Memoar, Opini, Kata Hati

Rabu, 06 Juli 2016

10 Hal Sederhana yang (Mungkin) Bisa Membuat Kita Jadi Lebih Baik



 

Percuma jadi manusia kalau bukan manusia bermanfaat.

Pernyataan tersebut tentu terdengar kasar dan impulsif. Tetapi kenyataannya memang demikian kok. Tidak ada gunanya kita jadi manusia jika tidak bermanfaat, minimal bisa bermanfaat untuk diri sendiri. Bila sudah bermanfaat untuk diri sendiri, maka lama-kelamaan niscaya kehadiran kita juga bermanfaat bagi orang lain di sekitar kita.

Ada banyak sekali cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari kemarin. Setidaknya 10 hal sederhana ini tidak sulit dicoba dan manfaatnya tidak kalah besar dengan cara-cara efektif lainnya.


Membuat Rencana Sebelum Beranjak dari Kasur

 

Tidak masalah kalau mau bangun kesiangan dan memulai aktivitas dengan terburu-buru. Namun sayangnya, hal ini malah bikin kita jadi kurang konsentrasi dan gagal membuat rencana. Alangkah baiknya jika kita bisa meluangkan waktu 10 hingga 20 menit sebelum beranjak dari kasur. 

Gunakan waktu berharga tersebut untuk mengecek smartphone serta memikirkan rencana aktivitas hari ini. Kita patut memikirkan banyak hal seperti pekerjaan, momen penting bagi orang-orang yang kita cintai, dan keinginan untuk memanjakan diri dari kepenatan rutinitas.

Ucapkan Kata Sayang pada Orang-Orang Terdekat

 



Sumber :
blogs.thegospelcoalition.org

Mengucapkan kata sayang secara terang-terangan sungguh bukan kebiasaan yang lumrah bagi orang Asia, termasuk kita. Berat rasanya mengeluarkan kata-kata itu. Antara gengsi dan malu, semua bercampur jadi satu. Mungkin tidak ada salahnya hal ini kita lakukan dari sekarang. Dari sejak menjalin hubungan dengan pacar baru misalnya?

Kalau Terasa Susah, Lakukan Saja Via Chat

 

Masyarakat modern sih pasti tidak bisa lepas dari yang namanya gadget. Ternyata gadget juga bisa menjadi solusi untuk gengsimu. Ketika gengsi mengucapkan kata sayang secara langsung, cobalah melakukannya melalui chat. Karena tidak dilakukan secara bertatap muka, pasti hal ini sedikit lebih mudah daripada mengucapkannya secara langsung, ya.

Masih Susah Juga? Coba Bantulah Orang-Orang yang Kita Sayangi untuk Menyelesaikan Tugasnya

 


Sumber :
ashleybridget.com

Ngomong atau chat sayang ke orang-orang terdekat? Itu sih bukan “gue banget”.

Baiklah. Ini adalah hal terakhir yang bisa kita lakukan demi menunjukkan rasa sayang. Hal yang satu ini tidak sulit, hanya butuh niat dan ketulusan hati. Caranya yaitu dengan membantu orang-orang yang kita sayangi untuk menyelesaikan tugasnya. Jangan ragu membantu orang tua, kakak adik, sahabat, saudara, rekan kerja, guru, atau orang-orang terdekat lainnya yang ada di sekitar kita.

Hindari wajah masam sewaktu membantu, ya. Perlihatkan wajah yang bersahabat dan katakan bahwa lain kali kamu akan kembali memberikan bantuan tanpa merasa direpotkan.

Berhentilah Mengeluh, Setidaknya di Media Sosial

 

Mengeluh pada orang yang tidak tepat hanya akan menimbulkan sikap kepo dan tertawa penuh kemenangan. Mungkin semacam menari di atas kesusahan yang kita rasakan. Sementara itu, mengeluh pada orang yang tepat justru membuat orang tersebut menjadi ikut resah dan memikirkan keadaan kita.

Oleh karena itu, sebaiknya kita mulai berhenti mengeluh. Atau setidaknya belajar untuk meminimalkan intensitas keluhan. Paling tidak, lakukan hal ini di media sosial. Percayalah bahwa tidak semua orang merasa simpati saat melihat keluhan kita di media sosial. Sebaliknya, respon dari netizen yang lain biasanya hanya berupa rasa jijik, skeptis, sarkasme, atau tidak peduli.

Hindari Banyak Berjanji

 



Mengucapkan janji yang muluk-muluk tidak membuat seseorang kelihatan hebat. Bila tiba saatnya janji-janji itu tidak bisa dipenuhi, maka orang yang berjanji akan dicap sebagai si mulut besar. Daripada sibuk mengumbar janji, lebih baik lakukan banyak hal secara spontan dan nyata. Tak sekadar jadi kejutan bagi orang-orang terdekat, kesan gentle pun akan melekat pada diri kita.

