3 Kasta di Agamaku

3 Kasta di Agamaku

Saya adalah tipe orang yang tidak terlalu senang membicarakan agama, termasuk agama yang saya anut. Pandangan saya dari dulu sampai sekarang masih sama, agama tidak akan membuat seseorang menjadi lebih baik. Memeluk agama itu hanya salah satu pilihan hidup. Seseorang tak langsung jadi baik seperti malaikat dan pasti masuk surga hanya karena beragama. Bagi saya, masih banyak kok orang-orang yang tidak beragama tapi perilakunya jauh lebih baik dan manusiawi daripada orang-orang yang katanya taat beragama. Saya juga sering kali berpikir kalau orang beragama dan aktif berkegiatan di agamanya itu hanya demi dipandang positif oleh lingkungan sekitarnya dan supaya jelas kalau nanti mati bakal dikubur pakai tata cara apa.

Selama hidup ini, saya selalu merasa takjub dengan beberapa dosen saya yang tidak pernah memperlihatkan apa agamanya. Mereka punya inteligensi tinggi, mampu berpikir logis, dan bersikap wajar sama semua mahasiswanya tanpa memandang agama apapun. Jadi saya pikir saya akan meniru dosen-dosen saya. Tak perlu terlalu terbuka soal agama, apalagi membela agama mati-matian. Tunjukkan apa adanya diri sendiri kepada dunia tanpa melibatkan agama kita.

15 Etika Hidup di Zaman Modern

15 Etika Hidup di Zaman Modern

Kalau dikirimi sesuatu oleh orang lain (baik via jasa pengiriman atau ojek online), jangan lupa segera memotret kiriman tersebut lalu mengirimkannya sambil mengucapkan terima kasih via chat atau telepon. Jangan jadi orang tidak tahu diri yang menerima kiriman tetapi tidak memberi kabar kepada si pengirim.

 

Jika ada orang menghubungimu via japri di chat, usahakan membalasnya terlebih dahulu sebelum nimbrung di obrolan grup yang memuat orang tersebut juga. Andaikan kamu benar-benar kesal dan tak ingin membalas pesan orang tersebut, sebaiknya tunda keinginan bergabung dalam obrolan grup. Melihat orang tidak membalas pesan kita tetapi bisa nongol di grup itu sungguh memuakkan.

 

Saat menumpang mobil orang lain, berusahalah mengisi bangku depan di samping pengemudi terlebih dahulu. Jangan memposisikan si pemilik mobil seperti sopir karena kamu (atau kalian) duduk di bangku belakang.

Keledai dan Garam

Keledai dan Garam

Pada zaman dahulu kala hiduplah seorang pedagang kecil. Suatu hari, ia menyuruh keledainya mengangkut dua karung garam untuk dibawa pulang ke rumah. Dua karung garam tersebut sangatlah berat. Si keledai jelas merasa keberatan. Ia sangat lelah setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh. Sepanjang jalan keledai itu tak henti-hentinya mengeluh karena keberatan beban dan hati yang dipenuhi amarah semakin membuat tenaganya cepat terkuras.

Saat si pedagang membawa keledai tersebut minum air di pinggir sungai, karena kelelahan hewan peliharaannya itu tidak berhati-hati sehingga jatuh terjerembap ke dalam sungai. Si keledai tak henti-hentinya berusaha untuk keluar dari dalam air. Pada saat berjuang itulah, muatan garamnya perlahan-lahan larut ke dalam air. Hingga saat ia berhasil naik ke tepian, keledai itu merasa bebannya jadi sangat ringan. Ia sangat gembira dan dengan santai membawa muatan garamnya pulang ke rumah. Di sepanjang perjalanan, keledai itu sangat gembira bukan saja karena muatan di punggungnya telah berubah jadi ringan, namun ia bersukacita karena telah menemukan rahasia untuk membuat bebannya menjadi ringan.

20 Quotes Puitis Wiranagara

 

20 Quotes Puitis Wiranagara

Semoga doa-doa masih bercahaya,

menjadi terang mengikat kita yang saling percaya:

bahwa situasi sulit akan berakhir,

lalu senyum itu akan kembali terukir.

