24 Things I’ve Grateful For


Dalam menjalani hidup, mungkin kita sering terlalu fokus mengejar hal-hal besar. Hingga akhirnya kita lupa bersyukur untuk hal-hal kecil yang pernah kita miliki atau rasakan. Saya rasa sesekali menengok ke belakang tentu tak jadi masalah. Karena hal tersebut bisa mengingatkan saya akan 24 hal ini. Dua puluh empat hal yang barangkali remeh bagi orang lain tetapi cukup membahagiakan bagi saya.

1. Dapet klien yang ordernya banyak, gak pelit, dan gak bawel. Pokoknya sekali kerjaan beres dan dikirim, pasti gak dibalikkin untuk revisi.

2. Gak pake kacamata sampai di umur segini. Saya ingat betul teman-teman saya sudah ada yang mulai membutuhkan kacamata sejak kelas 4 SD. Namun, saya jauh lebih beruntung karena tidak perlu bergantung dengan kacamata hingga saat ini.

3. Ketemu anak anjing gendut yang mau digendong. Iya, ketemu anak anjing acap kali lebih membahagiakan daripada ketemu tetangga. Soalnya anak anjing gak ada yang kepo kayak tetangga. Anak anjing yang lihat saya bawa-bawa kantong kresek gak akan nanya, “Ih, bawa apa tuh?”

4. Beli telur dadar yang gak ada tepungnya. Tepung terigu di dalam telur dadar itu benar-benar merusak rasa. Kalau saya mau makan tepung terigu yang dicampur telur, mending makan puyunghai atau bakwan. Karena saya penyuka telur dadar, saya bisa mengetahui telur dadar yang mengandung tepung hanya dengan melihatnya saja.

5. Bangun tidur ternyata baru jam dua subuh. Semua pasti setuju kalau bangun kesiangan adalah bencana. Saat saya bangun tidur dan ternyata baru jam dua subuh, berarti saya masih punya waktu cukup banyak untuk melanjutkan tidur. Sangat menyenangkan.

6. Dikira masih SMA. Sebenarnya tampang saya gak se-awet muda itu juga sih. Malah kadang-kadang ada yang manggil Bu, Ci, Tante, atau Mbak. Kayaknya tergantung dari raut wajah, gaya rambut, dan pembawaan saya kali ya. Bahagia karena ada orang yang nganggep saya seumuran anak SMA itu gak dosa, kan?

7. Dapet ojek online (ojol) yang abangnya gak bawel, mau nunggu dengan sabar, dan tahu jalan tikus bebas macet. Aku padamu, Bang!

8. Jalan kaki sendirian sambil dengerin musik pakai earphone. Tenang aja, saya sudah melakukan yang satu ini sejak kelas 3 SMA. Sampai sekarang sih saya belum pernah ditabrak kendaraan gara-gara asyik dengerin musik pakai earphone. Pas saya lagi gak pakai earphone, saya malah pernah diserempet truk sampai nyusruk ke trotoar kok.

9. Bikin bapak-bapak naik motor jadi gak fokus dan hampir jatuh. Saya gak tahu sih kenapa kadang-kadang ada aja bapak-bapak yang ngeliatin sampai segitunya. Mungkin si bapak belum pernah lihat manusia. Atau barangkali keluarganya juga bukan manusia. Kalau bapak sampai jatuh dari motor, itu bukan salah saya kan, Pak?

Makanya jangan sampai otak melorot ke selangkangan ya pas lagi naik motor.

10. Gak ketemu kulit ayam dalam soto. Saya tidak suka kulit ayam. Sangat amat tidak suka. Kulit ayam itu lembek-lembek, berlemak, dan bikin males. Maka berbahagialah saya bila tidak menemukan lembaran kulit ayam dalam soto. Saya hanya butuh potongan daging dada ayam yang padat dan tidak lembek.
11. Bangun kesiangan tak gak ada deadline kerjaan. Ini sih bener-bener definisi “bahagia itu sederhana”. Karena saya gak perlu heboh berlebihan kalaupun kesiangan. Masih bisa santai-santai sebelum mulai online di laptop.

12. Makan nasi goreng Cak Badrun pas malem Minggu. Nasi goreng Cak Badrun sih rasanya biasa-biasa aja. Nasinya lincah dan gak ada topping mewah kayak ayam atau seafood. Tapi nasi goreng Cak Badrun itu teksturnya kering, porsinya banyak, dan murah banget. Pokoknya Cak Badrun is the best. Makanya kedai nasi goreng Cak Badrun gak pernah sepi pelanggan.

13. Gak dikasih kue tart, cheesecake, atau sebangsanya yang mengandung banyak krim. Seriously I’don’t like cheesecake. Buat saya, cheesecake itu rasanya anyep dan gak ada faedah selain kandungan lemak yang banyak banget. Saya bukan supermodel yang anti makanan berlemak. But I think fat in cheesecake isn’t worth to eat.

14. Orang-orang terdekat ada yang inget kebiasaan saya atau hal-hal yang saya sukai. Saya tipe orang yang jarang sekali bercerita banyak, sekalipun dengan orang-orang terdekat. Jadi, saya akan merasa senang dan bersyukur kalau ada orang terdekat saya yang ingat kebiasaan atau kesukaan saya.

