Memoar, Opini, Kata Hati

Sabtu, 14 Mei 2016

Ini Nih Pentingnya Ice Breaker untuk Murid SD




Pernah dengar tentang ice breaker?

Yes, ice breaker adalah istilah yang digunakan untuk menyebut permainan selingan di sela-sela suatu acara. Biasanya para partisipan akan mulai mengantuk dan tidak fokus di tengah-tengah acara seminar, workshop, training, dan sejenisnya. Apalagi kalau matahari makin tinggi dan perut sudah terisi penuh dengan menu makan siang. Sudah pasti mata jadi semakin berat, semacam digelayuti gorila.

Ternyata bukan hanya orang dewasa yang butuh ice breaker di tengah acara. Murid-murid SD pun juga membutuhkannya. Murid mana sih yang tidak senang jika bisa bersantai sejenak di antara jam pelajaran. Tak butuh banyak waktu kok, ice breaker selama 10 hingga 15 menit sudah cukup untuk mengembalikan mood murid-murid.

Beberapa manfaat berikut ini bisa didapat murid-murid SD melalui ice breaker di kelas :

Hidup Tak Melulu Harus Serius

 


Sumber :
dioscg.org

Kegiatan sekolah senantiasa diisi dengan aktivitas serius. Mulai dari belajar, mengumpulkan PR, mengerjakan soal latihan, hingga ulangan. Padahal hidup tak harus seserius itu, kan. Sesekali tak ada salahnya meluangkan waktu untuk santai sejenak. Sebab waktu bersantai malah bisa mendatangkan inspirasi berharga. Salah satu cara meluangkan waktu dengan positif tentu saja melalui ice breaker yang seru.

Memahami Pentingnya Manajemen Waktu

 

Guru yang memahami murid-muridnya akan memanfaatkan waktu di kelas sebaik mungkin. Ketika proses belajar mengajar sudah selesai dan masih ada sisa waktu, maka ice breaker pun bisa segera dilakukan pada sisa waktu tersebut. Murid-murid yang memainkan ice breaker mendapatkan pelajaran berharga tentang pentingnya manajemen waktu.

Kegiatan belajar mengajar harus menjadi prioritas saat berada di sekolah. Selanjutnya, sisa waktu pun bisa dimanfaatkan untuk bersantai dan bermain dengan gembira.
 

Kejutan Memang Terasa Seru

 

Sudah mulai penat belajar, rasanya seru sekali kalau tiba-tiba guru mengajak muridnya memainkan ice breaker. Seakan menjadi kejutan kecil, ice breaker yang bervariasi membuat murid jadi bersemangat menantikan kejutan-kejutan berikutnya.

Menumbuhkan Jiwa Kreativitas

 

Ice breaker membuat murid lebih kreatif menyusun strategi demi memenangkan permainan. Secara tak langsung, hal sepele ini malah memicu murid untuk berpikir secara proaktif. Kalau biasanya murid lebih sering mendengarkan dan menjalankan instruksi dari sang guru, maka ice breaker menjadi momen berharga bagi murid untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya.

Melatih Kerja Sama

 

Sumber :
memecenter.com
Hal yang satu ini nih yang tak kalah bermanfaat bagi murid SD. Mayoritas ice breaker diciptakan untuk melatih kerja sama antar murid. Karena ice breaker yang harus dilakukan dalam bentuk tim membuat murid-murid harus kompak demi mencapai kemenangan. Tanpa kekompakan dan kerja sama tim yang baik, kemenangan mustahil diraih lho.

 


Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

 

Membangun kekompakan antar anggota tim pasti membutuhkan komunikasi. Setiap murid akan belajar cara menyampaikan ide dan pendapat agar mudah dimengerti oleh murid lainnya. Bila murid sudah bisa mengekspresikan ide dan pendapatnya kepada murid lain dan guru, berarti kemampuan komunikasinya sudah semakin meningkat.

Guru Tak Identik dengan Sosok Menyeramkan

 


Sumber :
instagram.com

Selalu serius, memberi hukuman pada murid yang lalai, dan jarang tersenyum di kelas. Ah, semua stigma tentang guru tersebut bisa disingkirkan melalui ice breaker. Selama beberapa menit memandu ice breaker, guru bebas tertawa, bercanda, dan menggoda murid-muridnya. Dengan demikian, kehadiran guru tak lagi menjadi hal yang menakutkan bagi murid-murid SD. Hubungan guru dan murid pun jadi lebih erat dan membuat proses belajar mengajar semakin kondusif.


Walaupun sederhana, ice breaker yang dilakukan di tengah jam pelajaran menjadi penyegaran yang sangat bermanfaat bagi murid dan guru. Melepas penat dengan cara yang menyenangkan akan menjadi motivasi bagi murid untuk lebih bersemangat di kelas.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa