Memoar, Opini, Kata Hati

Kamis, 07 Mei 2015

Memajukan Budidaya Perikanan Indonesia? Begini Lho Caranya !


Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan potensi sektor perikanan terbesar di dunia. Potensi pengembangan perikanan dengan luas daerah mencapai 193.000 Ha tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar bisa memberikan profit yang maksimal bagi negara.

Mengembangkan budidaya perikanan di Indonesia bukan sekedar menjadi tanggungjawab para pelaku budidaya saja. Sebab butuh kerjasama dari banyak pihak untuk bisa mewujudkan budidaya perikanan yang modern, efektif dan tetap ramah lingkungan.

Bagaimana cara memajukan budidaya perikanan Indonesia?


Langkah-langkah berikut ini harus dilakukan untuk mewujudkan budidaya perikanan Indonesia yang lebih maju dan berkualitas :

Peran Pemerintah Bagi Perikanan Indonesia

Sumber :

Pemerintah tentu berperan penting dalam mendukung, memberikan pengawasan dan melindungi hak-hak para pelaku budidaya perikanan di Indonesia. Setiap peraturan yang mengatur dan melindungi budidaya perikanan harus dibuat secara jelas dan rinci tanpa maksud untuk membebani para pelaku budidaya perikanan.


Disamping itu, pemerintah juga dapat memberikan penyuluhan yang bersifat edukatif bagi para penggiat budidaya perikanan yang masih menggunakan metode konvensional. Tentu saja Indonesia butuh kerjasama antar pemerintah dan para peneliti muda untuk mewujudkan budidaya perikanan yang efektif, berkualitas dan lolos kualifikasi ekspor.

Penggunaan Sistem Budidaya yang Efektif dan Modern

Proses budidaya perikanan bukan hanya bertujuan untuk memperoleh hasil dalam jumlah melimpah, namun juga harus mengutamakan hasil yang berkualitas. Hasil budidaya perikanan yang berkualitas akan membuat sektor perikanan Indonesia mampu bersaing dengan sektor perikanan dari negara-negara lain. Bukan hanya kebutuhan ekspor yang harus dipenuhi, tapi kebutuhan konsumsi ikan dalam negeri juga harus diutamakan untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan punya daya saing.

Sistem budidaya yang efisien dan modern diharapkan mampu bertahan dalam menghadapi setiap keterbatasan, baik dalam hal keterbatasan lahan maupun keterbatasan sumber daya pendukung lainnya. Tengok saja sistem mina padi di daerah Ngemplak, Yogyakarta. Sistem mina padi tersebut berhasil memanfaatkan lahan sawah padi sebagai tempat budidaya benih ikan mas. Penggunaan pupuk organik untuk mendukung pertumbuhan padi membuat benih ikan mas bisa bertahan hidup bahkan tumbuh secara maksimal.

Simbiosis mutualisme juga tercipta berkat kotoran ikan mas yang menjadi bahan pupuk alami bagi padi. Hasilnya, simbiosis yang saling menguntungkan ini tentu mampu menghasilkan komoditas padi dan ikan mas yang berkualitas. Sangat mengagumkan bukan.

Sumber :

Pentingnya Mutu Pakan Dalam Budidaya Perikanan

Tidak dapat dipungkiri kalau mutu pakan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam budidaya perikanan. Karena penggunaan pakan yang bermutu akan membuat benih ikan tumbuh secara pesat dan maksimal serta tidak rentan terkena serangan penyakit.

Pentingnya mutu pakan dalam budidaya perikanan juga menjadi fokus bagi PT. Central Proteina Prima Tbk. (CP Prima) untuk memperhatikan perkembangan budidaya perikanan di Indonesia. Berbekal sertifikasi British Retailers Consortium (BRC) untuk bidang pengelolaan keamanan dan kesehatan lingkungan, CP Prima yang juga kerap memperoleh sertifikasi internasional lainnya kini makin memfokuskan diri pada seluk beluk budidaya udang di Indonesia. Pengalaman selama lebih dari 3 dekade membuat CP Prima optimis bisa memaksimalkan penerapan metode budidaya yang sistematis dan modern.

Sumber :

Produsen dan perusahaan pengolahan udang terbesar di dunia ini bukan hanya sekedar berniat menghasilkan komoditas udang dalam jumlah yang melimpah, tapi juga berupaya menghasilkan benih udang dan produk pakan udang yang mampu menunjang kualitas komoditas udang. Untuk mewujudkan kemajuan di sektor budidaya perikanan Indonesia, CP Prima giat melakukan ekspor produk pakan udang maupun hasil olahan udang beku ke luar negeri.

Sementara untuk urusan dalam negeri, CP Prima juga sering mengadakan acara-acara yang bertujuan untuk menjalin keakraban sekaligus memberikan wawasan baru bagi para pelaku bisnis budidaya ikan. Bahkan CP Prima juga berupaya memperkenalkan pentingnya sektor budidaya perikanan berkualitas melalui sharing informasi seputar fakta unik, kandungan gizi dan proses pengolahan  hasil budidaya perikanan. Langkah yang sudah dilakukan CP Prima hendaknya menjadi motivasi bagi para pebisnis pakan ikan lainnya di Indonesia.

Siapa Bilang Masyarakat Awam Tidak Bisa Berpartisipasi?

Sumber :

Masyarakat awam yang tidak terlibat langsung dalam sektor budidaya perikanan ternyata juga bisa berpartisipasi memajukan sektor budidaya perikanan Indonesia lho. Cukup dengan rutin mengonsumsi hasil perikanan asli negeri sendiri, berarti masyarakat sudah mewujudkan upaya perbaikan bagi sektor perikanan Indonesia. Sebab ternyata hasil budidaya perikanan Indonesia tidak kalah berkualitas dan bergizi bila dibandingkan dengan komoditas perikanan impor. Diolah dengan bahan-bahan makanan yang berkualitas, hidangan dari hasil budidaya perikanan Indonesia pasti memiliki citarasa istimewa yang digemari semua orang.


Kini tentu saja pemerintah, pelaku budidaya perikanan Indonesia, produsen pakan serta masyarakat awam harus saling bahu membahu untuk mewujudkan kesejahteraan sektor budidaya perikanan Indonesia. Kalau China saja bisa mengungguli bidang ekspor perikanan hingga ke tingkat dunia, mengapa Indonesia yang menjadi produsen ikan terbesar di dunia tidak bisa melakukannya?

Maju terus budidaya perikanan Indonesia, semoga budidaya perikanan Indonesia semakin unggul dan berkualitas di masa mendatang !


Referensi :

Adisanjaya, N.N. Potensi, Produksi Sumberdaya Ikan Di Perairan Laut Indonesia dan Permasalahannya. Diakses pada 6 Mei 2015 dari

Adzkiya, N. (2015). Foto Sawah yang Penuh Ikan Di Jogja Bikin Heboh. Diakses pada 6 Mei 2015 dari

Ambara, S. (2014). Info. Potensi Kelautan dan Perikanan Indonesia. Diakses pada 6 Mei 2015 dari

Business Profile of Central Proteina Prima. Diakses pada 6 Mei 2015 dari

Deny, S. (2014). Ekonomi. Ironi, RI Jadi Produsen Ikan Terbesar Tapi Kalah Ekspor dari China. Diakses pada 6 Mei 2015 dari

Kalituri, R. Agrobisnis. Sumber Daya Perikanan Sebagai Tulang Punggung Perekonomian Indonesia. Diakses pada 6 Mei 2015 dari






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa