Memoar, Opini, Kata Hati

Rabu, 30 Desember 2015

7 Kejadian Absurd yang Sering Terjadi Saat Belajar di Kelas


Berbicara tentang proses belajar mengajar di kelas seakan tak ada habisnya. Selalu ada saja cerita seru nan lucu yang setiap hari mewarnai kehidupan guru dan murid. Masa-masa sekolah memang menyenangkan dan sangat berharga. Tujuh kejadian absurd ini tentu pernah dialami oleh semua murid saat bersekolah, termasuk kamu.

Bel Pulang Berbunyi, Guru Masih Sibuk Mengajar

 

Sumber :
Instagram
 
Ketika bel pulang sudah berbunyi, rasanya kaki ini ingin segera melompat keluar kelas kemudian melesat ke rumah. Tetapi apa daya nyatanya Bu guru masih sibuk menjelaskan materi pelajaran yang belum selesai. Ekspresi murid-murid biasanya sangat variatif. Ada yang tercenung sembari topang dagu, memasang tampang keki, sibuk melihat ke luar jendela, memukul-mukul meja dengan penggaris sampai menggaruk-garuk tembok. Ups.


Teman yang Memberitahu Guru Kalau Ada PR

 

Sumber :
Instagram

Teman yang satu ini rasanya tak pantas dikategorikan sebagai teman sekolah. Karena ia lebih cocok dikelompokkan dalam golongan pengkhianat bangsa. Awalnya murid-murid sekelas sudah bernapas lega karena Pak Guru lupa dengan PR super susah yang diberikannya kemarin. Tanpa disangka-sangka, si pengkhianat mengangkat tangan dan mengingatkan Pak Guru kalau ternyata ada PR yang belum dikumpulkan. Jadi, hal apa yang pantas didapatkan oleh sang teman yang satu itu. Dirajam beramai-ramai atau diikat di pohon rambutan penuh semut rangrang?

Bu, Ehm… Eh… 

 

Sumber :
Instagram

Tidak masalah sih siapa saja guru yang sedang mengajar di kelas. Asalkan pembawaan guru tersebut bisa menghidupkan suasana kelas, proses belajar mengajar pasti berlangsung lancar. Tetapi ada sedikit perasaan canggung kalau ibu gurumu yang bentuk tubuhnya aduhai sedang menjelaskan materi untuk teman yang duduk di sampingmu. Kamu jadi khawatir kalau bokong Ibu gurumu akan mengenai… ah, sudahlah.

Saat Guru Agak Gagap Teknologi

 

  
Sumber :
Instagram

Guru yang gaptek seringkali membuat murid jadi serba salah. Apalagi kalau yang gaptek itu ternyata guru yang super baik hati, sabar, suka menolong, rajin menabung, pandai memasak. Kalau guru yang agak menyebalkan atau sombong sih bisa langsung dicemooh kalau ketahuan gapteknya (eh). 

Siapa pun gurumu, bagaimana pun sikapnya, guru gaptek tentu harus diberi tahu dengan baik dan hati-hati. Supaya gurumu jadi semakin up to date dan bisa tetap jadi sosok panutan yang berkualitas di kelas.

Karena Kelas yang Tenang Itu Hanya Mitos

 

Sumber :
Instagram

Momen janggal yang satu ini sungguh membuat hati jadi tak nyaman. Biasanya guru yang kesal dengan kelas yang ribut akan duduk diam menatap satu per satu muridnya. Jika beruntung, murid-murid akan sadar dengan perilaku diam gurunya kemudian berangsur-angsur diam seribu bahasa.

Namun sayangnya kalau murid-murid malah sering tidak peka seperti cowok yang gak peka kalau dikodein dan membiarkan gurunya duduk mematung di depan kelas. Jadi, berapa lama gurumu harus menunggu celotehanmu?

Your Voice Sounds Like Dying Walrus

 

Sumber :
Instagram

Beberapa pelajaran tertentu seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia biasanya membuat murid-murid harus lebih aktif membaca. Wacana yang ada di buku cetak harus dibaca dengan suara yang lantang dan intonasi yang jelas secara bergiliran. Celakanya, akan jadi bencana bila temanmu yang kebagian jatah membaca memiliki suara yang sebelas dua belas dengan suara anjing laut. Intonasinya sungguh tak jelas, suaranya pun seperti angin yang membelai-belai rambut.

Seisi kelas tentu hanya bisa terdiam sembari mengira-ngira sudah sampai di mana bacaan yang dibacakan oleh teman tersebut. Oh, dunia.

Kalau Habis Liburan Itu …

 

Sumber :
Instagram

Aktivitas di kelas sehabis liburan biasanya diisi dengan tugas membuat karangan mengenai liburan. Tapi tunggu dulu. Tugas itu biasanya hanya diberikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sementara untuk pelajaran hitungan, bapak ibu gurumu tentu akan menyuruhmu maju ke papan tulis untuk mengulang kembali pelajaran sebelum waktu liburan.

Keseragaman ekspresi biasanya akan tampak ketika murid yang maju ke papan tulis lupa dengan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya. Senyum manis ala iklan pasta gigi, garuk-garuk kepala sambil mengharapkan bala bantuan dari teman lainnya.


Seru ya kalau mengingat-ingat 7 awkward moment tersebut. Jadi, manakah yang pernah kamu alami? Yang pertama, yang kedua, atau bahkan semuanya?





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa