang agamis dan patuh banget sama suami. Tampilannya sangat sopan dengan jilbab syar’i dan seakan nggak pernah makeup, jauh dari kata glamor. Gaya berpakaiannya bertolak belakang banget sama Ummi Salma. Ya menurut saya pokoknya nggak spesial deh, macam ibu-ibu rumah tangga pada umumnya. Makanya saya nggak punya banyak screenshot foto Ummi Ita karena saya tadinya lebih tertarik sama karakter Ummi Salma.

Berkembang Menjadi Karakter yang Lebih Keren

Anggur Aulia Aktris Indonesia

Ummi Ita mulai menunjukkan “taring” saat Najwa (Vista Putri), kembaran Ummi Salma, datang ke rumah Kanjeng Doso. Sejak saat itu, Ummi Ita kayaknya mulai terinspirasi sama keberanian Najwa membela kebenaran. Apalagi sejak Najwa resmi jadi istri kelima Doso, mereka makin kompak dan uwuu. Kehadiran Ummi Najwa bikin Ummi Ita jadi punya partner buat ngelawan kebusukan Ummi Desi. Ummi Ita juga mulai berani menentang aturan Doso yang ngawur dan selalu arogan.

Sebagai karakter istri yang agamis, Ummi Ita beberapa kali dimintai pendapat sama Doso tentang hal-hal yang berhubungan dengan agama. Salah satunya yaitu saat Doso mau menikahi Inayah lagi setelah khilaf menceraikannya waktu marah besar. Sesuai syariat Islam, Ummi Ita menasihati Doso untuk membiarkan Inayah menikah dulu dengan pria lain sebelum bisa jadi istri Doso lagi.

Anggur Aulia

Di episode 35 sampai tamat, semua pemain sinetron Inayah nggak pakai hijab lagi, termasuk Ummi Ita. Uwow, Ummi Ita yang nggak pake hijab dan berganti panggilan jadi Amih Ita menunjukkan perubahan drastis. Keberaniannya semakin mantap. Penampilannya juga kece dengan kemeja dan rok selutut. Jadi fresh gitu deh. Gaya nomakeup makeup-nya juga sangat mengimbangi Amih Ratna (si Ummi Najwa yang berganti nama) yang selalu glamor. Banyak yang bilang Amih Ita itu pucet, tapi menurut saya sih itu nggak pucet tapi lebih ke arah natural.

Setelah momen syuting di bulan puasa dan lebaran berlalu, gaya busana Amih Ita nggak balik lagi ke kemeja dan rok selutut. Sebagai gantinya, Amih Ita memakai atasan yang modelnya lebih tertutup dan celana panjang, jadi mirip gaya Dini (Puspita Sari) dan Sheila (Ratu Felisha).

Si Sabar yang Nggak Pernah Sakit

Vista Putri Anggur Aulia

Meskipun karakternya jauh lebih berani setelah lepas hijab, kepribadian Amih Ita tetap sabar, nggak gampang marah atau meledak-ledak seperti Amih Ratna. Satu hal yang nggak pernah berubah dari Amih Ita sejak masih jadi Ummi Ita adalah kebijaksanaan dan ketenangannya. Dibandingkan Amih Ratna, Amih Ita jauh lebih tenang. Kalemnya Amih Ita bisa mengimbangi Amih Ratna yang agak lebih ceroboh dan gampang emosi. Pas Amih Ratna mulai ngegas, Amih Ita yang paling bisa menenangkan. Sementara itu, Amih Ita yang lagi ngegas (ini jarang terjadi) biasanya juga ditenangin Amih Ratna. Mereka saling melengkapi.

Oh, iya. Amih Ita juga nggak pernah sakit parah terkapar kayak Amih Ratna yang beberapa kali diracun dan disantet. Ada beberapa momen Amih Ita luka sampai berdarah-darah, yaitu:

  • Waktu digebuk Tejo, adik Sinta (Joshua Suherman), pake raket listrik.
  • Makan nasi goreng isi beling gara-gara Lulu.
  • Digebukkin sama orang suruhan Amih Sarah (Razz Florean) dan disekap di gudang kosong.

Bukan cuma terhitung kuat karena nggak pernah sakit, Amih Ita juga jadi karakter yang paling telaten ngerawat orang sakit. Mulai dari ngerawat Doso yang kena Stroke, ngerawat Inayah (Shandy Aulia), sampai ngerawat Amih Ratna. Kalau Amih Ratna sakit, pasti manjanya ke Amih Ita. Disuapin, dikasih obat, ditemenin ngobrol. Ciyeh duo superhero.

Saling Melengkapi dengan Amih Ratna

Amih Ita Amih Ratna

Amih Ita Amih Ratna Anggur Aulia Vista Putri

Anggur Aulia Vista Putri aktris

Kehadiran karakter Amih Ita bener-bener saling menyempurnakan dengan karakter Amih Ratna. Saya jadi makin seneng nungguin adegan-adegan mereka berdua. Paling bete itu kalau mereka lagi musuhan. Kira-kira ada dua kali mereka musuhan, yaitu waktu Amih Ratna ngerestuin Doso nikah sama Sinta (karena Amih Ratna selama dari kecelakaan berkat Sinta) dan waktu mereka berdua diadu domba Lulu (mantan istri Doso yang ingin bales dendam).

Saya nggak minat nerusin nonton Inayah kalau bukan karena pengen liat Amih Ratna dan Amih Ita. Karakter mereka yang cerdik dan nggak gampang ditindas bikin sinetron itu jadi lebih menarik. Meskipun Doso itu lebih sayang Inayah atau sibuk ngejar perempuan lain, Amih Ratna dan Amih Ita tetep jadi istri yang setia.

Tanggal Lahir yang Ngawur di Google

Vista Putri Anggur Aulia awet muda

Netizen yang nyari-nyari biodata Anggur Aulia di Google nyangkanya si pemeran Amih Ita ini kelahiran tahun 1979, lima tahun lebih tua dari Vista Putri. Tapi ternyata tanggal lahir di Wikipedia itu ngawur. Anggur Aulia itu lahir tanggal 14 Oktober 1984, seumuran sama Vista Putri. Entah siapa yang masukkin info ngawur di Wikipedia sampai bikin satu Indonesia percaya. Saya tahu tahun kelahiran Anggur Aulia karena pernah ikutan giveaway yang dibuat langsung sama Beliau. Waktu itu saya jawabnya berdasarkan hasil stalking Instagram dan ternyata jawaban saya benar, 14 Oktober 1984.

Dengan look yang sekarang, menurut saya sih Anggur Aulia awet muda banget dan masih cocok kok dapet peran anak kuliahan. Nggak heran deh kalau Anggur Aulia awet muda karena Beliau rajin olahraga dan sering mengonsumsi makanan sehat.


Semoga Anggur Aulia dan Vista Putri lekas tampil di TV lagi dengan karya-karya terbarunya. Kangen mereka dapet peran berdua lagi sih dalam satu sinetron atau FTV. Chemistry mereka di Inayah bener-bener klop dan bikin penasaran. Pengen lihat mereka beradu akting lagi sebagai sesama protagonis atau protagonis dan antagonis.


No comments