Kontak Batin, Kekuatan Dahsyat yang Ada di Luar Akal Sehat






The human heart feels things the eyes cannot see.
And knows what the mind cannot understand.

Kalau makna kalimat di atas diresapi secara mendalam, tentu kita mulai teringat dengan hal-hal yang pernah terjadi dalam hidup kita. Dari sekian banyak hubungan yang terjalin dengan orang lain, selalu ada bermacam kisah menarik yang kita lalui bersama orang-orang spesial. Tak jarang pula kita merasakan atau mengalami sesuatu yang tidak masuk akal ketika berinteraksi dengan mereka. Hal semacam ini sering dikenal dengan istilah kontak batin.


Mari Mencoba untuk Mendefinisikan Kontak Batin

 

Kontak batin merupakan salah satu hal yang sangat sulit didefinisikan di dunia ini. Bahkan para peneliti yang berusaha mengungkap misteri kontak batin pun masih belum menemukan jawabannya. Setidaknya saat ini kita bisa mencoba mendefinisikan kontak batin agar lebih mudah dipahami. 

Secara harfiah, kontak batin dapat didefinisikan sebagai jalinan erat yang menghubungkan alam bawah sadar orang-orang yang saling mengenal. Kontak batin bisa terjadi pada dua orang atau lebih. Pada umumnya, kontak batin yang kuat terjalin dalam hubungan ibu dan anak, saudara kandung, dan suami istri. Kontak batin yang terjadi karena hubungan sedarah dapat disebut sebagai karunia dari Sang Pencipta. Biasanya kontak batin ini akan semakin erat bila orang-orang yang punya hubungan sedarah juga memiliki kedekatan emosional dan komunikasi yang baik.

Namun kontak batin juga bisa terjadi pada bentuk-bentuk hubungan istimewa lainnya. Misalnya kontak batin dengan sahabat atau dengan orang lain yang tidak punya ikatan sedarah tetapi memiliki kedekatan emosional. Ada hal menarik yang bisa dicermati dari kontak batin pada hubungan tidak sedarah. Bahwa ternyata kontak batin dapat berasal dari rasa saling mengasihi dan kedekatan emosional yang terjalin dalam waktu lama. Orang-orang yang saling mengasihi dan saling peduli cenderung memiliki kemampuan kontak batin yang tidak kalah kuat bila dibandingkan dengan kontak batin sedarah.

Kontak Batin Membutuhkan Kesamaan Frekuensi

 

Masih ingat bunyi hukum kekekalan energi yang dicetuskan oleh James Prescott Joule?

“Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.
Namun energi dapat berubah dari suatu bentuk ke bentuk yang lain.”

Memaknai kontak batin dapat dilakukan dengan analogi energi. Semua yang ada di sekitar kita adalah energi. Kekuatan pikiran kita pun memancarkan energi yang tidak kasat mata. Energi positif maupun energi negatif yang berada dalam frekuensi pikiran kita. Setiap orang memiliki nilai frekuensi yang berbeda-beda.

Tapi ada sebuah keistimewaan yang dianugerahkan kepada orang-orang dengan hubungan yang luar biasa. Orang-orang dengan kedekatan emosional istimewa cenderung memiliki frekuensi pikiran yang nyaris sama. Hal inilah yang kemudian membuat energi negatif atau energi positif yang dipancarkan oleh seseorang bisa dirasakan oleh orang lain melalui kontak batin. Orang lain dapat merasakan, memikirkan, atau mengalami sesuatu yang sama dengan yang sedang terjadi pada si sumber energi.


Sumber :
Pinterest.com


Semakin dekat hubungan seseorang dengan orang lain, maka biasanya semakin kuat pula kontak batin yang terjadi di antara mereka. Kejadian demi kejadian yang terasa irasional dan tidak dapat dijelaskan dengan akal sehat itu berlangsung begitu saja. Tak jarang pula kontak batin itu hadir sebagai firasat sesaat sebelum hal buruk terjadi. Kadang kala penalaran kita terlalu lelah atau bebal untuk menanggapi kontak batin yang sedang berlangsung. Suatu perasaan yang tidak kasat mata tetapi benar-benar hadir secara nyata melingkupi suasana hati kita. 

Kita Mesti Lebih Bijak dan Cekatan Menanggapi Kontak Batin

 

Setelah menyadari bahwa ada kontak batin yang menghubungkan kita dengan orang-orang yang kita kasihi, sudah semestinya kita berusaha lebih bijak dan cekatan. Mungkin kita masih sering lalai dan salah tafsir dalam menanggapi pancaran energi dari orang-orang yang kita kasihi. Namun percayalah bahwa seiring berjalannya waktu, kita pasti bisa lebih peka terhadap tanda-tanda semesta itu. 

Mengandalkan hati nurani untuk menerjemahkan kontak batin tentu membuat kita semakin terasah. Dalam menjalani hidup ini, tidak semua hal bisa dijelaskan secara rasional melalui ilmu pengetahuan. Syukurilah kontak batin yang ada di antara kita dan orang-orang yang kita kasihi. Sebab tidak semua orang mendapatkan keberuntungan berupa anugerah kontak batin tersebut. Resapi saja tanda-tandanya. Sehingga spiritualitas kita semakin matang dari hari ke hari.




Teruntuk kalian yang belakangan ini kerap terhubung dengan alam bawah sadarku melalui kontak batin kita, tiada ungkapan yang bisa kutuliskan selain kata terima kasih. Terima kasih karena selalu ada “di sisiku”, walaupun raga kita tidak senantiasa berdekatan satu sama lain. Terima kasih pula karena bersedia memahami kebodohan demi kebodohanku ketika menerjemahkan arti kontak batin itu. Kejadian demi kejadian yang sudah kita alami, niscaya menjelma jadi pembelajaran berharga dalam proses pendewasaan kita.


“Dalam diammu, aku mendengar banyak suara.
Diammu berkata-kata.”
-Dee Lestari-












41 comments

  1. bahasannya menarik, cuman yang kyk gini sukar dibuktikan, tapi saya rasa sih banyak yang punya, biasanya ibu ke anak, bener gitu kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul sekalii. Kontak batin paling sering terjadi antara ibu dan anak. Dan memang kontak batin sulit dibuktikan walaupun bisa dirasakan oleh orang yang mengalaminya :)

      Delete
    2. Adakah kontak batin denganseseorang yg belum pernah kita temui ? Apa yang demikian itu bisa terjadi? Bila kita merasa berbicara dengan seseorang pada batin serasa dia ada namun kota tidak pernah bertemu....ataukah otu hanya sebuah ilusi yang berujung pada kegilaan?

      Delete
    3. Asli 100% aku baru saja mengalaminya, akupun sangat merinding. Dan gk percaya bisa seperti ini kejadiannya pasanganku merasakan lewat mimpi yang selalu datang. Ini menjadikan keyakinanku bertambah semoga menjadi pencerahan kedepan. Bahwa setiap tindak tanduk kita ada yang melihatnya.

      Delete
  2. Sy sgt tertarikndgn pembhsnny.. Sya kerap merasakan sesuatu yg aneh seperti geregetan d hati kpd sesorg pdhal kita sudah tidk bertmu stu dgn yg lain tp tiba2 sja itu trjadi... Tp emng sblm kita pisah kita emng memiliki byk skli persmaan dan hub emosional kita sgt baik. Dan aku gk mmpu mngartikan apa arti smuanya

    ReplyDelete
  3. saya mengalaminya..dan itu nyata terjadi muncul begitu saja tanpa bisa ditolak atau dikendalikan melingkupi perasaan batin hanya bisa dirasakan tidak bisa diterjemahkan, dan hanya dari seseorang yang ada kontak batin dgn kita saja.... amazing

