Memoar, Opini, Kata Hati

Selasa, 22 November 2016

Sekolah Dasar Modern yang Peduli Murid Memang Butuh 7 Hal Ini





Kalau ingat zaman SD dulu, rasanya tuh bahagia, ya. Ups, jadi ketahuan deh tuanya. Iya, zaman SD memang bahagia. Waktu SD kita punya banyak teman. Banyak sekali, malah bisa dibilang semua murid se-paralel adalah teman kita. Meskipun beberapa belas tahun yang lalu fasilitas sekolah tidak selengkap saat ini, nyatanya mayoritas murid bisa belajar secara efektif. Lain halnya dengan kegiatan belajar mengajar di masa kini. 

Sekarang, murid bebas belajar apa saja dan di mana saja dengan dukungan teknologi. Namun hal ini tidak boleh membuat sekolah mengabaikan kualitasnya sebagai fasilitas pendidikan formal. Komitmen untuk menjaga kualitas pendidikan mulai terasa penting sejak jenjang SD (Sekolah Dasar). Oleh sebab itu, SD modern yang peduli terhadap tumbuh kembang murid memang butuh 7 hal penting ini :


Kepala Sekolah yang Friendly dan Mudah Ditemui

Sosok kepala sekolah yang baik bukanlah yang make up-nya tebal atau badannya six pack. Kepala sekolah sih pada umumnya sudah senior banget, ya. Unit SD hanya butuh kepala sekolah yang berdedikasi, friendly, dan mudah ditemui. Jadi, kepala sekolah tersebut bisa menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua murid dan pihak lainnya. Kepala sekolah juga harus luwes berkomunikasi dengan murid SD lo. Jangan sampai murid-murid malah takut dan enggan menyampaikan kesulitan mereka dalam kegiatan belajar mengajar.

Yakinlah bahwa kepala sekolah yang kece adalah kepala sekolah yang bersahabat dan tidak membuat murid-muridnya bergidik ngeri kemudian kabur. Kepala sekolah kece itu nanti akan membuat muridnya berkata,
"Wah, Bu X baik bangeeeet." 

Guru yang Tidak Pernah Berhenti Belajar

 


Bukan cuma murid yang harus rajin belajar. Gurunya pun juga mesti menjadi teladan yang baik dalam hal belajar. Menjadi guru senior bukan berarti membuat seseorang jadi pongah dan berhenti belajar. Seorang guru yang berdedikasi terhadap dunia pendidikan tidak akan pernah bosan mempelajari hal-hal baru. Belajar kan bisa dilakukan dengan beragam cara. Bukan hanya mengakses internet atau mengikuti sesi pelatihan. Mengambil hikmah dari pengalaman atau mendengarkan saran dan kritik dari orang lain juga termasuk belajar lo.

Gurunya Juga Harus Mudah Dihubungi Murid dan Orang Tua Murid

Murid atau orang tua murid akan kesulitan mendapatkan informasi tentang sekolah jika gurunya sulit dihubungi. Jadi, para guru SD yang baik juga harus mudah dihubungi melalui telepon atau aplikasi chat. Hal ini tidak akan membuat guru SD kehilangan privasi kok. Karena komitmen untuk membalas pesan atau menjawab panggilan telepon tersebut hanya sebatas pada kepentingan urusan sekolah saja.

Kegiatan Ekstrakurikuler yang Beragam dan Menarik

Bagi murid-murid SD, bertemu teman-teman dan guru kesayangan dari hari Senin sampai Jumat memang menyenangkan. Namun bukan berarti murid-murid tersebut tidak butuh aktivitas lain yang tak kalah bermanfaat. Oleh sebab itu, sekolah wajib menyiapkan kegiatan ekstrakurikuler yang beragam dan menarik. Niscaya minat dan bakat murid pun akan semakin terasah. Meraih prestasi di luar bidang akademis pun bukanlah hal mustahil.

Kapasitas dan Kebersihan Sekolah yang Memadai

 


Mana ada sih orang yang betah beraktivitas di sekolah yang sempit, kotor, dan gersang. Poin penting ini merupakan tugas asisten umum untuk mendukung kebersihan dan kenyamanan sekolah. Sekolah yang berkualitas pasti memiliki kapasitas ukuran yang memadai. Supaya kegiatan belajar mengajar, upacara, olahraga, dan kegiatan lainnya bisa berlangsung dengan nyaman.

Demi mewujudkan kenyamanan tersebut, seluruh bagian dari keluarga besar sekolah tentu mesti bergotong royong dengan komitmen yang jelas. Percuma kan punya sekolah yang luas kalau penataannya kurang efektif dan tidak ada komitmen untuk sama-sama menjaga kenyamanan sekolah.

Rincian Kegiatan dan Kebutuhan Biaya untuk Orang Tua Murid

Ini nih yang paling sering bikin orang tua murid jadi ngedumel. Tidak sedikit orang tua murid yang merasa bahwa sekolah kerap membuat program yang boros biaya. Sehingga orang tua murid pun wajib membayar biaya tersebut untuk mendukung kelancaran belajar anaknya. Agar orang tua murid tidak merasa terbebani, alangkah lebih baik bila rincian kegiatan dan kebutuhan biayanya disampaikan terlebih dahulu di awal tahun ajaran. Hal sederhana ini akan membuat orang tua murid bisa mempersiapkan kebutuhan biaya untuk anaknya secara bertahap.

Fasilitas Kelas yang Modern dan Mudah Digunakan

 


Sekolah yang berkualitas pasti tidak ingin kalah saing dengan sekolah lain untuk masalah pengadaan fasilitas. Walaupun hanya unit SD, murid-muridnya harus mendapatkan fasilitas terbaik supaya bisa belajar dengan nyaman dan gembira. Tidak mengherankan deh jika kini mayoritas SD menengah ke atas memiliki fasilitas berupa AC dan proyektor LCD pada masing-masing kelasnya.

Pengadaan fasilitas standar ini tidak akan memboroskan anggaran sekolah. Sebab AC, LCD proyektor, dan berbagai perangkat elektronik lainnya bisa diperoleh di MatahariMall. Selain menyediakan beragam produk kebutuhan rumah tangga, MatahariMall juga dikenal sebagai toko proyektor mini terlengkap. Beragam merek proyektor mini yang cocok untuk kebutuhan belajar mengajar bisa dipesan secara cepat dan praktis melalui toko online yang satu ini. Jadi, SD modern yang hendak menyiapkan fasilitas belajar mengajar terbaik tentu bisa mengandalkan MatahariMall mulai sekarang.


Berbekal semangat dan proses adaptasi terus-menerus terhadap perkembangan dunia pendidikan modern, sebuah lembaga pendidikan pasti mampu menghasilkan generasi penerus yang berkualitas. Karena harapan untuk membimbing putra-putri bangsa senantiasa digantungkan di pundak Bapak Ibu guru.

Semoga tulisan yang dibuat beberapa hari sebelum peringatan hari guru tahun 2016 ini bermanfaat bagi para pembaca. Pak, Bu, aku tahu kalian selalu mengusahakan yang terbaik sejak dulu, kini, dan nanti. Terima kasih dan jangan pernah lelah berjuang, ya.

  











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa