7 Tips Efektif Menjadi Fans yang Baik

 

7 Tips Efektif Menjadi Fans yang Baik

Selama beberapa waktu belakangan ini, saya iseng gabung dalam fanspage Facebook salah satu acara TV yang sejak April 2020 lalu sedang naik daun lagi di Indonesia. Rasanya ya seru aja sih bisa liat posting-an dan pembahasan tentang acara tersebut. Jadi punya temen ngobrol deh buat bahas berbagai hal mengenai acara itu. Teman satu hobi gitu deh istilahnya.

Dari fanspage tersebut saya belajar banyak hal tentang dunia fans. Ada fans yang militan banget sampe nggak mau idolanya diusik sedikit pun. Ada fans yang katro karena ngakunya ngefans tapi selalu ketinggalan berita. Trus ada juga fans yang nyeleneh karena berani nyari kontak pribadi si publik figur dan mulai mengusik kehidupan pribadinya. Namanya orang ya emang macem-macemlah ya. Walaupun penggemar acara yang sama, tapi karakter dan sudut pandangnya udah pasti jauh berbeda.

Setelah gabung dalam fanspage tersebut selama beberapa bulan, saya bisa menyimpulkan tujuh tips menjadi fans yang baik berikut ini. Sebenernya saya paham sih nggak akan ada juga yang peduli dengan tips-tips kayak gini. Namun seenggaknya jangan sampe kita jad orang aneh karena terobsesi sama publik figur atau acara tertentu, ya.

Gak Perlu Kepo Nyari Kontak Pribadi Artis

Seriusan deh hal yang satu ini bener-bener gak penting. Jangan lupa kalau artis atau publik siapa pun itu butuh privasi. Jadi, nggak usah kepo nyari kontak pribadi publik figur, kecuali ada hal-hal penting yang berkaitan dengan pekerjaan. Misalnya, mau ngajak si publik figur kerja sama bareng untuk proyek baru. Kalau sekadar mau nyapa, kamu bisa kok kontak mereka di kolom komentar atau Direct Message (DM) aja. Supaya mereka gak terganggu dengan kontak-kontak gak jelas yang menyita energi.

Ekspektasi Gak Boleh Berlebihan

Menyapa artis di kolom komentar atau DM emang sah-sah aja. Tapi, jangan terlalu ngarep untuk dapet balesan, ya. Karena mereka pasti super sibuk dan kemungkinan besar gak ngeh sama sapaan kamu. Anggep aja kamu menyapa untuk ngobatin rasa kangen. Jadi, jangan nyapa berlebihan sampe bertubi-tubi dan akhirnya malah ganggu. Santuy ajalah.

Hindari Perdebatan Sengit di Fanspage

Meskipun berada di fanspage yang sama, setiap orang pasti punya kegemaran dan idola masing-masing. Jadi kalau emang udah beda ya beda aja. Gak usah pake diributin sampe ratusan komentar segala. Sebaliknya, silakan ngomongin yang seru-seru sampe ratusan komen kalau obrolannya emang asik banget. Berantem di fanspage itu malu banget tau karena menunjukkan bahwa kamu gak tau etika menggunakan media sosial.

Live Instagram Adalah Kesempatan Menyapa Idola

Jangan lupa pantengin live Instagram (IG) kalau mau berinteraksi langsung dengan artis idolamu. Gak jarang lho artis bikin live pas gabut dengan tujuan untuk menyapa penggemarnya. Manfaatkan momen ini sebaik mungkin, ya.

Kamu boleh kok tanya apa aja yang bikin penasaran, tapi pastiin kalau pertanyaanmu sopan dan gak mengganggu privasi idolamu. Beberapa pertanyaan yang pantes ditanyain ke idola misalnya:

  • Apa makanan favorit atau hobinya?
  • Sekarang lagi sibuk ngapain aja?
  • Ada rencana project baru apa dalam waktu dekat?
  • Punya pengalaman lucu yang berkesan gak pas ketemu fans?
  • Kasih tips dong supaya (misalnya awet muda, selalu ceria, sehat meskipun super sibuk, dll)

Jangan Mengajukan Pertanyaan Nyebelin

Idolamu berhak untuk gak menjawab pertanyaanmu ketika berinteraksi langsung. Namun, sebaiknya kamu sendiri yang gak mengajukan pertanyaan nyebelin tentang kehidupan pribadinya. Beberapa pertanyaan yang gak pantes antara lain:

  • Suami/ istri/ pacarnya ke mana?
  • Boleh minta nomor WA?
  • Kok mukanya berubah sih, oplas ya?
  • Rencananya kapan kawin?
  • Ih, kok sekarang gendut/ kurus banget sih?

Jangan Baik di Depan, Nusuk dari Belakang

Gak jarang orang-orang kecewa ngelihat penampilan baru atau skandal artis idolanya. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya kamu bisa menyikapinya secara bijak. Gak perlu membela mati-matian seakan-akan idolamu gak pernah salah. Gak perlu juga menyudutkan mereka karena mereka juga punya perasaan dan butuh ketenangan. Kalau kamu emang udah gak respect sama mereka, ya udah tinggalin aja. Toh mereka juga gak minta kamu untuk ngefans sama mereka, kan. Jangan ikutan nyebarin berita buruk seandainya kamu udah gak respect sama mereka, ya.

Gak Usah Banding-bandingan Mereka dengan Orang Lain

Oh iya, kamu juga gak perlu banding-bandingin mereka dengan orang lain. Gak usah sebut-sebut kalau si X lebih cantik atau lebih baik daripada artis idolamu. Inget ya, artis juga manusia yang punya perasaan. Kalau emang ngefans, ya terima aja apa adanya. Mereka juga gak butuh pendapatmu karena mereka pun pasti berusaha menampilkan yang terbaik.

 

Jadi, apakah selama ini kamu udah jadi fans yang baik dan jauh dari kata ngeselin?

Kebaikan memang gak selalu disadari orang lain. Tapi seenggaknya kamu bisa membuktikan kalau kamu berada di kelas yang berbeda dibandingkan fans-fans lainnya.

 

No comments