15. Ada diskon baju-baju hitam gede-gedean. Baju hitam itu seperti nyawa bagi saya. Rasanya ada yang kurang kalau tidak pakai baju hitam saat menghadiri berbagai acara. Saya masih ingat betul betapa kagumnya saya ketika melihat salah seorang dosen yang selalu memakai kemeja branded setiap hari. Dosen yang pernah saya idolakan. Waktu itu saya bertekad akan “mencapai” hal itu di kemudian hari. Tapi, kemeja-kemeja saya 95% berwarna hitam. Kemeja hitam polos yang kalau dipakai bergantian setiap hari bisa bikin orang mengira saya gak pernah ganti baju.
16. Bikin surprise buat orang-orang terdekat. Saya merasa seneng banget kalau berhasil bikin surprise buat orang lain. Dulu, saya pernah bikin surprise ulang tahun sahabat menggunakan lilin ulang tahun yang gak bisa mati kalau cuma ditiup. Alhasil, semua teman saya panik di kamar kos yang lumayan sempit. Setelah saya mencelupkan lilin-lilin itu ke gayung berisi air, teman-teman saya malah misuh-misuh karena takut kebakaran. Padahal saya masih asyik nyengir-nyengir ngebayangin lilin ulang tahun itu.

17. Tidur nyenyak minimal 6 jam nonstop. Saat masih sekolah, saya termasuk orang yang tidurnya kayak mayat. Walaupun ada bom meledak di kamar saya, mungkin saya gak akan bangun kalau ledakannya gak kena badan. Namun semua mulai berubah sejak negara api menyerang. Sekarang, saya lebih sering terbangun setiap 2 atau 3 jam sekali saat tidur. Hal inilah yang membuat saya bersyukur kalau bisa tidur nyenyak minimal 6 jam nonstop.

18. Muter lagi berkali-kali di iPod. Kebiasaan saya yang satu ini tidak pernah diketahui orang lain. Saya memang sering muter lagi berkali-kali di iPod. Terutama kalau lagu itu baru saya masukkin atau lagi sesuai banget dengan suasana hati.

19. Nonton film genre slasher. Dulu saya punya banyak waktu untuk nonton film bergenre slasher. Itu lho, genre sadis yang menunjukkan tubuh orang yang dipotong-potong, dimakan, atau hal menjijikkan serupa lainnya. Tapi sekarang saya sudah tidak pernah menonton film-film slasher karena sibuk ngurus kerjaan.

20. Makan ikan fillet biar gak ribet sama tulangnya. Saya termasuk orang yang suka makan ikan. Menurut saya, ikan fillet itu punya banyak kelebihan karena teksturnya tebal, lembut, dan gak bertulang. Banyak banget menu ikan fillet yang enak, misalnya steak ikan, ikan saus tomat, dan sup ikan.

21. Hujan deras subuh-subuh tapi saya gak usah pusing ngantor. Pekerjaan saya yang bisa diselesaikan secara fleksibel membuat saya tidak perlu repot memikirkan caranya berangkat ke kantor sewaktu hujan deras. Saya masih bisa bergulung-gulung di kasur ketika orang lain sibuk membungkus diri sendiri dengan jas hujan.

22. Dua keinginan saya tentang anjing ternyata bisa terwujud tanpa disangka-sangka. Waktu saya baru sanggup memelihara anjing kampung, saya mau banget punya anjing Golden Retriever yang cakep. Suatu hari, tetangga saya tiba-tiba ngasih seekor Golden betina begitu saja. Karena dia dikasih sama temennya sedangkan istrinya gak ngebolehin dia pelihara anjing di rumah. Jangan tanya soal si tetangga itu, ya. Soalnya dia udah punya istri baru, mungkin pusing sama istri lama yang bawel. *eh 
Satu lagi, ketika saya ingin punya anjing kecil betina yang namanya Kimmi. Malam itu, ada tetangga yang ngajakkin rescue anjing di lapo. Kalau tidak di-rescue, anjing yang lagi bunting itu akan langsung dimasak setelah beranak. Ternyata, anjing yang mau di-rescue itu jenisnya Beagle dan namanya Kimmi. Beagle kan jenis ras anjing yang tubuhnya kecil dan bulunya tidak panjang. Bener-bener nengok dan nurut kalau namanya disebut. Sekarang si Kimmi jadi anjing peliharaan saya. Pinter sih, tapi nakalnya melebihi anak setan. Mungkin anak setan akan minder kalau ketemu Kimmi karena kalah nakal dibandingkan dia.

23. Punya waktu lama-lama buat mandi. Kalau kerjaan lagi banyak, biasanya saya mandinya agak terburu-buru. Tapi kalau lagi santai, bisa menikmati suasana kamar mandi. Bisa mandi sambil denger musik sampai puas. Bisa creambath dan nunggu agak lama sampai krimnya meresap sempurna.

24. Last but not least, mengenal dan dekat denganmu yang mungkin sempat membaca tulisan ini. 
Terima kasih sudah jadi penawar letihku.

Terima kasih sudah mengajariku arti bersyukur yang sebenarnya.

Aku sungguh mensyukuri hari pertama aku mengenalmu. 









No comments