 

Biar cintaku menjadi belukar di pelataran rumahmu.

Bisa kau bersihkan,

namun tak pernah benar-benar bisa kau singkirkan.

 

Pergi untuk mengartikan pulang, lalu singgah kemudian hilang.

Betapa pamit sepertinya harus diartikan sebagai kerelaan,

karena kembali bisa jadi bukan lagi tujuan.

Kabar Terbaru Vista Putri: Pemeran Amih Ratna di Sinetron Inayah


 

Kabar Terbaru Vista Putri: Pemeran Amih Ratna dalam Sinetron Inayah

Hai semuanya!

Udah pernah baca artikel saya yang judulnya Vista Putri: Si Ummi Salma, Ummi Najwa, dan Amih Ratna di sinetron Inayah?

Yup, artikel tersebut memang mengulas karakter yang diperankan Vista Putri secara lengkap di sinetron Inayah pada tahun 2009. Sinetronnya mungkin biasa aja, tapi karakternya istimewa lho. Vista Putri adalah aktris papan atas yang lebih dikenal karena karya-karyanya dibandingkan sensasi belaka. Sebelum merambah ke dunia akting, Vista Putri memulai karier sebagai model majalah Aneka Yess tahun 1996 dan pernah juga jadi finalis di ajang Putri Indonesia.

Keluar dari Mulut Harimau, Masuk ke Mulut Buaya

Keluar dari Mulut Harimau, Masuk ke Mulut Buaya 1 

Apakah kamu mengetahui pengalaman hidup seseorang yang mirip dengan peribahasa “keluar dari mulut harimau, masuk ke mulut buaya”?

Keluar dari Mulut Harimau, Masuk ke Mulut Buaya 2 Quora

Mulut Harimau dan Cerita di Dalamnya

Ada seorang anak perempuan, sebut saja namanya A. A tinggal bersama sang nenek sejak kecil karena ibu kandung A memutuskan menikah lagi dengan pria lain dan tinggal di kota sebelah. Sebenarnya, A bukan cucu kandung si nenek karena ibunya A adalah anak angkat. Jadi, A dan neneknya tidak punya hubungan sedarah.

Kendati demikian, A tinggal bersama neneknya sampai nenek wafat. Masa kecil A tidak berlangsung mulus seperti yang diketahui orang. Nenek A adalah orang yang sangat konvensional. Jika A telat pulang sekolah beberapa saat saja, maka neneknya akan mencubit paha si A keras-keras dan berteriak “Elu dari mana aja? Pulang telat sampe jam segini. Kegatelan. Abis nyabo (jual diri) ya.”

25 Quotes dari Kolom Komentar Youtube (2)

25 Quotes dari Kolom Komentar Youtube (2)

Netizen Indonesia tak selalu identik dengan kesan nyinyir dan nggak sopan kok. Buktinya, saya bisa menemukan hasil karya para netizen yang super kreatif di kolom komentar. Lagu-lagu galau milik musisi tanah air rupanya sukses menggugah kreativitas netizen, terutama yang sedang patah hati. Hasil kegalauan yang indah itu bikin saya lagi-lagi penasaran berburu quotes dari kolom komentar Youtube dan inilah hasilnya:

 

Maafkan aku Tuhan,

jika aku merayumu ketika sedang lelah saja.

 

Titik terlelah mencintai adalah ketika seseorang berdoa ke Tuhannya,

bukan lagi tentang bagaimana cara mempertahankan,

tapi bagaimana cara mengikhlaskannya.

20 Quotes Cinta Zarry Hendrik

 

20 Quotes Cinta Zarry Hendrik

Aku ingin kau jatuh cinta lagi.

Dimulai dari dengar namaku, kamu terganggu.

 

Jangan mencintai seseorang di saat yang bersamaan kamu membenci orang lain.

Bila ingin tulus mencintai, maka kamu ingin mendamaikan hatimu.

Bila cinta dan benci ada di satu hati, artinya hati itu mendua.

Mendua bukan tentang dua orang saja, tetapi juga dua rasa.

 

Sesungguhnya bahagia pun ada pada susah yang sama-sama.

Dan lewat derita yang telah bersama-sama kita rasakan, kita menang.

Cinta kita akan menjadi terang bagi dunia.

Sama-sama kita akan memberkati orang.

 

Pernah merindu,

lalu bertanya, "mengapa rindu ini harus ke dia?"

Sini kubantu jawab. Ya karena memang dia baik sama kamu. Dulu.

Pengalaman Jalan Kaki dan Fit Shaming

 

Pengalaman Jalan Kaki dan Fit Shaming

Dua bulan belakangan ini saya lagi sering jalan kaki. Saya nggak pede sih nyebut olahraga karena menurut saya ini bukan aktivitas fisik intensitas tinggi. Saya juga nggak hobi olahraga, lebih hobi rebahan. Tapi saya pikir nggak ada salahnya bergerak lebih banyak dari biasanya, terutama saat punya waktu senggang. Toh saya nggak jalan kaki setiap hari, kira-kira cuma 3 kali seminggu.

Rute jalan kaki saya simpel aja. Saya lebih suka masuk kompleks orang yang ujungnya nembus tempat pembuangan sampah, danau, dan dua tanjakan cukup besar. Lanjut sedikit lagi, ada kafe favorit saya, kolam renang umum, nembus kampung orang, paroki Kutabumi, lalu jalan lagi sampai balik ke rumah. Sebenernya dekat rumah saya ada jogging track. Kadang-kadang saya jalan kaki di jogging track, tapi lebih suka rute melewati danau dan kolam renang. Jogging track lebih sering dipakai anak-anak muda buat duduk santai atau bawa anjing jalan-jalan. Ada sih yang olahraga, makin sore makin rame, makanya saya males.

Kuda yang Waspada dan Serigala yang Ceroboh

Kuda yang Waspada dan Serigala yang Ceroboh

Suatu hari, saat sedang memburu mangsa, seekor serigala melihat seekor kuda sedang makan rumput. Ia melonjak kegirangan. Dalam hatinya ia berkata, “Kalau saja aku bisa menangkap dan menaklukkan kuda ini, maka aku akan dapat menikmati santapan yang lezat nanti malam.”

Tetapi, serigala itu juga mengetahui bahwa berhadapan dengan kuda yang demikian besar tidak semudah menangkap kelinci. Karena itu ia harus benar-benar memutar otak bagaimana cara menangkap si kuda.

Catatan Jumat Malam

 

Catatan Jumat Malam

Hubungan antar manusia acap kali rumit.

Banyak yang hanya ingin dipahami.

Banyak yang hanya ingin dikasihi.

Banyak yang hanya ingin dimengerti.

Tetapi tak pernah mau memahami, mengasihi, mengerti.

 

Omong kosong itu yang namanya tepa selira.

Yang ada hanyalah kebutuhanku dan kebutuhanku.

Kebutuhanku harus yang utama, sedangkan kebutuhanmu lain kali saja.

Kamu akan kuhubungi kalau aku butuh.

 

Kamu harus tahu kalau aku terluka dan rapuh.

Tapi aku tak mau tahu soal lukamu, itu urusanmu.

25 Quotes dari Kolom Komentar Youtube

25 Quotes dari Kolom Komentar Youtube

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Seni Tokyo dan Institut Ilmu Otak RIKEN Jepang pernah bikin penelitian tentang manfaat lagu sedih. Sebanyak 44 orang responden penelitian dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama diharuskan mendengar lagu-lagu bahagia sedangkan kelompok kedua diharuskan mendengar lagu-lagu galau. Hasilnya lumayan mengejutkan lho. Kelompok kedua justru merasa lebih romantis, bersemangat, dan memiliki kondisi emosi yang lebih baik setelah mendengar lagu-lagu galau.

Ternyata, lagu galau lebih ampuh melepas kesedihan sehingga suasana hati jadi membaik. Selain itu, lagu-lagu tersebut juga membantu memperbaiki konsentrasi sehingga pendengarnya jadi lebih mudah fokus. Pengidap depresi pun mengalami perbaikan suasana hati setelah mendengar lagu galau karena merasa tidak sendirian.

Lagu-lagu galau asli Indonesia memang nggak kalah keren dibandingkan lagu luar negeri. Uniknya, saya menemukan banyak quotes keren di kolom komentar lagu-lagu galau tersebut di Youtube. Ada penonton Youtube yang spontan bisa bikin quotess keren karena ngerasa lagunya mewakili perasaan pribadi banget dan ada juga penonton yang ngutip quotes terkenal. Saya berinisiatif merangkum beberapa quotes yang menurut saya keren. Oh, iya. Terima kasih untuk semua pemilik quotes berikut ini yang namanya tidak saya sebutkan satu per satu. Kalian keren banget. Terus semangat berkarya dengan cara masing-masing, ya.

 

Dulu tanpa ada kamu semua baik-baik saja.

Berarti sekarang tanpa kamu pun semua akan baik-baik saja.

 

Jika nanti kita tak punya banyak waktu untuk berbagi cerita lagi,

mari saling mendoakan untuk kebaikan.

20 Quotes Tentang Perpisahan

 

20 Quotes Tentang Perpisahan

Perpisahan semanis apapun,

seindah apapun,

tetaplah perpisahan.

Ada cerita yang sejak detik itu

harus berubah menjadi kenangan.

 

Bahwa tujuan dari setiap pertemuan

adalah untuk menyambut kehadiran perpisahan.

 

Pada akhirnya,

setiap orang adalah perjalanan bagi manusia lainnya,

dan setiap perjalanan terbuat dari dua hal:

pertemuan dan perpisahan.

 

Semua pasti berubah, mau tidak mau.

Semua pasti berpisah, ingin tidak ingin.

Semua pasti berakhir, siap tidak siap.

Nyinyirin Food Vlogger Indonesia

Nyinyirin Food Vlogger Indonesia

Saya termasuk orang yang dulu cukup sering nontonin tayangan food vlogger. Iya, mereka yang jalan-jalan dan wisata kuliner ke berbagai kota. Duitnya kayak nggak abis-abis. Bisa ngeluarin duit sampai jutaan untuk sekali makan atau nginep di tempat-tempat instagramable. Semua dari dan untuk konten.

Namun sekarang saya mulai agak jarang nonton liputan food vlogger. Cuma lagi males aja, entah nanti kalau mood nonton begituan akan muncul lagi. Sebenernya saya nggak pernah ngerti sama jalan pikiran orang-orang yang bergegas antre panjang setelah nonton liputan food vlogger yang rutin diunggah beberapa hari sekali. Makanan yang diliput jadi viral, jadi diburu banyak orang. Nggak jarang ada yang harus ngantre berjam-jam atau dari pagi buta demi kebagian makanan viral.

Is it bandwagon effect or stupidity?

Gas Langka dan Mahal? Yuk, Pindah ke Kompor Listrik Saja!

tips memilih kompor listrik 
Sumber: Unsplash

Memasak adalah salah satu kegiatan penting di rumah dan kompor merupaka peralatan yang paling dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Saat ini, memasak menggunakan kompor gas sering kali mengalami masalah terutama jika terjadi kelangkaan gas. Apabila Anda ingin terhindar dari masalah kelangkaan gas maka bisa beralih ke kompor listrik atau disebut juga kompor elektrik.

Mengenal Seluk Beluk Kompor Listrik

Masyarakat modern kini tidak perlu merasa bingung lagi menghadapi kelangkaan gas. Beralih menggunakan kompor listrik merupakan solusi terbaik karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan kompor gas. Meskipun mempunyai banyak keunggulan, ternyata masih banyak orang yang belum mengenal seluk-beluk kompor listrik.

20 Quotes Lugas Najwa Shihab

 

20 Quotes Lugas Najwa Shihab

Soal kalah menang jangan Anda bilang sekarang,

kita berjuang dulu.

 

Belajar tentu keharusan yang tak boleh diabaikan,

namun merugilah jika disempitkan semata perkuliahan.

 

Ilmu jangan hanya objek hafalan,

ilmu untuk memahami dan menuntaskan persoalan.

 

Pendidikan adalah awal dari perubahan,

tanpa pendidikan tidak ada peradaban.

8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Supaya Kebal Serangan Penyakit

 

8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Supaya Kebal Serangan Penyakit

Menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh harus dilakukan setiap saat, terutama pada masa pandemi. Daya tahan tubuh yang baik membuat kita terhindar dari mikroorganisme penyakit, termasuk virus corona atau Covid-19. Sebaiknya kita mengetahui dan mempraktikkan beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya kebal dari serangan penyakit:

Olahraga Secara Rutin

Sebaiknya kita berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari. Aktivitas yang satu ini merupakan cara efektif meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melawan infeksi. Berjalan kaki adalah salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan kapanpun dan di mana pun oleh semua kalangan usia.

20 Quotes tentang Sendiri

20 Quotes tentang Sendiri

Mencintai diri sendiri saja tak mampu,

mengapa lancang sekali memintamu mencintaiku?

 

Pada akhirnya kita harus sadar

bahwa kita cuma bisa berdiri paling kuat di atas kaki sendiri.

 

Bukanlah suatu keegoisan jika kita mencintai diri sendiri.

Sebab, untuk menuangkan minuman kita butuh wadah yang berisi air.

 

Tak perlu iri, kita punya sepi sendiri-sendiri.

Jika hidup orang tampak meriah,

itu karena sepi dirayakan dengan mewah.

Tips Merawat Tikus Putih Sebagai Hewan Peliharaan

 

Tips Merawat Tikus Putih Sebagai Hewan Peliharaan

Tikus putih merupakan salah satu pakan populer untuk ular. Hewan yang satu ini memang unggul karena kandungan proteinnya tinggi dan cara membudidayakannya sangat mudah. Orang-orang yang piara ular biasanya bakal rutin beli tikus putih untuk makanan ularnya. Dulu saya sempat kepikiran pengen piara ular. Tapi kayaknya ribet dan bujet untuk makanannya mahal, makanya nggak jadi.

Sebenernya saya nggak pernah berniat piara tikus putih. Awal mula piara tikus putih itu karena saya melihat tikus putih piaraan tetangga di rumahnya. Saya lumayan terhibur ngeliat tikus putih yang kurang terawat itu, bahkan saya sudah kasih nama “Peter” supaya gampang manggilnya. Peter punya kebiasaan gelayutan di kawat kandangnya ketika menjelang magrib. Konon kabarnya si Peter dipiara buat jadi makanan ular. Namun, setiap kali saya ke rumah tetangga itu, Peter masih ada. Si Aa’ pemilik Peter malah nawarin saya untuk piara tikus putihnya.

Tips Membantu Anak Mengerjakan PR yang Sulit

 

Tips Membantu Anak Mengerjakan PR yang Sulit

Pekerjaan Rumah (PR) merupakan bentuk tugas yang penting untuk melatih tanggung jawab dan meningkatkan kompetensi anak. Meskipun tujuannya baik, tak jarang PR membuat anak kewalahan karena jumlahnya terlalu banyak atau tingkat kesulitannya sangat tinggi. Latar belakang tersebut membuat orang tua harus cermat mengawasi dan membantu anak mengerjakan PR. Pastikan kalau PR anak diselesaikan sampai tuntas dan membuat anak semakin memahami materi pelajaran dari sekolah.

Biasanya anak-anak akan mulai rewel dan kesal menghadapi PR yang sulit dan jumlahnya banyak. Namun, Anda tak boleh mengerjakan PR anak dengan alasan ingin membantunya, ya. Kalau mau membantu anak mengerjakan PR, orang tua bisa mengikuti beberapa tips efektif berikut ini:

Menetapkan Jadwal Secara Disiplin

Hal pertama yang bisa orang tua lakukan bila ingin membantu anak mengerjakan PR adalah menetapkan jadwal secara disiplin. Misalnya, Anda menetapkan jadwal bikin PR setelah anak selesai melakukan PJJ. Tujuannya tentu saja agar penyelesaian PR lebih cepat dan efektif karena anak-anak baru saja mempelajari materi pelajaran yang bersangkutan. Kalau anak-anak terbiasa dengan jadwal yang sama setiap hari, perasaan malas mengerjakan PR pun tak akan muncul. Anak-anak akan tergerak menyelesaikan PR sebelum bermain atau melakukan aktivitas lainnya di rumah.

Persiapan Orang Tua Menyambut Tahun Ajaran Baru saat Pandemi

Persiapan Orang Tua Menyambut Tahun Ajaran Baru saat Pandemi 

Tahun ajaran baru akan segera tiba. Konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi memang membuat proses belajar terasa berbeda. Namun, pandemi tak boleh menghalangi proses belajar anak. Anak-anak tetap harus belajar secara maksimal meskipun sekolah tatap muka belum bisa dilaksanakan.

PJJ kerap membuat anak-anak merasa bosan dan kehilangan motivasi belajar. Itulah sebabnya orang tua harus telaten menyambut tahun ajaran baru agar semangat belajar anak pun semakin meningkat. Apa saja yang harus disiapkan orang tua saat menyambut tahun ajaran baru?

Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Biaya Pendidikan yang Memadai

Hal pertama yang patut disiapkan orang tua untuk menyambut tahun ajaran baru adalah biaya pendidikan yang memadai. Sama seperti sekolah tatap muka, PJJ juga membutuhkan biaya yang tak kalah besar. Para orang tua harus tetap menyiapkan uang pangkal, uang sekolah, biaya untuk membeli buku dan seragam, serta biaya-biaya lainnya. Jangan sampai aktivitas sekolah online anak jadi terbengkalai hanya karena orang tua tidak memilih persiapan biaya.

20 Quotes tentang Ular

 

20 Quotes tentang Ular

Jangan kau ular-ulari aku.

Sebelum kau jadi ular, aku sudah ternak buaya.

 

Racun ular kepala dua itu masih bisa diobati.

Tapi kalau racunnya manusia bermuka dua itu bisa mematikan.

Karena di depan dan di belakangmu dia suka berubah-ubah.

 

Anak panah bisa terbang di udara dan tidak meninggalkan jejak;

tetapi pikiran buruk meninggalkan jejak seperti ular.

 

Karena tak semua bisikan ular berbisa harus didengarkan.

Tumpas kabut kebencian yang tercipta dalam memori ingatan.

Tetaplah Menjadi Sosok Misterius

Tetaplah Menjadi Sosok Misterius

Akhir-akhir ini saya sedang malas update blog. Malas membuat artikel secara serius dan dilengkapi ilustrasi gambar yang menarik. Namun, saya tahu kalau mengurus blog itu harus konsisten. Ada komitmen yang perlu dipertahankan supaya isi blog tetap rapi dan menarik untuk dibaca warganet.

Komitmen itu barangkali sama seperti hubungan kita dengan manusia lain, baik dengan pasangan, sahabat, rekan kerja, atau orang-orang lain. Biasanya seseorang itu tertarik mengenal orang lain secara mendalam ketika ingin dekat dengannya. Pokoknya ingin tahu semua tentang dia deh, mulai dari alamat, makanan favorit, hobi, kebiasaan, hingga prinsip. Korek teros sampe dapet semua informasi.

Lantas apa jadinya bila semua informasi sudah didapat?

Orang yang tadinya bikin kita penasaran itu akan mulai membosankan. Apalagi bila kita sudah mulai tahu semua sifat jeleknya. Kekurangan dan keburukannya bikin kita ilfil. Mungkin itu pula yang membuat seseorang jadi korban ghosting. Ya, karena keburu ilfil dan merasa belum punya komitmen makanya bebas menghilang begitu saja. Lain halnya dengan orang-orang yang telanjur berkomitmen, contohnya pasangan suami istri. Kekurangan dan keburukan hanya bisa ditelan. Kalau merasa tak kuat,  ya ujung-ujungnya berpisah.

Mengenal orang lain secara mendalam biasanya bikin seseorang jadi kurang menghargai orang tersebut. Inginnya hanya dimengerti, dimaklumi. Lupa kalau orang lain juga punya perasaan. Lupa atau enggan mengatakan hal-hal sederhana seperti maaf, tolong, dan terima kasih. Kenyamanan dan perasaan terbiasa lambat laun menghilangkan sikap saling menghargai.

Maka tetaplah jadi sosok misterius sekalipun di hadapan orang-orang terdekat. Menunjukkan emosi, kasih sayang, dan perhatian cuma membuat diri sendiri terlihat lemah. Karena orang-orang cenderung menganggap remeh suatu hal yang diberikan secara gratis dan terus-menerus. Bahkan hewan kini jauh lebih manusiawi daripada manusia itu sendiri. Hewan punya naluri untuk mengasihi dan berterima kasih. Sedangkan manusia hanya datang saat butuh, lalu menghilang kalau sudah tidak butuh.

20 Quotes tentang Maaf

20 Quotes tentang Maaf

Kadang mengalah dan minta maaf itu lebih baik

daripada menjelaskan segalanya

kepada orang yang tak mau mengerti.

 

Perempuan itu mudah memaafkan, susah melupakan.

Sementara laki-laki mudah minta maaf, mudah mengulangi.

 

Terkadang kata maaf hanya dijadikan sebuah kalimat penenang,

untuk orang itu kembali mengulangi kesalahan yang sama.

 

Memaafkan tidak berarti melupakan.

Itu adalah melepaskan sakit hati.

Dua Kodok Hendak Pindah Rumah

 

Dua Kodok Hendak Pindah Rumah

Ada dua ekor yang berteman baik. Kodok yang satu tinggal di kolam berair dalam. Di sana sangat nyaman dan aman serta terdapat banyak makanan. Kodok lain tinggal di selokan air dekat jalan raya. Di sana air tidak banyak. Selain itu, banyak kendaraan yang lalu lalang. Sedikit pun tidak aman.

Pada suatu hari, kodok yang tinggal di kolam berarir pergi berkunjung ke rumah temannya. Ia mengamati selokan yang airnya sangat dangkal. Dia menjadi khawatir.

Orang-Orang Baru yang Pasti Jauh Lebih Menarik

 

Orang-Orang Baru yang Pasti Jauh Lebih Menarik

Pernah nggak merasa terpesona dengan orang yang baru hadir di kehidupan kita?

Mereka yang baru biasanya terlihat lebih menarik, lebih nyambung dengan kita, pemikirannya keren, ya lebih segala-galanya.

Memang yang baru lebih “berkilauan” kan?

 

Sama seperti ketika kita tertegun melihat perhiasan di toko emas.

“Wah, yang ini modelnya cocok banget sama gue!”

Perjalanan hidup sama seperti melihat deretan perhiasan indah di toko emas.

20 Quotes Seno Gumira Ajidarma

 

20 Quotes Seno Gumira Ajidarma

Di dunia ini semua orang sibuk berkata-kata,

tanpa pernah mendengarkan kata-kata orang lain.

 

Bagai pasir di tanah itu,

aku tak harus jadi penting.

 

Aku tidak pernah keberatan menunggu siapa pun

berapa lama pun

selama aku mencintainya.

 

Namun orang yang bijak akan menerima segala bentuk perbedaan pandangan sebagai kekayaan.

Karena keseragaman pikiran sungguh-sungguh memiskinkan kemanusiaan.

Rindu Kebiasaan Adalah Hal Terpilu dari Kehilangan

Rindu Kebiasaan Adalah Hal Terpilu dari Kehilangan

Aku kangen kalian.

Kangen lihat kalian tertawa-tawa bertiga, saling ledek, saling ejek, saling kepo.

Kangen dengar suara ketawa kalian.

Kangen menunggu kalian memutuskan mau pesan minuman apa saat kita pergi bersama.

Kangen melakukan hal-hal yang dulu biasanya kita lakukan.

Etika Mengirim dan Menerima Undangan Acara

Etika Mengirim dan Menerima Undangan Acara

Undangan adalah salah satu hal yang identik dengan kebahagiaan. Orang-orang yang lagi bikin hajatan pernikahan, ulang tahun, sunatan, atau syukuran lain biasanya mengirimkan undangan ke orang-orang terdekat seperti keluarga besar, tetangga, sahabat, rekan kerja, serta kerabat. Sayangnya, masih banyak orang yang nggak paham etika mengirim dan menerima undangan. Semoga tulisan saya yang nyeleneh berdasarkan pemahaman pribadi ini bisa membantu siapa pun yang akan mengirim dan menerima undangan acara apapun.