Fill Eat Chicken: Bisnis Franchise Populer Pelopor Rice Bowl Sambal Nusantara

 

Fill Eat Chicken: Bisnis Franchise Populer Pelopor Rice Bowl Sambal Nusantara

Apa yang ada di benakmu saat mendengar kata “bisnis kuliner”?

Bisnis kuliner memang merupakan bidang usaha yang selalu berkembang pesat karena dibutuhkan semua orang. Demand bisnis ini terbilang besar dan berlangsung sepanjang waktu. Namun, bukan berarti bisnis kuliner itu mudah lho. Tak sedikit usaha kuliner yang terpaksa gulung tikar karena tidak disertai perencanaan matang dan eksekusi yang tepat. Kalau kamu ingin merintis usaha di bidang tersebut, tak ada salahnya memilih model bisnis kemitraan (waralaba atau franchise) supaya tidak repot menyiapkan rencana bisnis. Untuk urusan bisnis franchise, Fill Eat Chicken bisa menjadi solusi yang tepat untukmu.

Mengenal Latar Belakang Fill Eat Chicken

Fill Eat Chicken adalah bisnis waralaba kuliner yang menjadi pelopor rice bowl sambal nusantara. Meskipun kini sudah meraih kesuksesan dan popularitasnya kian meningkat, perjuangan Fill Eat Chicken untuk bertahan di bidang bisnis kuliner tidak selalu mulus. Bisnis makanan populer ini diprakarsai 3 orang founder, yaitu Muhammad Alfian Perdana (Chief Executive Officer atau CEO), Bayu Dwi Respati (Chief Financial Officer atau CFO), dan Susana Eliyanti (Product Development). Ketiga sahabat tersebut mendapatkan pendanaan dari investor pada April 2020 dan berinisiatif merintis bisnis kuliner.

Sebelum menjadi bisnis waralaba makanan yang punya banyak mitra, awalnya Fill Eat Chicken baru memiliki 3 outlet di Jakarta dengan konsep bisnis cloud kitchen pada Mei 2020. Semua proses operasional dikerjakan di rumah dan mengandalkan aplikasi ojek online untuk urusan pemesanan dan delivery. Sayangnya, perencanaan bisnis yang kurang matang membuat laporan keuangan Fill Eat Chicken saat itu terbilang tidak sistematis bahkan cenderung merugi. Pihak investor menilai Fill Eat Chicken tidak potensial menghasilkan keuntungan sehingga brand tersebut diharuskan mengembalikan pendanaan yang telah diterima.

Berawal dari pengalaman pahit tersebut, tim Fill Eat Chicken berupaya keras membangkitkan bisnis demi membayar utang kepada investor. Sistem manajemen dan pengelolaan finansial terus diperbaiki agar bisnis menjadi lebih efisien. Brand waralaba populer ini juga berusaha memperkenalkan produknya secara menarik kepada khalayak ramai. Kekeliruan yang terjadi di awal bisnis justru membuat tim Fill Eat bertekad melakukan perbaikan berkesinambungan demi mencapai kesuksesan bisnis. Akhirnya, Fill Eat Chicken membuka kesempatan waralaba pada Agustus 2020. Tak disangka, strategi bisnis yang tepat dan upaya promosi melalui media sosial membuat Fill Eat Chicken membuahkan hasil besar. Banyak orang tertarik menjadi mitra waralaba Fill Eat. Saat itu, Fill Eat Chicken tak hanya berhasil melunasi utang investor sebelum jatuh tempo tetapi juga mampu mengembangkan bisnis secara cepat di area Jabodetabek. Terhitung sejak November 2020, Fill Eat Chicken resmi berada di bawah naungan PT Multi Kuliner Nusantara.

Apa yang Membedakan Fill Eat Chicken dengan Waralaba Lainnya?

Tadinya, Fill Eat Chicken memiliki menu andalan yang terbuat dari fillet ikan dori dan fillet ayam. Namun, mayoritas orang ternyata lebih menyukai ayam sehingga tim product development Fill Eat fokus mengembangkan menu ayam crispy. Penggunaan ayam crispy tanpa tulang dipilih karena lebih praktis sehingga hidangan Fill Eat dapat disantap kapan saja dan di mana saja tanpa repot menyisihkan tulang. Ayam adalah bahan dasar yang kaya gizi dan disukai semua kalangan usia. Latar belakang tersebut membuat produk Fill Eat Chicken mudah diterima seluruh kalangan masyarakat. Mitra franchise pun tak perlu repot mengedukasi masyarakat tentang keunggulan produk-produk Fill Eat.

