30 Hal yang Menunjukkan Kamu Punya Good Attitude

 

30 Hal yang Menunjukkan Kamu Punya Good Attitude

Money can’t buy class.

Sebanyak apapun uang yang kamu punya, uang itu tidak bisa membeli good attitude yang menunjukkan kelasmu sebagai manusia. Attitude yang baik bisa ditunjukkan dari hal-hal kecil seperti yang dijabarkan oleh pemilik akun Twitter @Hensaplaz (dengan penyesuaian seperlunya) berikut ini:

  1. Jangan menelepon seseorang lebih dari dua kali secara terus-menerus. Jika mereka tidak mengangkat teleponmu, berarti mereka memiliki sesuatu yang lebih penting untuk diperhatikan.
  2. Ketika seseorang menjatuhkan sesuatu di lantai secara tidak sengaja atau menjatuhkan makanan dari piring atau tidak tahu bagaimana cara menggunakan pisau/ garpu, jangan menatap mereka.
  3. Lewati wastafel yang sedang digunakan dan jangan berdiri di sampingnya. Hal tersebut bisa membuat orang yang menggunakan wastafel merasa gelisah.
  4. Kembalikan uang yang telah kamu pinjam bahkan sebelum orang yang meminjamkannya ingat kepadamu. Perilaku ini menunjukkan integritas dan karaktermu. Sama halnya dengan benda-benda lain seperti payung, pulpen, dan buku.
  5. Jangan pernah memesan hidangan mahal ketika seseorang sedang mentraktir kamu. Jika memungkinkan, mintalah mereka memilihkan makanan untukmu.
  6. Jangan mengajukan pertanyaan canggung seperti “Oh, jadi kamu belum menikah?” atau “Apa kamu tidak punya rencana membeli rumah?” Demi Tuhan, itu bukan urusanmu.
  7. Selalu menahan pintu untuk orang yang ada di belakangmu, baik laki-laki maupun perempuan. Kamu tak akan menjadi orang rendahan hanya karena memperlakukan orang lain dengan baik di tempat umum.
  8. Jika kamu naik transportasi umum dengan seorang teman dan dia membayarnya, maka kamu harus gantian membayarnya lain kali.
  9. Bungkukkan badanmu sedikit sambil mengucapkan kata permisi saat harus berjalan melewati orang-orang lebih tua yang posisinya sedang duduk.
  10. Hormati pendapat politik yang berbeda.
  11. Jangan pernah menyela pembicaraan orang.
  12. Bila kamu menggoda seseorang dan mereka kelihatan tidak menikmatinya, hentikan dan jangan pernah mengulanginya lagi.
  13. Ucapkan terima kasih ketika seseorang membantumu atau ketika kamu membayar sesuatu kepada penjual.
  14. Pujilah orang di depan umum, sampaikan kritik secara pribadi.
  15. Hampir tak pernah ada alasan untuk mengomentari berat badan seseorang. Katakan saja “penampilan kamu udah ok”. Jika mereka ingin berbicara tentang cara menurunkan berat badan, mereka akan melakukannya sebelum kamu berkomentar.
  16. Jika kamu akan menempuh perjalanan panjang dengan transportasi umum, jangan lupa mandi sebelum berangkat. Maka orang yang duduk di sampingmu tak akan terganggu.
  17. Saat seseorang menunjukkan foto di smartphone-nya kepadamu, jangan menggeser layar ke kiri dan kanan. Kamu tidak pernah tahu apa yang terjadi selanjutnya.
  18. Jangan berusaha melihat layar smartphone, isi dompet, layar ATM, atau isi tas orang lain ketika berada di tempat umum. Kebiasaan tersebut sangat tidak sopan dan menjengkelkan.
  19. Jangan lupa mengabari orang yang mengirimkanmu paket, makanan, atau benda apapun dari jarak jauh. Ucapan terima kasih yang kamu sampaikan menunjukkan bahwa kamu menghargai si pengirim serta pemberiannya tersebut.
  20. Perlakukan petugas kebersihan dengan rasa hormat sama seperti kamu memperlakukan CEO. Tak ada yang akan terkesan melihat betapa kasarnya kamu memperlakukan orang yang posisinya berada di bawahmu. Namun, orang-orang akan memperhatikan jika kamu memperlakukannya dengan hormat.
  21. Jika seseorang berbicara langsung kepadamu dan kamu masih menatap layar smartphone, berarti kamu sangat tidak sopan.
  22. Jangan pernah memberi saran sebelum diminta.
  23. Jangan membuat rencana di depan mereka yang tidak dilibatkan.
  24. Jangan berbicara dengan seseorang yang sedang menggunakan headset.
  25. Sewaktu kamu bertemu seseorang yang sudah lama tidak kamu jumpai, jangan bertanya tentang umur atau gajinya kecuali jika mereka ingin membicarakannya.
  26. Saat seseorang menawarkan makanan kepadamu, kamu bisa mengatakan tidak dengan sopan. Namun, jangan menolak makanan itu setelah kamu mencicipi atau menciumnya. Perilaku tersebut merupakan penghinaan kepada orang yang menawarkannya kepadamu.
  27. Ketika seseorang mulai berbicara tentang penyakitnya, jangan mulai membahas tentang penyakitmu.
  28. Saat seseorang yang kamu kenal mengalami perubahan penampilan yang jelas (misalnya perubahan titik kebotakan, kenaikan atau penurunan berat badan, dan wajah berjerawat), jangan pernah mengomentari mereka sampai mereka yang mulai membahasnya denganmu. Mereka sudah tahu apa yang terjadi dengan diri mereka sendiri.
  29. Pikirkan urusanmu sendiri kecuali jika ada sesuatu yang melibatkanmu secara langsung. Jangan ikut campur.
  30. Jangan menyamakan kekuatan orang lain dengan kekuatanmu dalam menghadapi sesuatu masalah. Semua orang pasti berbeda.

No comments