Memoar, Opini, Kata Hati

Selasa, 20 Juni 2017

Serba-Serbi Pendidikan Anak Perihal Kewajiban Bayar Zakat





Banyak sekali hal yang mesti kita pelajari sebagai seorang muslim yang baik. Agama Islam bukan hanya mengenai hubungan kita dengan Sang Pencipta. Melainkan juga tentang hubungan kita dengan sesama manusia.

Oleh karena itu, kewajiban membayar zakat bukan sekadar bentuk sedekah wajib. Kita juga menyisihkan rezeki melalui zakat untuk kepentingan sesama yang membutuhkan. Jadi, kita juga harus mengajarkan hal ini kepada anak-anak. Pastikan bahwa nanti kita melakukan beberapa hal ini ketika mendidik anak tentang kewajiban bayar zakat :

Pelajari Dulu Tentang Berbagai Jenis Zakat

Kita bisa mengajarkan anak tentang zakat jika kita sudah memahaminya terlebih dahulu. Jadi, carilah banyak referensi terpercaya seputar zakat. Agar nanti kita tidak kesulitan memahami jenis-jenis zakat yang wajib dibayarkan. Kita pun tak akan bingung saat harus menjelaskan tentang zakat kepada anak.

Menjelaskan dengan Bahasa yang Mudah Dimengerti

Sering kali orang tua kesulitan menjelaskan sesuatu kepada anak-anak karena penggunaan bahasa yang terlalu berat. Jadi, usahakan untuk menjelaskan tentang zakat dengan bahasa yang simpel dan mudah dipahami. Karena anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, pasti anak-anak akan menanyakan banyak hal yang belum diketahuinya. Kita harus lebih telaten dan tricky mengahadapi semua pertanyaan anak.

Menjadi Teladan yang Baik 


Kids learning by your example, not by your opinion.


Sebagai orang dewasa, tentu saja kita wajib menjadi teladan yang baik bagi anak-anak. Karena anak-anak akan meniru perbuatan yang kita lakukan, termasuk untuk urusan bayar zakat. Jangan ragu mengajak anak-anak untuk mengetahui proses bayar zakat secara detail. Sehingga nanti anak-anak jadi terbiasa mengenal kewajiban bayar zakat sedini mungkin.

Mengajak Anak Saat Bayar Zakat Secara Online

Kini membayar zakat tidak harus dilakukan secara manual. Kita juga bisa membayar zakat melalui online, salah satunya dengan fasilitas bayar zakat yang ada di MatahariMall. Jadi, kita bisa mengajak anak untuk ikut menyaksikan proses pembayaran zakat via online. Agar anak-anak memahami bahwa membayar zakat bisa dilakukan secara praktis dan cepat di zaman modern ini.


Pendidikan tentang zakat akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan murah hati. Kepribadian berbudi luhur tersebut tentu mesti dimulai dari kita sebagai teladan yang baik di masa kini.

Bukankah memiliki buah hati yang cerdas dan berbudi pekerti luhur tentu sangat membanggakan?









 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa