Jualan Makanan Online saat Pandemi Covid-19, Bagaimana Triknya?

Jualan Makanan Online saat Pandemi Covid-19, Bagaimana Triknya?

Bisnis online di bidang kuliner memang sangat diminati sejak beberapa tahun terakhir. Jika kamu menekuni bisnis online, kamu tak perlu repot cari tempat usaha yang strategis. Sebab kamu tak harus memiliki toko fisik di lokasi tertentu untuk melakukan proses operasional bisnis online.

Saat ini, jualan makanan online juga masih menjadi salah satu bidang bisnis yang bertahan di tengah masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19. Agar bisnis online-mu di bidang kuliner makin sukses dan tidak merasakan dampak buruk wabah Covid-19, jangan ragu melakukan beberapa trik ini:

Menyiapkan Pilihan Produk yang Harganya Terjangkau

Harga selalu menjadi pertimbangan utama sebelum memutuskan untuk membeli makanan secara online. Oleh sebab itu, kamu harus menyiapkan pilihan produk yang harganya terjangkau. Kalaupun produk makanan yang kamu jual memang dibanderol dengan harga mahal, kamu bisa menyiasatinya dengan menjual produk dalam kemasan kecil atau menghadirkan produk baru yang bahan bakunya lebih murah. Cara ini dapat membuat bisnismu menjangkau target pasar yang lebih luas, terutama masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Menyajikan Produk dalam Kemasan yang Higienis

Wabah Covid-19 membuat semua orang lebih berhati-hati dalam membeli produk makanan. Karena makanan yang tidak higienis bisa menjadi media penularan penyakit berbahaya. Jadi, kamu wajib memastikan kalau produkmu benar-benar bersih bila saat ini kamu sedang jualan makanan online. Gunakan kemasan makanan yang higienis untuk menjaga kebersihan produkmu. Tak ada salahnya membungkus makanan lebih dari satu kali supaya calon pelanggan benar-benar percaya dengan kualitas produk yang kamu jual.

Menyertakan Bonus dalam Setiap Pesanan Pelanggan

Bonus dalam pesanan pelanggan adalah bentuk perhatian kamu terhadap para pelanggan setia. Kamu bisa menyiapkan bonus berupa produk gratis dalam kemasan kecil untuk pelanggan yang memesan dalam jumlah banyak. Selain itu, kamu juga bisa memberikan bonus yang berhubungan dengan kesehatan, seperti masker kain atau hand sanitizer. Meskipun tampak sepele, pemberian bonus bisa membantu upaya personal branding bisnismu secara efektif.

Mengandalkan Jasa Delivery Ojek Online

Mulai sekarang, sebaiknya kamu juga bekerja sama dengan platform ojek online agar produk makananmu bisa dipesan melalui aplikasi. Strategi bisnis ini nyatanya cukup efektif untuk mempopulerkan produkmu. Nanti, para pelanggan dari tempat yang jauh juga bisa menikmati produkmu melalui pemesanan di aplikasi ojek online. Jangan ragu pula menyiapkan promo potongan harga untuk menarik perhatian para pelanggan baru. Jika reputasi produkmu di aplikasi ojek online meningkat, kesempatan untuk mendapatkan banyak pesanan akan semakin besar.

Membuat Konten Media Sosial yang Menarik

Jangan mengabaikan peran media sosial untuk mempromosikan bisnis kulinermu. Kamu harus menyiapkan akun media sosial bisnis khusus agar bisa melakukan berbagai upaya promosi secara konsisten. Mulai sekarang, sebaiknya kamu membuat konten media sosial yang menarik. Siapkan foto-foto dan video yang tampilannya berkualitas untuk menarik perhatian pengguna media sosial lainnya.

Promosi di media sosial tak harus selalu dilakukan secara hardselling. Kamu harus membuat selingan istimewa berupa konten-konten yang menghibur. Sehingga pengguna media sosial tidak mudah bosan dengan informasi yang kamu berikan. Selalu ada kejutan yang ditunggu-tunggu para followers akun bisnismu di media sosial.

 

Persaingan bisnis kuliner yang ketat bukan halangan bagimu untuk mencapai kesuksesan bisnis saat jualan makanan online. Pastikan kalau kamu menyiapkan produk kuliner yang menarik dan berorientasi pada kepentingan pelanggan. Sehingga kamu tetap bisa meraup omzet bisnis besar meskipun kondisi perekonomian sedang lesu.

 

No comments