Memoar, Opini, Kata Hati

Selasa, 28 Juni 2016

Meski Bergaji Kecil, Membeli Barang Tak Jadi Soal Bagi Guru






Kebutuhan barang elektronik di zaman modern ini memang semakin banyak. Apalagi semakin kini produsen berlomba-lomba menghadirkan variasi barang yang canggih dan menarik. Semua profesi memiliki kebutuhan tersendiri. Salah satu profesi yang paling bergantung dengan perkembangan teknologi adalah guru.


Tanpa teknologi, guru akan ketinggalan zaman bahkan tidak bisa menjadi pendidik yang baik bagi muridnya. Oleh sebab itu, aneka produk elektronik dan gadget menjadi barang andalan yang menemani rutinitas guru. Selain gadget di genggaman tangan, TV di rumah dan di ruang guru pun tak boleh terlewatkan.

Pengabdian guru memang tiada duanya. Namun kalau untuk urusan gaji, masih banyak guru yang gajinya jauh dari kata layak. Gaji kecil tentu membuat para guru patut berhemat. Sewaktu hendak membeli barang elektronik yang dibutuhkan, alangkah baiknya jika para guru mempertimbangkan beberapa hal sederhana ini. 

Sesuaikan dengan Kebutuhan


Percuma membeli barang elektronik yang fiturnya wah padahal tidak terlalu bermanfaat. Hal tersebut hanyalah pemborosan yang dananya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Jadi, hal pertama yang harus dipikirkan sebelum membeli barang elektronik adalah kebutuhan utama di rumah. Tentukan ukuran dan fitur barang elektronik yang akan dibeli. Misalnya bila ingin membeli TV, tak ada salahnya memilih TV LED agar aktivitas menonton TV jadi semakin nyaman.
 

Siapkan Dulu Budget-nya



Sumber :
QuickMeme.com
 

Menentukan budget memang sangat penting ketika berencana membeli barang elektronik. Informasi mengenai harga barang tersebut bisa diperoleh secara online maupun langsung di pusat perbelanjaan. Mengumpulkan budget juga bisa dilakukan dengan cara menyisihkan pendapatan dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir. Dengan demikian, membeli barang elektronik pun tidak akan menguras tabungan.

Jangan Malas Mencari Perbandingan Harga


Barang elektronik yang dijual di toko online tak kalah istimewa dengan yang dijual di pusat perbelanjaan modern. Selain dibanderol dengan garansi resmi yang sama, barang elektronik di toko online dilengkapi dengan promo-promo menarik. Lihat saja dulu daftar harga TV LED Samsung di MatahariMall. Ragam TV LED Samsung di toko online tersebut difasilitasi dengan promo cicilan kartu kredit 0%. Sehingga membeli TV di MatahariMall membuat siapa pun bisa membayar dengan cara mengangsur.

Selalu Teliti dan Mengutamakan Garansi

 



Sumber :
MemeShappen.com

Jangan langsung sibuk menggunakan barang elektronik yang baru dibeli. Periksalah dulu apakah semua kelengkapan elektronik sudah tersedia. Di samping itu, menyimpan jaminan garansi barang elektronik juga sangat penting. Karena biaya yang harus dikeluarkan bukan hanya biaya untuk membeli barang tersebut. Melainkan juga biaya servis saat barang tersebut mengalami kerusakan. Barang elektronik yang masih dalam masa garansi bisa diperbaiki oleh produsen atau distributor resmi secara cuma-cuma. Sehingga guru bisa berhemat saat barang elektroniknya rusak.


Siap belanja secara cermat mulai hari ini?

Tak hanya guru, ulasan kali ini juga bermanfaat untuk semua orang yang ingin berhemat sekaligus mendapatkan kualitas barang elektronik terbaik. Selamat berbelanja!











2 komentar:

  1. Hai mbak mel..

    Saya juga tipe hemat dalam memilih barang.

    Apalagi barang sejenis ada yang lebih murah dari yang lebih mahal hehe..

    Mantap sharingnya.

    Salam dari Kota Intan Pari

    #Blogwalkingan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal, Mas Fikri.
      Kalo kita hemat, sisa uangnya bisa kita gunakan untuk kebutuhan lainnya ya :D

      Hapus

 
Copyright©Melisa