Memoar, Opini, Kata Hati

Rabu, 22 Juni 2016

Serba-Serbi Humblebrag dan Hubungannya dengan Anak-Anak






Pernah dengar tentang istilah humblebrag?
Istilah yang satu ini memang masih terasa asing bagi sebagian besar orang Indonesia, ya. Faktanya, meski terdengar asing sebenarnya humblebrag mulai terjadi bahkan sejak usia kanak-kanak.

Definisi Sederhana Tentang Humblebrag




Sumber :
Seattlesportsnet.com
 
Humblebrag berasal dari dua kata dalam Bahasa Inggris yaitu humble yang berarti sederhana dan brag yang berarti membual. Secara harfiah, humblebrag dapat didefinisikan sebagai tindakan mencela diri sendiri atau menunjukkan suatu kesederhanaan. Tujuan humblebrag yaitu menarik perhatian orang lain terhadap sesuatu yang sebenarnya ingin dibanggakan. Atau dengan kata lain, humblebrag adalah sombong yang terselubung.



Humblebrag Dimulai Oleh Orang Tua


Pada awalnya, orang tua yang memulai kebiasaan humblebrag. Kemudian perilaku ini diamati anak-anak kemudian mulai ditiru dan menjelma jadi kebiasaan.

“Ulangan Matematika kemarin kayaknya sudah deh, Bu. Masa hampir sekelas dapet jelek semua.”
“Oh, Andi kemarin ulangan Matematikanya dapet 90. Itu anak keterlaluan deh, kerjaannya kalo di rumah main melulu gak mau belajar.”

Sudah ketemu di mana letak keanehannya? Sebenarnya si ibu membanggakan anaknya yang mendapat nilai 90, tetapi rasa bangga itu berusaha ditutupi dengan kalimat selanjutnya. Sehingga kesannya si anak benar-benar sangat pintar karena bisa mendapat nilai bagus meskipun tidak belajar.

Benarkah Humblebrag Bisa Terjadi pada Anak-Anak?

 

Sumber :
Southloopcampusministry.blogspot.com

Tentu saja bisa. Karena anak-anak akan menjadikan perilaku orang tua sebagai teladan. Anak-anak yang sudah mengenal bualan terselubung sejak kecil kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama. Tujuannya untuk meningkatkan kebanggaaan pada diri sendiri. Hal ini akan mulai dilakukan sejak bergaul dengan teman sebaya.

“Papa aku kemarin pulang dari Singapore gak bawain oleh-oleh. Cuma bawa ini aja (nunjukkin mainan Disney asli keluaran terbaru, cokelat, gantungan kunci, dan video game). Padahal biasanya bawa oleh-oleh lebih banyaaaaaak lagi.”

Celakalah seorang anak yang terbiasa dengan humblebrag sejak kecil. Sebab lama kelamaan anak-anak jadi terbiasa untuk melakukan bualan demi bualan hanya untuk menutupi kekurangan dirinya sendiri. Semakin dewasa, anak-anak yang kerap melakukan humblebrag bisa dijauhi oleh lingkungan pergaulannya. Tentu saja karena anak tersebut dianggap hipokrit.



Situasi yang Memicu Humblebrag


Humblebrag sering dilakukan ketika orang-orang sekitar tidak memiliki informasi memadai tentang sesuatu. Misalnya ketika ada produk baru yang belum beredar secara luas. Hal ini dimanfaatkan oleh si pelaku humblebrag untuk membuat dirinya tampak lebih hebat.

“Aku kemarin baru dapet produk gratis dari Cowstyle Skin LIFE lo. Produk ini belom ada di Indo. Jadi aku dikirimin dari Jepang. Skin LIFE dibuat dari bahan alami, gak kayak produk kecantikan lain yang banyak bahan kimianya. Muka aku suka gatel-gatel merah gitu kalo pake produk sembarangan.”



Itu dia kalimat yang isinya terdiri atas sebagian fakta dan sebagian lagi humblebrag. Faktanya, Cowstyle Skin LIFE sudah beredar secara luas di Indonesia. Selain beli online di NADEKO, aneka produk Cowstyle Skin LIFE juga ada di AEON, Ranch Market, Grand Lucky, Kem Chics, PAPAYA Market city, Rezeki Supermarket, Century,Yogya Super.

Kualitas produk ini juga gak perlu diragukan lagi. Setelah penggunaan selama beberapa minggu, kulit wajah saya jadi terasa lebih lembut, lembap, dan bebas iritasi. Produk yang terbuat dari bahan alami dengan proses teknologi ini sudah membuat penampilan saya jadi makin stunning. Jadi kira-kira kapan giliran kamu yang mencoba dan memberi info tentang produk ini pada teman-temanmu?


Sampaikan informasi tentang khasiat produk Cowstyle Skin LIFE dengan cara yang benar, ya. Supaya kamu tidak dikira sedang humblebrag. Ajaklah teman atau anggota keluargamu untuk membeli Cowstyle Skin LIFE bersama-sama. Dan rasakan manfaat istimewanya untuk kulit wajahmu.











2 komentar:

  1. Baru denger istilah humblebrag mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun demikian, Mbak. Dan sepertinya emang menarik dibahas karena secara gak sadar banyak orang sering humblebrag :D

      Hapus

 
Copyright©Melisa