Memoar, Opini, Kata Hati

Sabtu, 01 April 2017

Definisi #MemesonaItu Sederhana. Perempuan Hebat Ini Membuktikannya!





Tiada yang sempurna selain Sang Maha Pencipta. Meski tak dapat mencapai tahap sempurna, menjadi pribadi yang lebih baik adalah salah satu bentuk syukur kita sebagai mahkluk ciptaan-Nya. Definisi #MemesonaItu memang sederhana. Kita bisa mempelajarinya dari sosok perempuan hebat yang ada di sekeliling kita.

Barangkali aku masih terlalu muda untuk disebut memesona. Sehingga aku memilih untuk meneladani arti #MemesonaItu dari salah satu perempuan yang kusayangi. Beliau yang kuceritakan pada tulisanku ini bernama Bernadeth. Menurutku, perempuan yang akrab disapa dengan sebutan Bu Ber ini merupakan perempuan modern dengan pesona istimewa.

Definisi #MemesonaItu ada pada dirinya. Dari Beliau, aku belajar banyak hal bahwa #MemesonaItu adalah :


Selalu Memperhatikan Kesehatan Diri Sendiri



Bagaimana bisa memperhatikan orang lain jika diri sendiri saja sering terabaikan?
Begitu kaum perempuan modern memaknai arti memesona. Karena #MemesonaItu memang bukan sekadar cantik. Melainkan juga memiliki fisik yang sehat dan bersemangat. Di usianya yang hampir menginjak kepala 6, Bu Bernadeth masih terlihat awet muda dengan postur tubuh dan berat badan ideal. 

Perempuan yang telah dikaruniai seorang cucu ini rutin melakukan aktivitas jalan pagi hampir setiap hari. Bu Ber biasanya akan bangun jam setengah 5 pagi untuk bersiap-siap jalan pagi bersama teman-temannya. Kesibukan sebagai kepala sekolah di salah satu sekolah dasar swasta di Jakarta Utara bukanlah halangan untuk hidup sehat. Bu Ber selalu mengonsumsi buah sebagai menu sarapan. Asupan karbohidrat dan lemak pun dibatasi dengan porsi seimbang agar tidak menyebabkan timbunan kalori pada tubuh.

Menjaga Penampilan Agar Senantiasa Menarik


Awet muda itu butuh usaha, ladies. Kamu tidak bisa mendapatkannya jika kamu tidak konsisten menjaga penampilan. Untuk mencegah timbulnya keriput dan masalah kulit lainnya, Bu Ber menggunakan hand and body lotion yang sesuai dengan jenis kulitnya. Menggunakan hand and body lotion di pagi dan malam hari akan menjaga kelembapan kulit secara alami. Hal yang sama juga dilakukan untuk ketika merawat kulit wajah. Hasilnya, kulit sehat dan cerah membuat penampilan Bu Ber kelihatan jauh lebih awet muda dibandingkan usia yang sebenarnya.

Meminimalkan paparan sinar matahari pada kulit juga tak kalah penting. Supaya kulit tetap sehat dan cerah karena terhindar dari dampak buruk sinar UV. Kulit sehat dan awet muda berawal dari kebiasaan sederhana yang dilakukan sedini mungkin.


Menekuni Pekerjaan Sesuai Passion



Bekerja itu bukan hanya soal menghasilkan uang, tetapi juga tentang cara meningkatkan kualitas diri. Demikianlah Bu ber memaknai pekerjaan sebagai hal yang menyenangkan dan penuh tantangan. Perempuan yang menyukai anak-anak ini sudah melabuhkan hatinya pada dunia pendidikan sejak 31 tahun lalu. Bekerja sesuai dengan passion telah membuat Bu Ber berkembang menjadi pribadi yang lebih terbuka terhadap perkembangan zaman.

Konsistensinya pun sudah berbuah manis. Karena kini Bu Ber dipercaya untuk menempati jabatan sebagai kepala sekolah. Bagi Bu Ber, jabatan tersebut adalah sebuah tanggung jawab besar. Tanggung jawab sebagai seorang pendidik senior sekaligus pemimpin yang wajib memajukan kualitas sekolah yang dipimpinnya.

Menempatkan Keluarga Sebagai Prioritas


Kesibukan apapun tidak boleh sampai mengganggu quality time bersama keluarga. Itulah hal yang menjadi prinsip Bu Ber ketika mengatur aktivitasnya. Hari Sabtu dan Minggu adalah waktu terbaik untuk berkumpul bersama keluarga. Menikmati momen weekend bersama keluarga tidak harus bepergian ke tempat yang jauh. Makan bersama di rumah atau restoran favorit menjadi rutinitas keluarga yang seru dan selalu dinantikan. Waktu bermain bersama cucu akan membuat penat dan lelah lekas hilang. Semangat untuk melanjutkan rutinitas pun akan kembali prima.

Sukses Berkarier Bersama Sahabat



Siapa bilang rekan kerja adalah musuh dalam meniti karier. Bu Ber telah membuktikan bahwa persahabatan bisa beriringan dengan karier. It’s 31 years and still counting. Sudah 31 tahun Bu Ber dan sahabatnya yang bernama Fransisca menjalin hubungan baik sebagai sahabat sekaligus rekan kerja. Bahkan kini sang sahabat menempati jabatan sebagai wakil kepala sekolah. Menua dan menapaki karier cemerlang bersama orang yang kamu cintai adalah salah satu anugerah terbesar dalam menjalani hidup.

Beda pendapat dalam persahabatan itu biasa. Berhasil mempertahankan eratnya jalinan persahabatan selama puluhan tahun, itu baru luar biasa. Jika sudah saling memahami satu sama lain, niscaya segala permasalahan dapat diselesaikan sampai tuntas.

Menjadi Pribadi yang Lebih Sabar


Suatu hari aku pernah bercakap-cakap dengan Bu Ber melalui WhatsApp. Aku memang sangat mengagumi kesabarannya.

“Aku mau seperti Ibu. Karena Ibu sabaaar banget…”
“Semua masalah pasti ada jalan keluarnya, Mel. Yang penting kita jangan emosi waktu memutuskan segala sesuatu.”

Nah, #MemesonaItu tentu bukan cuma memiliki kecantikan fisik saja. Menjadi perempuan hebat yang penuh kesabaran juga mencerminkan arti memesona yang sesungguhnya. Segala sesuatu akan tiba tepat pada waktunya. So, bersabarlah dan berpikir jernih sewaktu menghadapi permasalahan dalam hidupmu. Ada kalanya kamu mesti diam dan berhenti sejenak demi mendapatkan solusi untuk permasalahan yang tengah kamu hadapi.

Senantiasa Mandiri dan Cepat Tanggap





Bu Ber tak pernah mengeluh ketika menghadapi kemacetan setiap hari. Beliau terbiasa mengendarai mobil matic-nya sendiri ketika pergi dan pulang dari sekolah. Hal yang sama juga dilakukan ketika menghadiri acara di sekolah lain, berbelanja kebutuhan bulanan, dan bepergian bersama para sahabat. Sosok perempuan mandiri ini sangat cepat tanggap dan menghargai waktu.

Kendati punya kekurangan dalam hal memahami navigasi jalan, Bu Ber dapat menyikapinya dengan sempurna. Selain mengajak para sahabatnya yang lebih “paham jalan”, Bu Ber juga sering mengandalkan aplikasi peta online untuk membantu navigasi perjalanan. Jadi, #MemesonaItu memang soal kemandirian dan kemampuan yang baik dalam mengatasi kekurangan diri sendiri.

Murah Senyum dan Ramah Setiap Saat


Selama belasan tahun aku mengenalnya, ada satu hal yang juga tak pernah berubah dari seorang Bu Ber. Beliau adalah perempuan yang murah senyum. Seseorang yang tidak pernah ragu untuk tersenyum duluan sewaktu bertemu murid, orang tua murid, atau siapa pun yang berpapasan dengannya. Senyuman yang tak pernah sirna dari wajahnya telah membuat Beliau disegani sekaligus amat dicintai oleh orang-orang di sekitarnya.

Dengan tersenyum, orang lain yang ada di sekitarmu akan mengetahui bahwa kamu adalah pribadi yang menyenangkan dan mau membuka diri. Tak akan ada orang yang ragu menyapamu dan menjalin relasi yang baik denganmu. Jadi lebih memesona tanpa harus bayar, masihkah kamu tak mau melakukannya?

Rendah Hati dan Mau Mempelajari Hal-Hal Baru



Kesuksesan dan usia matang bukanlah alasan untuk tinggi hati dan enggan mempelajari hal-hal baru. Hingga saat ini, Bu Ber juga masih berusaha mempelajari hal-hal baru demi mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Beliau masih sering mengobrol denganku, membicarakan banyak ide segar untuk pembangunan sekolah. Masih lekat pula di ingatanku ketika Beliau ingin belajar menyajikan rapat guru dengan cara yang unik agar tidak membosankan. Sebab sebaik-baiknya manusia adalah orang yang rendah hati dan tak pernah berhenti mempelajari hal-hal baru.

Beliau secara tak langsung memberikan pelajaran kepadaku. Bahwa perempuan #MemesonaItu bukanlah menjadi sosok populer yang dikenal banyak orang. Semua perempuan bisa tampil memesona sesuai dengan karakter dirinya sendiri. Kecantikan dan pesona akan terpancar seiring dengan berjalannya waktu. Tergantung seberapa pedulinya kamu terhadap karakter dan kenyamanan dirimu.


Jangan hanya terpukau melihat sosok-sosok perempuan memesona di sekitarmu. Karena #MemesonaItu berarti menjadi diri sendiri. Kamu tak perlu mempertanyakan bagaimana caranya agar tampil lebih memesona. Lakukan saja hal-hal yang membuatmu senang dan menjadi lebih baik lagi. Merawat diri dan menjaga kesehatan juga tak kalah penting untuk memaksimalkan pancaran pesona alami dalam dirimu. Minder dan tidak yakin dengan kelebihan diri sendiri adalah sebuah kesalahan besar. Sebab #MemesonaItu adalah kamu yang percaya diri, mandiri, dan memahami cara menghargai diri sendiri.

http://www.pancarkanpesonamu.com/memesonaitu/


Charm is more than beauty.
A charming woman doesn’t follow the crowd. She is herself.
-Loretta Young-











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa