Etika Memberi dan Menerima Oleh-Oleh

Etika Memberi dan Menerima Oleh-Oleh

Apa yang paling ditunggu-tunggu saat seseorang bepergian ke luar kota atau luar negeri?

Mayoritas orang tidak menunggu kepulangannya, melainkan oleh-olehnya. Bawa oleh-oleh sudah menjadi budaya, suatu kewajiban tidak tertulis yang sering bikin siapa pun merasa berutang kepada orang-orang terdekatnya. Padahal, nggak ada tuh yang mengharuskan kita bawa oleh-oleh. Sering kali kita sibuk mengurus diri sendiri dan orang terdekat selama perjalanan tapi masih harus repot juga ngurusin oleh-oleh.

Karena kalo nggak bawa oleh-oleh itu ngerasa nggak enak, apalagi kalo ada keluarga, temen, tetangga, rekan kerja, atau kerabat lainnya yang udah nagih oleh-oleh bahkan sebelom kita berangkat.

20 Quotes tentang Cemburu

20 Quotes tentang Cemburu

Hidup itu jangan cemburu pada keadaan orang.

Kalau kamu ayam, jangan pingin jadi burung.

Tuhan memberi fadilat pada masing-masing.

 

Aku kuat.

Hanya saja kekuatanku pasti tiba-tiba lenyap jika sedang cemburu.

Sebab cemburu selalu menyerap energi yang berlipat-lipat.

 

Jatuh hati tidak akan pernah steril dari urusan rindu, cemburu, bahkan patah hati.

 

Banyak rasa cemburu yang kupendam,

hanya karena malas bertengkar dan takut kehilangan.

 

Maaf jika aku cemburu.

Aku hanya takut kamu jadi menjadi ragu setelah menemukan seseorang yang baru.

 

20 Tanda Bahwa Kita Mulai Tua

20 Tanda Bahwa Kita Mulai Tua

Lingkaran pergaulan mengecil.

Bahkan jadi kecil banget sampe nggak layak disebut lingkaran.

Temen-temen sekolah (dan atau kuliah) yang dulunya akrab banget mulai ilang satu per satu.

Nggak jarang pula lingkaran pergaulan cuma menyisakan anggota keluarga terdekat, antara lain pasangan, anak, orang tua, dan kakak adik.

 

Hubungan merenggang bukan satu-satunya penyebab lingkaran pergaulan mengecil.

Banyak juga orang terdekat yang mati selama momen pandemi Covid-19.

Mayoritas orang yang menjadi korban jiwa dalam pandemi meninggal secara mendadak.

 

Males banget ngadepin drama kehidupan, misalnya temen yang pinjam duit ngakunya lagi seret ternyata buat pergi healing atau bos workaholic yang maksa semua bawahannya ikut kerja gila-gilaan.

Hidup terlalu indah buat ngikutin tingkah orang-orang gila di sekitar kita.

 

Orang Gila yang Lebih Manusiawi daripada Orang Waras

Orang Gila yang Lebih Manusiawi daripada Orang Waras

It’s so damn tired to dealing with people.

Saya tuh akhir-akhir ini kayak capek aja kalau harus berinteraksi dengan orang lain. Tetep interaksi sih. Tetep berusaha sopan dan bersikap humanis sih. Namun, sejujurnya saya malah jadi lebih suka berinteraksi dengan hewan. Barangkali keliatan kayak orang gila karena suka ngobrol sama kucing atau anjing. Kegilaan ini bikin happy dan enjoy, jadi ya jalanin aja. Soalnya gimana ya, mayoritas manusia modern tuh miskin attitude, nggak tahu sopan santun. Jadi rasanya malah jauh lebih happy berinteraksi sama hewan.

Sopir Taksi Online yang Bangsat

Contohnya nih beberapa minggu lalu, saya lagi beres-beres di depan rumah di hari Minggu. Sesaat kemudian ada bapak-bapak muka songong nyetir mobil MPV lalu ngomong ke saya,

Musola di mana?”

Tanpa kata sapa, tanpa permisi, tanpa ba bi bu tiba-tiba ngomong gitu. Saya jadi terinspirasi gitu buat ngajak ribut. Jadi saya diam beberapa detik lalu jawab,

Etika Traktir Mentraktir yang Wajib Dipahami Semua Orang

Etika Traktir Mentraktir yang Wajib Dipahami Semua Orang

Saya termasuk orang yang tidak terlalu suka ditraktir. Sebab saya merasa lebih baik saya yang mengeluarkan uang untuk mentraktir daripada membuat orang lain repot membayar makanan minuman yang saya nikmati. Sesekali saya menikmati traktiran dari orang lain, tetapi tentu saja saya bertekad memberikan balasan yang pantas untuk traktiran tersebut. Kebiasaan ini membuat saya menyadari 10 etika traktir mentraktir berikut ini yang amat penting dalam menjalin relasi dengan orang lain:

  • Orang yang mentraktir tak berarti pasti punya lebih banyak uang daripada yang ditraktir. Inisiatif tersebut menandakan bahwa si pentraktir berniat menjaga hubungan baik dengan orang ditraktir. Tak perlu ragu sesekali mentraktir orang yang kondisi finansialnya berada jauh di atasmu.
  • Jangan pernah meminta traktiran kepada siapa pun, bahkan kepada keluarga atau sahabat terdekatmu sekalipun. Orang yang ingin mentraktir akan melakukannya tanpa diminta. Jadi, meminta traktiran hanya akan membuat seseorang merasa tidak enak hati lalu mungkin saja dia mentraktir karena terpaksa.
  • Kalau ada orang yang berkata ingin mentraktir, biarkan dia yang memilihkan tempat traktirannya. Jangan pernah memilih tempat traktiran berdasarkan keinginan pribadimu (apalagi yang harganya super mahal) karena hal tersebut sangat tidak sopan.