Memoar, Opini, Kata Hati

Sabtu, 18 Juli 2015

7 Rahasia Sukses Mengatur Keuangan yang Patut Dipahami Semua Orang


“Never stop investing. Never stop improving. Never stop doing something new.”

Kalimat motivasi tersebut adalah kalimat istimewa dari Bob Parsons. Kalau kita merenungkan artinya, berinvestasi dalam kehidupan memang terasa sangat penting demi kemajuan diri kita dan orang-orang yang kita cintai. Bentuk investasi memang sangat beragam, mulai dari investasi ilmu hingga investasi di bidang keuangan.

Banyak anggapan kalau investasi di bidang keuangan hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah mapan. Padahal bukan cuma orang-orang yang memiliki dana berlebih saja lho yang bisa berinvestasi. Jika kita pandai mengatur keuangan, berinvestasi tak lagi jadi hal yang mustahil.


Supaya kita bisa memiliki investasi yang nilainya besar di kemudian hari, 7 rahasia sukses mengatur keuangan berikut ini tentu harus kita pahami terlebih dahulu :

Langsung Menyisihkan Gaji untuk Kebutuhan Utama

sumber :
www.Gazettereview.com


Setelah menerima gaji atau pendapatan bulanan, usahakan agar kita segera menyisihkannya untuk kebutuhan utama, ya. Kebutuhan utama yang dimaksud adalah kebutuhan untuk biaya pengeluaran rumah tangga (bahan makanan dan produk kebutuhan rumah tangga lainnya), kebutuhan untuk biaya transportasi, dan biaya untuk membayar sekolah anak (jika sudah berkeluarga).

Selain kebutuhan utama tersebut, kebutuhan untuk membayar tagihan rumah tangga seperti listrik, air, telepon dan jaringan internet juga harus diutamakan setiap bulannya.

Sisihkan Pula untuk Membayar Angsuran

sumber :
www.journalistlive.com

Jika prioritas kebutuhan utama sudah terpenuhi, selanjutnya siapkan dana untuk membayar angsuran yang sedang menjadi kewajiban kita. Biasanya angsuran untuk membayar kartu kredit, cicilan rumah, kendaraan bermotor, barang elektronik atau premi asuransi harus dibayarkan secara tepat waktu setiap bulan.

Alangkah baiknya kalau kita tidak terlambat membayar angsuran agar tak perlu membayar denda karena keterlambatan tersebut.

Memulai Investasi dari Nilai yang Kecil

sumber :
www.orori.com

Kondisi finansial kita saat ini mungkin belum memungkinkan untuk berinvestasi di bidang properti. Tetapi dengan jumlah tabungan yang ada, kita bisa memulai investasi dari nilai yang kecil. Emas adalah salah satu pilihan investasi skala kecil yang tepat. Bukan hanya bisa disesuaikan dengan jumlah uang yang kita miliki, pilihan untuk berinvestasi emas juga beragam mulai dari logam mulia hingga emas berbentuk perhiasan.

Emas berbentuk logam mulia (dikenal juga dengan istilah gold bar) adalah salah satu bentuk investasi emas yang sesuai untuk orang-orang yang tak gemar menggunakan perhiasan. Harga logam mulia kian menguntungkan bila kita membelinya dalam jumlah yang besar, misalnya 50 hingga 100 gram.

Sedangkan investasi berbentuk perhiasan emas cocok untuk kita yang suka berpenampilan mewah. Meskipun tidak memiliki kestabilan harga yang sama dengan logam mulia, perhiasan emas termasuk salah satu investasi yang menguntungkan dan mudah dicairkan saat kita membutuhkan uang.

Untuk melengkapi koleksi perhiasan emas atau logam mulia sebagai investasi, kita juga bisa memilih koleksi berlian sebagai bentuk investasi lainnya. Pergerakan nilai berlian yang tergolong stabil dan cenderung meningkat setiap tahun adalah alasan mengapa berlian yang cantik nan berkilau adalah pilihan investasi yang menguntungkan.

Berhemat Secara Konsisten Ternyata Mudah Lho

sumber :
www.financesonline.com

Banyak orang yang sibuk menghitung gaji atau pendapatan yang terasa selalu kurang. Namun sedikit sekali orang yang memilih berhemat demi menyisihkan sisa pendapatan tersebut di akhir bulan. Ada banyak sekali cara berhemat yang berpotensi menambah pundi-pundi tabungan jika dilakukan secara konsisten.