    ReplyDelete
  4. Aku merasa aku punya.memang kontak bathin dengan orang tua dan keluarga memang ada.tapi anehnya,aku merasakan hal yg sama dengan beberapa orang yang belum sepenuhnya dekat.lawan jenis lagi.ada 2 orang lawan jenis yang sangat aku rasakan kontak bathinnya

    ReplyDelete
  5. Kontak batin nyata adanya, benar sekali penjelasan diatas, keterikatan hubungan satu sama lain menimbulkan kontak batin yg didasari dg kedekatan, rasa saling menyayangi, mengasihi, peduli entah dg siapapun itu klo kita menggunakannya bener2 dg hati nurani kita, semua akan terikat dg kontak batin, apalagi jika kita sellu menyebutnya dlm doa, kontak batin tersebut semakin kuat

    ReplyDelete
  6. Kontak batin nyata adanya
    Lahir secara alamiah sesuai hati nurani kita
    Terjadi atas dasar kedekatan, hubungan yg berkesinambungan, saling menyayangi, peduli dan kontak batin akan semakin kuat jika kita sering menyebutnya dlm doa

    ReplyDelete
  7. kontak batin yg kita rasa kan ke orang yg kita kasihi apakah dia merasakan apa yg kita rasakan....???

    ReplyDelete
  8. Kontak batin k anak Tu emang nyata,buktinya ank ku pergi tmpt nenek nya,q dirumh manggil2 dia trs dlm hati,eh tw nya dya lgsg plang,luar biasa doa ibu k anak Tu.

    ReplyDelete
  9. Saya pun sering merasa begitu pd org yg dulu secara emosional sangat dekat dgn saya,, di saat saya tiba2 teringat dia dgn perasaan yg tdk enak semacam perasaan khawatir saya tau bahwa dia sedang mengalami hal yg tdk nyaman dlm hidupnya, dan itu sdh sering saya buktikan, namun saya juga tdk mau khusnudzhon dgn apa yg saya rasakan, jd ketika merasa kan perasaan itu saya berdoa untuk kebaikan nya dan kebaikanku jg, memang perasaan yg sulit di jelaskan tp nyata

    ReplyDelete
  10. terimakasih, dari sini saya mengerti arti kontak batin, sebelumnya saya bingung, kenapa bisa merasakan apa yg pasangan saya rasakan, apa yang sedang dia pikirkan saya memikirkannya jg. dan itu memang benar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Kak. Terima kasih sudah mampir di blog saya ya :)

      Delete
  11. Aq sedang mengalaminya sekarang terhadap sosok yg sangat aq cintai...

    ReplyDelete
  12. Kalau kontak batin sama mantan gimana kak :(((

    ReplyDelete
  13. Kenapa ya,aku bisa ngerasa dekat dengan seorang padahal orang itu bukan merupakan teman dekatku,aku merasa dia selalu ada untuk menjadi pelindungku, pokoknya aku ngerasa ada feeling kuat, itu kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena memang ada kontak batin, Kak :)

      Delete
  14. Nice post. Apa ada uraiannya juga bagaimana cara memutus kontak batin dengan seseorang dr masa lalu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk memutus kontak batin, sepertinya belum ada cara pastinya, Kak. Tapi seiring berjalannya waktu dan hubungan yang merenggang, mungkin kekuatan kontak batin akan berkurang :)

      Delete
  15. Ada bener ny juga. Saya juga pernah mengalami beberapa. Termasuk akan ad kejadian aneh yg akan datang pada saya. Baik itu dari orang lain maupun kekasih. Akan ad perasaan aneh dan cemas di dalam dada. As yg bisa saya manage dan berakhir dengan baik. Dan ad yg berakhir yg buruk juga.

    ReplyDelete
  16. Saya pernah sih, tapi sederhana banget, sia bilang dia kayak uda kenal aya , padahal kita barubpertama ketemu, trus do deket dia rasanya nyamaan banget dan bahagia, trus beberapa kali kita bajunya samaan hehe

    ReplyDelete
  17. Kontak batin terjadi jika pasangan kita merasakan apa yg kita rasakan

    ReplyDelete
  18. terima kasih atas tulisan yang luar biasa bagus ini, saya sendiri selama ini berusaha menggunakan logika saya. tapi semakin saya menolak, justru hal itu benar. herannya kenapa saya mempunyai ikatan batin yang sangat kuat dengan orang lain yang bukan saudara saya, bahkan saat itu juga belum menjadi kekasih. disitu bukan hanya saya saja yang merasakan tapi dia juga, bukan hanya rasa sakit, tapi semua yang ada di dirinya bisa terkoneksi dengan saya. Saya sekarang sedang berusaha untuk menghindarinya karena dia menyakiti saya. tapi masih saja terasa walaupun jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sedih kalo orang yang kita sayangi, orang yang sering kontak batin dengan kita malah menyakiti kita. Tapi kita memang harus move on agar tetap bahagia. Semangat ya, Kak :)

      Delete
  19. saya selalu ngerasain firasat buruk ke doi walaupun hubungannya kandas karena dia dijodohin tp masih kontekan tp masih bisa ngerasain klau dia kenapa napa. pas perasaan ga tenang aku tanyain keadaan nya ternyata dia sakit selalu begitu padahal hati selalu pengen menolak.padahal hubungannya udh berahkhir tp msh bisa ngerasain mngkin karena msh syg kali yah jd msh pnya ikatan batin.

    ReplyDelete
  20. Saya udah hampir 2 tahun gak pernah komunikasi sama sahabat saya yang udh saya anggap kekuarga sendiri,kita punya masalah rumit banget dan akhirnya saling ngomong gak kenal satu sama lain dan nyakitin satu sama lain dan kyk org gak knl banget,padahal bnyk tmn² ngomong kita kyk kkk adek sama org pcrn gitu pdhl kita emng sering ngomong serius karena suka sharing mslh pribadi dan emng ngerasa cocok banget gitu dan gak nyangka kita berantem sehebat ini, tapi saya bingung,kenapa akhir² ini jdi kepikiran dia trs pdhl lgi biasa² aja wktu itu,dulu emng pas knl dia ngerasa kyk udh knl berthn thn dan nyaman banget temenan sama dia,tpi ya bingung juga knp akhir² ini kepikiran temen saya ini malahan hampir tiap hri dah dan kita emng gak prnh lagi komunikasi dan emng beda sklh skrng,tpi gak tau beberapa bulan ini malah kepikiran trs,jdi bingung deh hehe:"v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin juga kakak lagi kangen. Saya pernah kok ngerasain hal yang sama, gak ngomong sama orang terdekat yang saya sayangi, jadi kayak orang nggak pernah kenal. Tapi yang saya tau, hidup memang harus terus berjalan meskipun tanpa orang-orang yang dulu pernah ada di hidup kita :)

      Delete
  21. Sy punya kontak batin...kalau lg mikirin dia..pasti muncul

    ReplyDelete
  22. Saya sering mengalaminya,kadang lewat mimpi,kadang jg lewat perasaan,pernah jg 3 kali berturut turut mimpiin dia,padahal aku lagi enggak mikirin dia,perasaan aku tidak enak,baru dengar kabarnya dia ,ternyata dia sakit.padak bebetapa tahun gak bertemu sampai sekarang.

    ReplyDelete
  23. saya selalu merasa tersiksa secara tiba-tiba di dalam hati saya karena kontak batin yang berlebihan,,,semua perasaan dari orang orang dekat, bisa saya rasakan ketika mereka mengalami suatu masalah atau karena mempunyai rasa rindu dan cemas kepada saya. apakah kk punya solusi untuk mengurangi rasa sakit ini. tolong solusinya,,,

    ReplyDelete
  24. Aku mempunyai "kontak batin" atau apalah namanya dengan sesorang yang cukup kuat, aku sampe bingung kenapa bisa gitu. Kalo aku sakit, sedang tidak enak hati, dalam keadaan susah, dia juga merasakan hal yang sama. Yang aneh disini kita jarang bertemu dan minim berkomunikasi, dan juga tidak saling bertukar kabar. Kok bisa gitu lo?

    ReplyDelete
  25. saya juga suka ngerasain kontak batin dengan orang yg baru knl,emang si sy knl sama dia itu lewat WA massa hanya gara2 suka bacain status dia,aku merasa klu dia juga sama merasakan kontak batin juga.

    ReplyDelete
  26. Saya jadi tau apa yg saya rasakan adalah kontak batin.. karena tanpa disadari saat berjauhan dg pasangan tiba2 perut saya terasa sakit skali, saya langsung tanya keadaan pasangan saya apa dia baik2 saja. Dan benar aja ternyata dia sedang sakit dibagian perutnya.. kejadian tsb sering berulang.. tapi yg bs merasakan spt tu hanya saya,,pasangan saya tidak bs merasakan sebaliknya spt saya.. apa bisa dijelaskan penyebab kenapa bisa begitu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena kakak punya chemistry yang kuat dengan pasangan, Kak :)

      Delete
  27. Saya juga pernah merasakan disetiap kegiatan saya tampa sadar saya sering teringat seseorang tampa ada alasan yg jls, saya seperti tau kalo dia juga merasakan yang sama dgn saya,apa itu di namakann kontak batin?

    ReplyDelete
  28. Mau bertanya, saya beberapa bulan sering memikirkan dia yang belum pernah saya temui tapi saya dan dia sudah sering kontak melalui instagram. Hati saya selalu bergetar tiap kali mengingat namanya, setiap hari dia ada di mimpi saya. ketika saya kerja, Dia selalu ada dipikiran saya. Meski saya sedang bersama orang lain, Dia ada di hati dan pikiran saya. Sehari ingin melupakan tapi malah menjadi rasa saya di hati untuknya. Apakah itu disebut kontak batin? Karena saya bukan pakar cinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga bukan pakar cinta, Kak. Tapi mungkin Kakak punya chemistry dengan orang tersebut. Silakan tetap berkabar dan mendoakan supaya selalu happy ya :)

      Delete
  29. gw mau curhat ke kalean yang pernah menggalami ikatan batik atau kontak bantin ,menurut gw yg pernah gw alami semasa terhubung denggan si dia atau orang jauh yang gw rindukan, tah menggapa selalu kepikiran sama dia, tah itu sengaja atau tidak sengaja selalu kepikir si dia , dan itu terus menerus hingga berlanjut hingga berapa minggu sampai 1 bulan lamaya. masih kepikir dia. gw selalu melupakan si dia tapi tidak semudah itu karena gw pernah kontak sama di selama gw bertemu dan bicara sama dia, dan waktu sudah berlalu pertemuan itu berpisah sama dia, dan rumah ya di luar kota gw.tak sengaja saya melihat saudara perempuan gw selalu kepikir si dia ( yg gw kanggenin ) karena sifat ya sama. selama gw ada perasaan ikatan batin sama si dia. tubuh dan fisik gw selalu melemah dan ke pikiran si dia, gw coba melupakan sedikit demi sediki, karena menurut gw hal seperti itu tidak baik bisa bikin stres berlanjutan. dan karena kejadian itu gw bisa melupakan si dia tapi dalam arti tidak melupakan namaya dan saya mengangapa di sebagai sahabat atau adik karena usia gw sedikit lebih tua maka gw anggap di sebagai adik atau kerabat dekat yang jauh. :)
    Jika kalian bersedia dan bermimpi si dia, di malam hari itu tandaya kamu dalam ke adaan kanggen si dia dan merindukanya.
    12/08/2021

    ReplyDelete