Beberapa keunggulan yang membedakan Fill Eat Chicken dengan Waralaba lainnya, yaitu:

  • Omzet terbilang stabil dan tetap laku saat pandemi dengan keuntungan mencapai jutaan rupiah per bulan.
  • Cita rasa produknya sesuai dengan selera masyarakat tanah air.
  • Proses operasional bisa dilakukan di mana saja (rumah, ruko, atau foodcourt) tanpa harus menyewa lokasi usaha khusus.
  • Tak membutuhkan keterampilan memasak untuk merintis bisnis waralaba Fill Eat Chicken. Semua bahan baku sudah dikemas (ayam crispy, sambal, dan kremesan). Kamu tinggal memanaskan ayam crispy dan menatanya bersama nasi, kremesan, serta telur ceplok pada bowl yang sudah disiapkan.
  • Promosi akan dibantu oleh tim Fill Eat Chicken pusat sehingga peluang mendapatkan banyak pelanggan semakin besar.
  • Bebas biaya pendaftaran aplikasi delivery makanan via ojek online (GoFood, GrabFood, Shopee Food, dan Traveloka Eats).

Mengenal Aneka Menu Makanan Fill Eat Chicken

bisnis franchise waralaba menu fill eat chicken

Menu makanan Fill Eat Chicken terdiri dari dua pilihan, yaitu Fill Eat Sambal dan Fill Eat Bento. Fill Eat Sambal terdiri dari nasi, potongan ayam crispy, kremesan, telur ceplok, dan satu pilihan sambal (matah, korek, geprek, atau ireng). Sedangkan menu Fill Eat Bento terdiri dari tiga pilihan, yaitu paket egg chicken roll + shrimp roll, paket egg chicken roll + spicy roll, dan paket chicken katsu + telur. Sensasi rasa makanan khas istimewa ala Fill Eat dijamin bikin siapapun yang mencobanya jadi ketagihan. Tak hanya nikmat disantap bersama keluarga di rumah, aneka paket menu Fill Eat yang praktis dan lezat juga cocok untuk berbagai acara seperti meeting, syukuran, ulang tahun, dan bekal untuk berwisata.

Pilihan Paket Franchise yang Bisa Disesuaikan dengan Bujetmu

Ada tiga pilihan paket franchise Fill Eat Chicken yang bisa kamu pilih sesuai bujet dan kebutuhan, yaitu: 

Paket Silver dengan biaya hanya 9,9 juta rupiah yang mencakup:

  • Stok 100 porsi (+menu bento)
  • Peralatan masak
  • Roll up banner + spanduk
  • Free pendaftaran GoFood, GrabFood, Traveloka Eats, dan Shopee Food (aktif dalam 1-2minggu).
  • Signage imfraboard
Paket Gold dengan biaya hanya 11,9 juta rupiah yang mencakup:
  • Stok 100 porsi (+menu bento)
  • Peralatan masak
  • Roll up banner + spanduk
  • Free pendaftaran GoFood, GrabFood, Traveloka Eats, dan Shopee Food (aktif dalam 1-2minggu).
  • Signage imfraboard
  • Deep fryer 7 liter.
Paket Platinum dengan biaya hanya 17,9 juta rupiah yang mencakup:
  • Stok 100 porsi (+menu bento)
  • Peralatan masak
  • Roll up banner + spanduk
  • Free pendaftaran GoFood, GrabFood, Traveloka Eats, dan Shopee Food (aktif dalam 1-2minggu).
  • Signage imfraboard
  • Deep fryer 7 liter.
  • Freezer RSA 100 liter.
  • Tablet 8 inch.
  • Printer thermal bluetooth.

Masih Ragu dengan Konsep Cloud Kitchen? Kamu Bisa Pakai Booth Container!

Fill Eat Chicken Bisnis Franchise Populer Pelopor Rice Bowl Sambal Nusantara

Hingga saat ini, masih banyak orang yang ragu dengan konsep cloud kitchen karena dianggap kurang menarik. “Gimana ada yang beli, wong tempat usahanya aja nggak keliatan”.

Nah, kamu tak perlu khawatir karena tim Fill Eat sudah menyiapkan solusinya untukmu. Kamu bisa request booth container jika ingin menjadi mitra waralaba Fill Eat. Nanti, kamu hanya perlu menambah biaya sebesar 20 juta untuk mendapatkan booth tersebut. Misalnya, kamu harus menyiapkan bujet 37,9 juta rupiah bila ingin mengambil paket kemitraan platinum yang dilengkapi booth container (paket Platinum 17,9 juta rupiah + booth container 20 juta rupiah).

Konsep bisnis kuliner dengan booth container cocok banget untuk kamu yang punya lokasi usaha strategis, misalnya di halaman ruko, foodcourt, mall, dan tempat ramai pengunjung lainnya. Nah, sekarang kamu pasti makin tertarik kan dengan peluang kerja sama yang ditawarkan Fill Eat Chicken?

Kalau sudah punya bujet yang memadai, jangan tunda niat untuk merintis bisnis kuliner, ya. Yuk, cari tahu info lengkap tentang Fill Eat Chicken dengan mengakses website-nya: https://filleat-chicken.com/

Hingga Maret 2021, Fill Eat Chicken sudah punya 102 mitra waralaba di kawasan Jabodetabek, Bengkulu, Balikpapan, Malang, Bandung, Medan, dan Semarang. Kini, giliran kamu yang menghadirkan outlet Fill Eat di kotamu!

No comments