Memoar, Opini, Kata Hati

Rabu, 10 Februari 2016

Inilah 6 Jam Pelajaran yang Paling Disukai Murid



Sudah pulang sekolah?
Iya kamu, yang sedang membaca tulisan ini. Sudah pulang sekolah belum?

Kalau belum selesai belajar di sekolah, ayo sisihkan dulu smartphone-mu. Baca kembali tulisan ini setelah kamu pulang sekolah nanti. Tidak peduli kamu murid, guru atau kepala sekolah. Hihihi.

Bagi murid-murid, tidak semua jam pelajaran terasa menyenangkan. Malah tak jarang jam pelajaran yang membosankan membuat murid jadi lapar, mengantuk, ingin pulang ke rumah, ingin bobo di kasur empuk atau ingin main ke rumah teman. Loh. Tetapi setidaknya ada 6 jam pelajaran yang disukai oleh murid-murid. Dijamin pasti suka deh, mustahil kalau ada murid yang tidak suka. Berikut ini adalah ulasannya :

Jam Pelajaran Kosong

Sumber :
mememaker.net   
Murid-murid sedang merasakan kebahagiaan hakiki sebelum guru piket mengintervensi kelas yang kosong. Jam pelajaran kosong seakan jadi “surga sesaat” bagi semua murid. Biasanya jam pelajaran kosong terjadi karena guru bidang studi sedang berhalangan hadir. Sementara kalau guru kelas yang tidak hadir, maka selama sehari kelas yang bersangkutan akan diatur oleh guru piket atau guru pengganti.


Jam Pelajaran yang Seru Kalau Gurunya Asyik

Sumber :
wanna-joke.com 


Ada banyak kriteria yang membuat seorang guru bisa dikategorikan sebagai guru yang asyik. Misalnya saja jika bapak atau ibu gurumu gemar bercanda, sering mengadakan kuis seru di kelas serta tahu betul hal-hal yang bisa membuatmu dan teman-temanmu ngantuk. Di samping itu, guru yang memperbolehkanmu membuka buku saat ulangan juga tak kalah asyik, kan?

Jam pelajaran yang diisi dengan guru yang asyik tentu terasa menyenangkan. Sampai-sampai tak terasa bel pelajaran yang berbunyi pun menandakan kalau waktu belajar sudah selesai. Tak mengherankan deh jika kamu dan teman-teman lainnya begitu menantikan kehadiran gurumu yang satu itu. Karena beliau seakan punya senjata ampuh untuk membunuh waktu. Cie.

Jam Pelajaran yang Membolehkanmu Makan

Sumber :
stylepinner.com


Aktivitas makan tentu sangat ajaib. Apalagi kamu memang membutuhkannya di masa pertumbuhan. Makan di kelas selama jam pelajaran berlangsung membuatmu jadi lebih bersemangat, anti ngantuk, dan sibuk sepanjang waktu. Maksudnya, mulutmu yang sibuk mengunyah-ngunyah makanan lezat.
Jarang sekali ada kesempatan untuk makan ketika jam pelajaran berlangsung. Anak-anak balita saja boleh bermain sambil belajar. Masa kamu tidak boleh sih makan sambil belajar?

Jam Pelajaran yang Ada Praktikumnya

Sumber :
sites.psu.edu  


Serasa jadi dokter-dokteran atau ilmuwan, begitulah jadinya jikalau kamu sedang mengikuti jam pelajaran yang ada praktikumnya. Meskipun belum sampai ke tahapan membelah perut kodok, kamu pasti sudah sangat puas kan saat bersua dengan alat-alat praktikum di ruang laboratorium. Saking senangnya, kamu terlalu larut dalam suasana sampai lalai mencatat hal-hal penting yang diperoleh dari proses praktikum. Jika sudah begini, tentu teman sekelompokmu yang kesusahan.

Jam Pelajaran Olahraga

 Sumber 
 memegenerator.net  
 
Up up up. Five, six, seven, eight. Kendati kamu tidak mahir dalam pelajaran olahraga, kamu pasti gembira deh kalau bisa berlari-larian di tengah lapangan olahraga. Sensasi pelajaran olahraga itu semacam tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Nyengir sana, nyengir sini, tak lupa membeli sekantong es teh manis untuk melepas dahaga.

Tidak peduli hari sedang panas terik atau mulai gerimis rintik-rintik, hati begitu riang bagaikan tidak ingin berpisah dengan jam pelajaran tersebut. Ah, indahnya saat itu. Jangan berkecil hati kalau tidak bisa ikut jam pelajaran olahraga. Berlarian ke luar kelas setelah bel pulang berbunyi juga termasuk olahraga, kan?

Last But Not Least, Jam Pelajaran Terakhir

Sumber :
memecenter.com  

Jam pelajaran pamungkas ini begitu spesial. Setiap hari selalu ditunggu-tunggu oleh seisi kelas. Sebenarnya bukan pelajarannya yang menyenangkan, melainkan waktu belajarnya yang sudah berada di ujung jam pulang sekolah.

“Van, jam berapa, Van?”
*nengok ke jam dinding*  “Jam 2 kurang, Mel.”
“Ah yang bener? Perasaan tadi baru jam 1, dah.”
“Jam 2 kurang 50 menit” *nyengir kuda*

Setiap menit rasanya ingin selalu menengok ke arah jam dinding kelas. Menantikan kapan “bel kemenangan” itu berbunyi. Sebab bunyi bel secara mustajab mengusir kantuk dan lelah murid-murid.


Sekarang mungkin kamu sedang senyum-senyum, angguk-angguk, dan membenarkan ulasan tentang jam pelajaran ini, ya. Lelah itu manusiawi. Tetapi jangan sampai rasa lelahmu di kelas mengalahkan semangat belajarmu, ya.








 

2 komentar:

  1. Halo Melisa!

    Menurut saya jam pelajaran olahraga ketika sekolah itu yang paling menyenangkan, apalagi kalo materinya olahraga permainan seperti sepak bola, voli, basket, ato yang lainnya. Rasanya kyk jam kosong aja..hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget tuh Mas Boy :D
      Kalo lagi ujan, bisa sekalian olahraga sambil ujan-ujanan, ya.
      Seru, gak peduli diomelin guru

      Hapus

 
Copyright©Melisa