20 Quotes tentang Perhatian

20 Quotes tentang Perhatian

Semakin menanjak perjalanan hidupmu,

semakin banyak hal yang berusaha mendistraksi perhatianmu.

 

Sibuk mencari perhatian,

hingga terlalu sibuk untuk memperhatikan.

 

Pertahankan seseorang yang memberimu tanpa harus kamu memintanya.

Meluangkan waktu tanpa kau meminta waktunya,

memberi perhatian tanpa kau mengemis perhatiannya.

 

Cinta itu tentang perhatian.

Bagaimana mungkin kamu yang cerdas,

bisa mencintai orang yang mengabaikanmu?

 

Bila kamu tak bisa bersama dengan orang yang kamu beri perhatian.

Maka kamu akan bersama dengan orang yang perhatian sama kamu.

 

Tidak Semua

Tidak Semua

Tidak semua orang mau mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, dan materi untuk orang lain yang tak pernah menghargainya.

Aku adalah satu dari segelintir golongan itu.

 

Tidak semua orang akan bersikap naif.

Mengemis-ngemis perhatian dari orang yang sudah tidak pernah peduli lagi.

Aku adalah satu dari segelintir golongan itu.

 

Tidak semua orang bersedia kepo karena sungguh peduli terhadap orang yang dikasihinya.

Aku adalah satu dari segelintir golongan itu.

 

Tidak semua orang menjadi tolol hanya karena menganggap orang yang dikasihinya adalah orang yang sangat baik.

Aku adalah satu dari segelintir golongan itu.

 

20 Quotes tentang Keadilan

20 Quotes tentang Keadilan

Keadilan jadi barang sukar,

ketika hukum hanya tegak pada yang bayar.

 

Betapa pun tajam pedang keadilan,

ia tidak memenggal kepala orang yang tidak bersalah.

 

Jika rasa keadilan bahkan telah dikorupsi,

maka hukum serupa khayal bagi akal.

 

Berani menegakkan keadilan walaupun mengenai diri sendiri,

adalah puncak segala keberanian.

 

Saat hukum terbelit begitu mudah,

langit keadilan runtuh menimpa si lemah.  

 

20 Quotes tentang Guru

20 Quotes tentang Guru

Guru tidak pernah menakar keringat kepayahan.

Guru selalu mementingkan perasaan anak-anak didiknya.

Guru tidak akan menangis di hadapan muridnya.

Guru tidak akan membiarkan anaknya berselisih.

 

Guru yang baik tidak pernah mengatakan muridnya bodoh;

tapi guru yang baik selalu mengatakan

“muridku belum menguasai”.

 

Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu,

tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang hebat.

 

Guru terbaik adalah

guru yang tak kenal lelah mencari cara agar muridnya mengerti.

 

Cara Menghadapi Silent Treatment

Cara Menghadapi Silent Treatment

Saya termasuk orang yang hobi jadi silent reader di Quora. Rasanya seneng aja baca pertanyaan dan jawaban para penggunanya. Sering kali ada info baru atau pengalaman orang lain yang bermanfaat dan nambah wawasan.

Lalu suatu hari saya menemukan pertanyaan dan jawaban menarik ini di Quora:

20 Quotes tentang Janji

20 Quotes tentang Janji

Karena yang paling menyebalkan dari sebuah janji adalah:

membuat seseorang menanti dan berekspektasi.

 

Kadang, janji adalah kebohongan termanis.

 

Jangan pernah mengambil keputusan ketika sedang marah

dan jangan pernah mengumbar janji ketika sedang bergembira.

 

Pilar kepemimpinan itu ada lima;

Perkataan yang benar, menyimpan rahasia,

menepati janji, senantiasa memberi nasihat, dan menunaikan amanah.

 

Mereka yang paling lamban dalam membuat janji

adalah yang paling setia dalam melaksanakannya.

 

Etika Memberi dan Menerima Oleh-Oleh

Etika Memberi dan Menerima Oleh-Oleh

Apa yang paling ditunggu-tunggu saat seseorang bepergian ke luar kota atau luar negeri?

Mayoritas orang tidak menunggu kepulangannya, melainkan oleh-olehnya. Bawa oleh-oleh sudah menjadi budaya, suatu kewajiban tidak tertulis yang sering bikin siapa pun merasa berutang kepada orang-orang terdekatnya. Padahal, nggak ada tuh yang mengharuskan kita bawa oleh-oleh. Sering kali kita sibuk mengurus diri sendiri dan orang terdekat selama perjalanan tapi masih harus repot juga ngurusin oleh-oleh.

Karena kalo nggak bawa oleh-oleh itu ngerasa nggak enak, apalagi kalo ada keluarga, temen, tetangga, rekan kerja, atau kerabat lainnya yang udah nagih oleh-oleh bahkan sebelom kita berangkat.

20 Quotes tentang Cemburu

20 Quotes tentang Cemburu

Hidup itu jangan cemburu pada keadaan orang.

Kalau kamu ayam, jangan pingin jadi burung.

Tuhan memberi fadilat pada masing-masing.

 

Aku kuat.

Hanya saja kekuatanku pasti tiba-tiba lenyap jika sedang cemburu.

Sebab cemburu selalu menyerap energi yang berlipat-lipat.

 

Jatuh hati tidak akan pernah steril dari urusan rindu, cemburu, bahkan patah hati.

 

Banyak rasa cemburu yang kupendam,

hanya karena malas bertengkar dan takut kehilangan.

 

Maaf jika aku cemburu.

Aku hanya takut kamu jadi menjadi ragu setelah menemukan seseorang yang baru.

 

20 Tanda Bahwa Kita Mulai Tua

20 Tanda Bahwa Kita Mulai Tua

Lingkaran pergaulan mengecil.

Bahkan jadi kecil banget sampe nggak layak disebut lingkaran.

Temen-temen sekolah (dan atau kuliah) yang dulunya akrab banget mulai ilang satu per satu.

Nggak jarang pula lingkaran pergaulan cuma menyisakan anggota keluarga terdekat, antara lain pasangan, anak, orang tua, dan kakak adik.

 

Hubungan merenggang bukan satu-satunya penyebab lingkaran pergaulan mengecil.

Banyak juga orang terdekat yang mati selama momen pandemi Covid-19.

Mayoritas orang yang menjadi korban jiwa dalam pandemi meninggal secara mendadak.

 

Males banget ngadepin drama kehidupan, misalnya temen yang pinjam duit ngakunya lagi seret ternyata buat pergi healing atau bos workaholic yang maksa semua bawahannya ikut kerja gila-gilaan.

Hidup terlalu indah buat ngikutin tingkah orang-orang gila di sekitar kita.

 

Orang Gila yang Lebih Manusiawi daripada Orang Waras

Orang Gila yang Lebih Manusiawi daripada Orang Waras

It’s so damn tired to dealing with people.

Saya tuh akhir-akhir ini kayak capek aja kalau harus berinteraksi dengan orang lain. Tetep interaksi sih. Tetep berusaha sopan dan bersikap humanis sih. Namun, sejujurnya saya malah jadi lebih suka berinteraksi dengan hewan. Barangkali keliatan kayak orang gila karena suka ngobrol sama kucing atau anjing. Kegilaan ini bikin happy dan enjoy, jadi ya jalanin aja. Soalnya gimana ya, mayoritas manusia modern tuh miskin attitude, nggak tahu sopan santun. Jadi rasanya malah jauh lebih happy berinteraksi sama hewan.

Sopir Taksi Online yang Bangsat

Contohnya nih beberapa minggu lalu, saya lagi beres-beres di depan rumah di hari Minggu. Sesaat kemudian ada bapak-bapak muka songong nyetir mobil MPV lalu ngomong ke saya,

Musola di mana?”

Tanpa kata sapa, tanpa permisi, tanpa ba bi bu tiba-tiba ngomong gitu. Saya jadi terinspirasi gitu buat ngajak ribut. Jadi saya diam beberapa detik lalu jawab,

Etika Traktir Mentraktir yang Wajib Dipahami Semua Orang

Etika Traktir Mentraktir yang Wajib Dipahami Semua Orang

Saya termasuk orang yang tidak terlalu suka ditraktir. Sebab saya merasa lebih baik saya yang mengeluarkan uang untuk mentraktir daripada membuat orang lain repot membayar makanan minuman yang saya nikmati. Sesekali saya menikmati traktiran dari orang lain, tetapi tentu saja saya bertekad memberikan balasan yang pantas untuk traktiran tersebut. Kebiasaan ini membuat saya menyadari 10 etika traktir mentraktir berikut ini yang amat penting dalam menjalin relasi dengan orang lain:

  • Orang yang mentraktir tak berarti pasti punya lebih banyak uang daripada yang ditraktir. Inisiatif tersebut menandakan bahwa si pentraktir berniat menjaga hubungan baik dengan orang ditraktir. Tak perlu ragu sesekali mentraktir orang yang kondisi finansialnya berada jauh di atasmu.
  • Jangan pernah meminta traktiran kepada siapa pun, bahkan kepada keluarga atau sahabat terdekatmu sekalipun. Orang yang ingin mentraktir akan melakukannya tanpa diminta. Jadi, meminta traktiran hanya akan membuat seseorang merasa tidak enak hati lalu mungkin saja dia mentraktir karena terpaksa.
  • Kalau ada orang yang berkata ingin mentraktir, biarkan dia yang memilihkan tempat traktirannya. Jangan pernah memilih tempat traktiran berdasarkan keinginan pribadimu (apalagi yang harganya super mahal) karena hal tersebut sangat tidak sopan.

20 Quotes tentang Menangis

20 Quotes tentang Menangis

Kadang air mata adalah satu-satunya cara

bagaimana mata berbicara ketika bibir tak mampu menjelaskan

apa yang telah membuat perasaanmu terluka.

 

Kau dapat melupakan orang yang tertawa bersamamu,

tapi jangan pernah melupakan orang yang telah menangis bersamamu.

 

Ada seseorang yang menjahit tangisnya di kelopak mata

agar tak berjatuhan.

 

Bila kau pergi dengan menangis, kau akan kembali.

Bila kau pergi dengan senyuman, kau tak akan kembali.

 

Cermin adalah teman terbaikku,

karena dia tidak pernah tertawa saat aku menangis.

 

20 Quotes tentang Manusia

20 Quotes tentang Manusia

Manusia itu egois.

Datang karena sepi.

Meninggalkan karena tidak sehati.

Menjatuhkan karena terlalu baik di hati.

 

Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup

dan yang paling pahit ialah

berharap kepada manusia.

 

Permata tidak dapat dipoles tanpa gesekan,

manusia tak akan pernah sempurna tanpa cobaan.

 

Ciri kelalaian manusia adalah

sering mengeluh ketika sedang diuji

dan jarang bersyukur ketika mendapatkan nikmat.

 

Manusia ingin percaya bahwa mereka hidup dan bertindak

berdasarkan kemauan mereka sendiri.

Namun, pada kenyataannya mereka dipaksa oleh keadaan.

 

20 Quotes tentang Matahari

20 Quotes tentang Matahari

Matahari tidak akan batal terbit

hanya karena kamu enggan menghadapi hari esok.

 

Setiap matahari terbenam mengurangi satu hari kehidupan kita

tapi setiap matahari terbit memberikan kita satu hari lagi untuk berharap.

 

Kadang kau harus meneladani matahari.

Ia cinta pada bumi; tapi ia mengerti;

mendekat pada sang kekasih justru membinasakan.

 

Aku ingin menjadi awan putih di bawah sinar matahari.

Yang meski tak kau minta,

diam-diam melindungimu dari terik matahari.

 

Ketika kau melakukan sesuatu yang mulia dan indah dan tak seorang pun memperhatikan,

jangan bersedih.

Karena matahari pun tampil cantik setiap pagi

meski sebagian besar penontonnya masih tidur.

20 Quotes tentang Bunga

20 Quotes tentang Bunga

Aku tidak ingin seperti bunga

yang kau senangi ketika indah dan kau buang ketika layu.

 

Jangan bandingkan prosesmu dengan orang lain

karena tak semua bunga tumbuh dan mekar bersamaan.

 

Orang-orang optimis melihat bunga mawar, bukan durinya.

Orang-orang pesimis terpaku pada duri dan melupakan mawarnya.

 

Bila kita hanya melihat durinya saja,

kita bisa kehilangan keindahan bunga mawar dan keharumannya.

 

Sekuntum bunga tidak ingin bersaing dengan kuntum lain di dekatnya,

dia hanya mekar.

 

20 Quotes tentang Takut

20 Quotes tentang Takut

Tidak ada orang waras manapun,

yang tidak punya ketakutan terhadap apapun.

 

Janganlah takut jatuh,

karena yang tak pernah memanjatlah yang tak pernah jatuh.

Jangan takut gagal,

karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang yang tidak pernah mencoba melangkah.

Jangan takut salah,

karena dengan kesalahan yang pertama

kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar

pada langkah yang kedua.

 

Kita lebih sering takut daripada terluka,

kita lebih menderita dalam imajinasi daripada kenyataan.

 

Aku jadi takut dengan setiap perkenalan.

Takut terlalu rapat.

Takut terlalu dekat.

Takut terlalu erat.

Akhirnya dikecewakan dan dilupakan.

 

Nyatanya aku tidak takut jatuh cinta.

Yang kutakuti adalah orang yang telah kucintai dengan begitu penuh,

ternyata mencintaiku hanya separuh.

20 Quotes about Trauma

20 Quotes about Trauma

There is no timestamp on trauma.

There isn’t a formula that you can insert yourself into

to get from horror to healed.

Be patient.

Take up space.

Let your journey be the balm.

 

The scars you can’t see are the hardest to heal.

 

I can’t apologize

for the why my trauma has changed me.

 

I am not home

for somebody else’s trauma.

 

Trauma isn’t what happens to you,

it’s what happens inside you.

 

20 Quotes tentang Penyesalan

20 Quotes tentang Penyesalan

Hidup dengan penyesalan dan rasa bersalah

jauh lebih menyakitkan daripada kematian.

 

Ada suatu saat kita tidak dapat memilih yang terbaik.

Ada suatu saat di mana kita berbuat kesalahan,

dan hidup dalam kenangan penuh penyesalan.

 

Begitu banyak kata andai

untuk mengawali setiap penyesalan.

 

Penyesalan selalu datang terlambat.

Jika penyesalan datang lebih awal

maka di dunia ini tidak akan ada orang yang membuat kesalahan.

 

Kau tahu kenapa penyesalan diciptakan di akhir?

Setelah semua terlambat.

Agar kau belajar berhati-hati,

berpikir lebih matang,

memperhitungkan setiap keputusanmu.

Sebab yang terlambat menyadari, sering kali tak bisa kembali.

 

10 Rekomendasi Kado untuk Orang yang Baru Pindah Rumah

10 Rekomendasi Kado untuk Orang yang Baru Pindah Rumah

Momen apa yang biasanya bikin seseorang mendapat banyak kado?

Pada umumnya sih momen berupa ulang tahun, pernikahan, atau kelahiran anak. Namun sebenarnya budaya memberikan hadiah juga penting untuk momen lain, salah satunya ketika orang lain yang kamu kenal baru saja pindah rumah.

Sebelum saya nulis artikel ini, saya coba browsing di Google Trend tentang kata kunci “kado untuk orang yang pindah rumah”. Hasilnya ternyata nihil dong. Kata kunci “pindah rumah” didominasi semantik berupa “hari baik pindah rumah” dan sejenisnya. Ok, nggak heran sih soalnya sebagian masyarakat Indonesia masih memegang tradisi seputar hari yang cocok untuk pindah rumah.

Balik lagi ke topik awal, ngasih kado untuk orang yang pindah rumah itu menandakan kalau kamu care dengan pencapaian hidup orang-orang terdekatmu. Jadi sebaiknya jangan sampai salah pilih kado, ya. Beberapa kado berikut ini bisa dibilang cocok banget diberikan untuk orang yang baru pindah rumah:

20 Quotes tentang Pelangi

20 Quotes tentang Pelangi

Kelak akan ada pelangi setelah hujan.

Akan ada kebahagiaan setelah tangis yang panjang.

 

Jika hujan adalah kesulitan

dan matahari adalah kebahagiaan

maka kita membutuhkan keduanya untuk bisa melihat pelangi.

 

Pelangi yang muncul setelah hujan adalah janji alam

bahwa masa buruk telah berlalu dan masa depan akan baik-baik saja.

 

Karena pelangi tak akan pernah muncul tanpa gerimis dari air hujan.

Hal ini berarti takkan ada kebahagiaan tanpa penderitaan.

 

Tuhan tidak menjanjikan langit selalu biru,

tapi Ia selalu menghadirkan pelangi setelah badai berlalu.

 

20 Quotes tentang Agama

20 Quotes tentang Agama

Ilmu pengetahuan tanpa agama adalah pincang.

Agama tanpa ilmu adalah buta.

 

Agama memang menjauhkan kita dari dosa.

Namun berapa banyak dosa yang telah kita lakukan atas nama agama.

 

Orang itu kalau sudah fanatik agama kejamnya bukan main.

Kejam atas nama Tuhan,

kontradiksi yang aneh sekali,

tetapi begitulah manusia.

 

Lebih baik agama ibarat garam:

meresap, menyebar, dan memberikan manfaat di mana-mana,

tanpa kelihatan.

 

Tidak penting apa pun agama atau sukumu.

Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang,

orang tidak pernah tanya apa agamamu.

 

20 Quotes about Toxic People

20 Quotes about Toxic People

Pay no attention to toxic words.

What people say is often a reflection of themselves, not you.

 

Some of the most poisonous people

come disguised as friends and family.

 

Toxic people attach themselves like cinder blocks tied to your ankles,

and then invite you for a swim in their poisoned waters.

 

Letting toxic people go is not an act of cruelty.

It’s an act of self-care.

 

10 Quotes tentang Balas Budi

10 Quotes tentang Balas Budi

Jangan pernah mengharap balas budi dari orang yang pernah kita kasihi.

Karena sebagian dari mereka hanya peduli pada diri sendiri.

 

Tahu berterima kasih dan membalas budi adalah hal utama.

Memberi manfaat kepada orang lain

sama halnya memberi manfaat untuk diri sendiri.

 

Jangan berbuat baik agar orang utang budi,

berbuat baiklah sebagai syukur kita bisa berbuat bermanfaat.

 

Pandai bersyukur, mengingat segala kebaikan,

berterima kasih atas kesempatan,

prioritas, dan fasilitas yang pernah didapat,

lalu berpikir-berbuat yang berguna dan bermanfaat,

itu lebih dari sekadar tindakan balas budi.