Surprises are better than promises.

Jangan Bosan Menjadi Pendengar yang Baik

 

Orang-orang terdekat kita menceritakan banyak hal tentang hidupnya bukan tanpa dasar yang jelas. Sudah pasti mereka merasa bahwa kita adalah pribadi yang dapat dipercaya dan membuat mereka nyaman. Orang yang menceritakan masalahnya seringkali tidak butuh solusi atau ceramah dadakan. Sebab nyatanya mereka hanya butuh tempat untuk mencurahkan keresahan hati. Setelah bercerita, mereka akan merasa lebih lega dan mampu berpikir lebih jernih.

Tugas kita sebagai orang yang mendapat kepercayaan itu hanyalah menjadi pendengar yang baik. Tidak perlu memberikan saran jika tidak diminta. Cukup tersenyum atau katakan kalau kita akan senantiasa ada.

Luangkan Waktu untuk Sendirian




Sumber :
theodysseyonline.com

Banyak sekali hal yang bisa kita pikirkan saat sedang sendirian. Kita bisa memikirkan tentang pencapaian hidup yang sudah kita raih atau tentang keinginan yang menunggu untuk diwujudkan. Sendirian akan membuat kita lebih fokus memikirkan hal-hal yang sudah kita perbuat. Sehingga kita bisa melakukan refleksi dan koreksi diri secara efektif untuk kebaikan diri kita sendiri.

Ucapkan Kata Tolong untuk Minta Pertolongan Sekecil Apa Pun

 

“Tolong ambilin pulpen dong di kolong meja.”
“Nanti tolong matiin lampu pas keluar, ya.”

Bagaimana kedengarannya? Lebih manis bukan? Kayak ada manis-manisnya gitu?

Buat orang yang tidak terbiasa dengan kata tolong, rasanya memang aneh ketika mengucapkannya. Tetapi percayalah bahwa mengucapkan kata tolong sudah menunjukkan bahwa kita adalah pribadi yang baik. Mengucapkan kata tolong itu tidak perlu bayar lo. Maka kita tidak perlu ragu untuk mengucapkannya kepada orang lain.

Segera Ucapkan Terima Kasih Atas Segala Pemberian Orang Lain




Sumber :
BusinessNewsDaily.com

Jangan cuma mengucapkan terima kasih ketika bertatap muka dengan orang lain dan diberi sesuatu. Ucapkan terima kasih juga kepada mereka yang mengirimimu paket dari jauh atau mereka yang memberi saran dan usulan. Segera hubungi mereka yang sudah memberikan sesuatu untuk kita. Karena tidak ada kata yang lebih mulia daripada kata tolong dan terima kasih.

Yakinlah bahwa semua orang bisa melakukan 10 hal ini. Kita semua pasti punya kepribadian yang unik. Ada yang ceria, heboh, dingin, cuek, penyendiri, tegas, dan masih banyak lagi. Tetapi selama masih jadi manusia, maka kesepuluh hal sederhana tersebut akan bikin kita menjadi manusia yang lebih baik dan menyenangkan dari hari ke hari.



Tentu saja saya masih jauh dari kata baik. Namun saya ingin berusaha semampunya menjadi pribadi yang lebih baik lagi bagi diri sendiri dan orang-orang terdekat. Pasti kita semua mau melakukan hal yang sama, kan?














7 komentar:

  1. hemmm...sebenarnya bs di mulai dr hal2 yg sepele ya mbak
    tapi kita kadang tidak menyadarinya

    terima kasih untuk sharingnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, Bun.
      Kadang-kadang kita malah lupa sama hal-hal sederhana.
      Tapi memang bahagia itu kan sederhana :D
      Terima kasih sudah mampir, Bun :)

      Hapus
  2. Jangan bosan menjadi pendengar yang baik!Itu yang paling sulit dilakukan. Hanya orang-orang terpilihlah yang beroleh karunia itu.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Oh iya bener Mbak...
      Berbuat dalam kebaikan belum aku tulis ya...
      Jadi ada 11 sebenernya :)

      Hapus
  4. Daripada menulis keluhan di medsos....mendingan tulis di buku harian dulu deh. Ntar dikembangkan jadi cerpen, novel, atau utk ikut lomba blog kalo temanya pas ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ditulis di buku harian, curhat dan galaunya jadi lebih bermanfaat ya, Mbak. Kita jadi produktif :D

      Hapus

 
Copyright©Melisa