Beberapa cara berhemat yang bisa kita lakukan mulai hari ini adalah membawa bekal makanan ke tempat kerja, membatasi kegiatan nge-mall atau menonton film di bioskop, menggunakan air dan listrik secara hemat serta tidak terlalu sering berganti-ganti gadget.

Menyiapkan Dana untuk Keperluan Seasonal

sumber :
www.giftoscopia.com

Keperluan seasonal bisa didefinisikan sebagai keperluan yang akan selalu datang secara berulang setiap tahun. Beberapa keperluan seasonal misalnya saja ulang tahun orang-orang yang kita cintai, kebutuhan untuk menyambut hari raya, servis kendaraan secara berkala atau kebutuhan saat kita ingin merayakan pesta pergantian tahun.

Meski tampak sepele, dana yang disiapkan untuk keperluan bersifat seasonal akan membuat tabungan utama kita tetap utuh sehingga kita tak perlu merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk merayakan hal-hal tertentu setiap tahun.

Jangan Lupa dengan Persiapan Dana Tak Terduga

sumber :
www.hdimagegallery.com

Tidak jarang kita harus mengeluarkan dana tak terduga demi suatu hal. Misalnya ketika kita sakit namun tak memiliki jaminan asuransi kesehatan, saat harus menjenguk kerabat yang meninggal dunia, menghadiri undangan pernikahan atau saat anggota keluarga mengalami musibah kecelakaan.

Dana tak terduga yang selalu kita sisihkan setiap bulan akan menjadi salah satu bentuk antisipasi ketika kita akan menggunakannya untuk keperluan yang bersifat mendadak.

Langkah Terakhir Adalah Mencatat Anggaran Belanja Rumah Tangga

sumber :
www.bisnisukm.com

Langkah terakhir yang harus kita lakukan bila semua kebutuhan dan dana sudah dipersiapkan adalah mencatat anggaran belanja rumah tangga setiap bulan. Pencatatan harus mencakup pendapatan dan pengeluaran kita selama 1 bulan.

Pada awalnya mencatat anggaran belanja rumah tangga mungkin terasa sulit dan merepotkan. Namun dari rincian anggaran tersebut, kita akan mengetahui alur pemasukan serta pengeluaran uang dengan jelas. Kita tak akan merasa kebingungan dan berpikir kalau gaji atau pendapatan yang kita peroleh setiap bulan selalu habis tanpa sebab yang pasti.


Jikalau kita mahir mempraktikkan 7 rahasia sukses mengatur keuangan tersebut, niscaya kondisi finansial kita akan menjadi lebih stabil di masa depan. Peluang untuk memiliki investasi yang nilainya besar dapat diwujudkan kalau kita cermat mengatur keuangan secara konsisten dari sekarang. Mari mengatur keuangan dengan cermat dan pilihlah emas atau berlian sebagai investasi skala kecil yang menguntungkan !


Referensi :

Suprapto, H. (2010). Bisnis. Untung Mana, Emas Batangan atau Perhiasan?
Diakses 18 Juli 2015 dari

Sulistyoningrum, Y. (2015). Gaya Hidup. Investasi Berlian Mulai Dilirik Investor Muda.
Diakses 18 Juli 2015 dari
http://lifestyle.bisnis.com/read/20150423/220/426271/investasi-berlian-mulai-dilirik-investor-muda

Tim Female Kompas. (2012). Female/ Karir. Investasi Emas : Perhiasan atau Logam Mulia?
Diakses 18 Juli 2015 dari

Tim Orori. (2012). 4 Langkah Dewasa Mengelola Uang. Diakses 18 Juli 2015 dari

Tim Orori. (2013). Kendalikan Dirimu, Investasikan Uangmu. Diakses 18 Juli 2015 dari

Tim Orori. (2015). 3 Tips Investasi Berlian. Diakses 18 Juli 2015 dari





3 komentar:

  1. perencanaan dan tehnik menyisihkan memang baik tapi terkadang kendalnya adalah biaya hidup yang memang setara dengan gaji. jadi bagaimana mau nabung kalau biaya hidupnya sudah pas. satu-satunya cara mencari penghasil yang lebih dan lebih..hehehhe.. :)
    salam ELmoE.info

    BalasHapus
  2. Betul sekali mas El moE, yang paling utama sih sebenarnya ya mendapatkan penghasilan tambahan supaya bisa nabung tiap bulan :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

 
Copyright©Melisa