10 Tips Memilih Menu dan Menyiapkan Nasi Kotak


I wish somebody would look at me the way kids are looking at nasi kotak.
Iya, ngeliat nasi kotak yang masih tertutup memang selalu bikin penasaran. Mata berbinar-binar, jantung berdegup kencang, berharap kalo isi nasi kotaknya itu enak. Sayangnya, ekspektasi tak selalu sesuai dengan realita. Ada aja yang bikin kita kecewa sama nasi kotak, entah nasinya yang kaku banget kayak kerak ketek, sambel goreng kentangnya berminyak banget, atau ayam gorengnya alot persis karet sendal. Kekecewaan itu jelas gak boleh kita ulangi lagi ketika nanti giliran kita yang harus menyiapkan dan membagikan nasi kotak buat orang lain.

Memilih menu dan menyiapkan nasi kotak memang gampang-gampang susah. Namun, setidaknya 10 tips ini bakal mengingatkan kita tentang pentingnya menyiapkan nasi kotak secara cermat. Pokoknya anti kaleng-kaleng.

Memastikan Bahwa Tekstur Nasi Sudah Pas

Hal pertama yang patut jadi perhatian kita saat menyiapkan nasi kotak adalah tekstur nasi yang pas. Nasi harus terbuat dari beras pulen dan dimasak dengan takaran air yang tepat. Nasi yang pulen akan menambah kenikmatan makan. Untuk jenis nasi dengan rasa dan aroma tertentu seperti nasi uduk dan nasi kuning, takaran bumbunya juga mesti pas supaya rasa dan aromanya maksimal. Selain itu, usahakan untuk tidak membiarkan nasi berada dalam keadaan terbuka terlalu lama karena angin bisa membuat nasi berubah tekstur jadi keras dan berkerak.
Nasi yang disajikan dalam sajian nasi kotak sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan kertas pembungkuk khusus, itu lho, kertas pembungkus nasi yang biasa digunakan restoran ayam goreng fast food. Kalau gak nemu kertas kayak gitu, kita juga bisa menggunakan alternatif lain berupa daun pisang yang sudah dibersihkan. Membungkus nasi dengan daun pisang akan membuat aromanya jadi lebih istimewa dan menggugah selera. So yummy.

Memilih Wadah Makanan yang Tepat


Wadah makanan untuk nasi kotak kini semakin variatif. Kita gak cuma bisa mengandalkan box berbahan kardus, ada pilihan lain berupa kotak bento plastik atau food container plastik dengan volume tertentu. Demi mendukung gerakan bijak plastik, alangkah lebih baik jika kita menggunakan wadah yang ramah lingkungan, misalnya food container yang bisa dicuci dan dipakai lagi atau besek bambu.
Apa pun wadah yang kita pilih, pastikan bahwa wadah tersebut terlihat menarik, aman untuk makanan, dan tidak membuat isiannya mudah tumpah. Isilah wadah tersebut dengan jumlah makanan yang pas supaya isinya tidak terkesan terlalu penuh atau terlalu sedikit. Gak mau kan dianggep kopet karena ngasih nasi kotak yang isinya cuma separo?

Menyiapkan Menu Sayur yang Sedap

Memilih menu sayur yang tepat untuk nasi kotak memang tidak mudah. Satu prinsip penting yang patut dipahami adalah proses memasak sayur dengan tingkat kematangan yang pas. Sayur yang dimasak sampai overcooked (duile!) akan tampak layu dan kurang menarik. Sedangkan sayur yang dimasak undercooked akan terasa keras walaupun warnanya menggugah selera. Proses memasak yang tepat akan menghasilkan menu sayur yang tingkat kematangannya pas dan tidak mudah basi. Sebaiknya sayur tidak langsung dikemas dalam keadaan tertutup sebelum uap panasnya benar-benar hilang.
Di samping itu, menu sayur bersantan juga harus dimasak sampai benar-benar matang dalam kondisi higienis. Karena bahan yang kurang higienis atau proses memasak yang tidak matang sempurna membuat sayur bersantan rentan basi. Beberapa jenis menu sayur yang cocok untuk melengkapi isian nasi kotak misalnya:

  • Capcay
  • Tumis buncis jagung muda
  • Gulai nangka dan daun singkong
  • Tumis kacang panjang dengan udang dan tempe
  • Tumis tauge dan tahu
  • Brokoli cah udang

Memprioritaskan Lauk Berupa Daging Tanpa Tulang

Daging tanpa tulang adalah pilihan lauk terbaik yang bisa disajikan dalam nasi kotak. Seriously gak bercanda aku tuh. Ngana bisa bayangin gak betapa repotnya betot-betotan sama tulang ketika makan nasi kotak waktu meeting, pengajian, atau acara penting lainnya. Ribet, gak nikmat, dan rentan belepotan. Kalau gak mau nasi kotak pemberian kita jadi bahan ghibah, cobalah memilihkan lauk berupa daging tanpa tulang. Ada banyak banget varian lauk tanpa tulang yang bisa jadi andalan, antara lain:
  • Empal sapi dengan serundeng
  • Ayam goreng suwir
  • Ayam suwir bumbu rujak
  • Rendang sapi
  • Rolade daging sapi dengan saus yang dipisah
  • Ikan fillet asam manis
  • Tongkol suwir rica-rica
  • Ayam fillet goreng mentega
  • Semur sapi
  • Opor ayam

Mengandalkan Telur Sebagai Lauk Tambahan

Telur emang gak pernah salah. Pokoknya siapa aja suka telur, mulai dari anak-anak sampe nenek-nenek, kecuali mereka yang alergi telur. Inilah yang membuat telur selalu cocok dijadikan menu tambahan untuk melengkapi lauk nasi kotak. Selain menyiapkan daging tanpa tulang, kita bisa menambah lauk berupa telur yang diolah menjadi aneka sajian, misalnya:
  • Telur dadar iris
  • Telur balado
  • Telur bumbu Bali
  • Telur opor
  • Telur masak cabe ijo
  • Telur semur
  • Telur kari
  • Telur rendang
  • Sate telur puyuh kecap

Mencari Lauk Tambahan Selain Telur

Memadukan daging (ayam, sapi, atau ikan) dengan telur dalam satu porsi nasi kotak emang butuh biaya gak sedikit. Jadi tekor, Cin. Kalau gak pengen pake telur, sebenarnya masih banyak alternatif lauk tambahan yang harganya lebih ekonomis. Lauk tambahan yang digoreng harus dibuat dengan takaran yang pas supaya tetap renyah walaupun sudah didiamkan berjam-jam. Sementara itu, lauk yang dikukus atau ditumis juga patut dimasak sampai matang sempurna agar gak mudah basi. Mau tahu apa aja pilihan lauk tambahan selain telur? Ini dia!
  • Sambal goreng kentang (bisa ditambah pete atau potongan hati sapi).
  • Tahu dan tempe goreng + kremesan
  • Pepes tahu
  • Perkedel kentang
  • Bakwan jagung
  • Orek tempe garing atau basah
  • Semur tahu dan tempe
  • Mi goreng (OK, makan nasi kotak lauknya mi goreng itu literally look like you makan nasi lauknya nasi goreng. That’s all about carbo.Tapi, gak apa-apa. Pokoknya mah belom makan namanya kalo perut belom kena nasi.)

Jangan Sampai Ada Buah yang Nempel ke Makanan Lain

Buah dalam nasi kotak memang sah-sah saja. Ceritanya kan empat sehat (walaupun gak lima sempurna) ye kan. Tapiii, usahakan supaya tidak ada buah yang nempel langsung ke nasi, sayur, atau lauk lainnya. Itu jorok tauuu. Gak mungkin kan jeruk atau pisang itu dicuci bersih-bersih dulu sebelum dimasukkin ke nasi kotak. Siapa tau tadinya buah-buahan itu sempet dipegang orang yang abis ngupil.
Oh iya, satu lagi ya. Jangan menggunakan buah-buahan yang berair seperti semangka atau melon. Jangan juga pake buah-buahan utuh kayak nangka utuh, kelapa utuh sama sabut-sabutnya, atau duren yang belum dikupas. Pokoknya jangan.

Menyingkirkan Sup dari Daftar Rencana Isian Nasi Kotak

Sup, soto, atau makanan berkuah apa pun bukanlah isian yang tepat untuk nasi kotak. Jadi, jangan sekali-sekali memilih menu tersebut, ya. Sup dan soto itu kan enaknya dimakan dalam keadaan hangat dengan kuah yang banyak. Sedangkan nasi kotak itu harus praktis dan mudah dibawa. Menyiapkan sup atau soto dalam kantong plastik cuma bikin ribet dan nasi kotak pun jadi berat sampai sulit dibawa. Gak ada sup ya gak apa-apa, kan udah ada menu berupa olahan sayuran.

Memastikan Bahwa Nasi Kotak Siap Tepat Waktu

Punya pengalaman gak tentang nasi kotak yang belum siap saat sudah harus dibagikan?
Ini pengalaman yang bodoh banget sih. Masa iya orang-orang harus termenung cuma nungguin nasi kotak datang padahal acara sudah selesai. Harga diri woy. Sebaiknya nasi kotak siap tepat waktu, bahkan hingga satu jam sebelum mulai dibagikan.
Kalau nasi kotak akan dibagikan ke tetangga, sebaiknya dibagikan sebelum jam makan siang atau jam makan malam, kira-kira jam 11 siang atau 5 sore. Jadi, nasi kotaknya bener-bener bermanfaat buat si penerima. Penerima nasi kotak masih semangat karena belum makan.

Membawa Nasi Kotak dengan Penuh Perhatian dan Lemah Lembut

Bawa nasi kotak itu kayak memahami hati pacar, harus penuh perhatian dan lemah lembut. Bawa nasi kotak secara barbar akan bikin isiannya berantakan dan tercampur satu sama lain. Apalagi kalau sayur dan lauknya tidak dibungkus terpisah. Hasilnya, nasi kotak jadi amburadul ketika sampai ke tangan si penerima. Supaya lebih praktis, nasi kotak bisa dikemas dalam goody bag berbahan kain. Emang sih kita harus nyiapin bujet cukup banyak untuk bikin nasi kotak yang keren, rapi, dan gak gampang tumpah, tapi hasilnya pasti worth it dan gak malu-maluin.

Jadi, punya pengalaman lucu apa soal nasi kotak yang salah asuhan?



No comments