Tips Sukses Merintis Bisnis Sampingan Bagi Karyawan Kantoran

 

waralaba fill eat chicken

Menjadi karyawan tetap memang menyenangkan karena kondisi finansial relatif stabil. Kamu akan mendapatkan gaji bulanan dengan jumlah tetap setiap bulan sehingga segala kebutuhan pribadi dan keluarga bisa terpenuhi. Namun, jangan cepat berpuas diri dengan keadaan tersebut, ya. Sebaiknya kamu merintis bisnis sampingan agar penghasilan bulanan berlipat ganda.

Bisnis sampingan bagi karyawan kantoran tidak boleh dijalankan sembarangan. Sebaiknya kamu mengikuti beberapa tips ini agar rencana bisnis sampingan bisa direalisasikan secara lancar:

Menyiapkan Modal yang Memadai

Modal bisnis sampingan sebaiknya berasal dari uang dingin. Uang dingin adalah istilah untuk menyebut uang tabungan di luar dana darurat, investasi, dan simpanan untuk kebutuhan lainnya (misalnya tabungan pendidikan anak). Dengan demikian, usaha sampingan yang tidak berjalan lancar tidak akan membebani kondisi finansialmu. Selain itu, modal bisnis juga bisa diperoleh dari hasil patungan dengan anggota keluarga atau sahabat sehingga jumlahnya relatif besar dan dapat dimanfaatkan untuk merintis bisnis bonafide.

Menentukan Jenis Bisnis yang Tepat

Kalau sudah menyiapkan modal yang jumlahnya memadai, selanjutnya kamu patut menentukan jenis bisnis yang ketat. Jangan sembarangan menentukan jenis bisnis karena hal ini berkaitan erat dengan keberlangsungan usaha yang kamu rintis. Beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan saat memilih jenis bisnis yaitu:

  • Memprioritaskan jenis bisnis yang sesuai dengan minat dan bakatmu, contohnya bisnis kuliner bila kamu suka makan dan memasak atau bisnis tanaman hias jika kamu gemar berkebun.
  • Merintis bisnis yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang, misalnya bisnis kuliner yang selalu diminati karena bersifat kebutuhan utama sehingga repeat order-nya tinggi.
  • Mempertimbangkan tren yang digandrungi masyarakat di masa kini dan masa depan. Salah satu contoh konkretnya adalah masyarakat modern menyukai produk kuliner yang lezat, praktis, dan sehat agar mudah disantap ketika sibuk.

Menjalin Relasi Profesional dengan Banyak Orang

bisnis sampingan franchise fill eat chicken

Jangan mengabaikan manfaat jalinan relasi profesional bagi kelangsungan bisnis sampinganmu. Kamu bisa mendapatkan referensi atau pelanggan baru dari jalinan relasi tersebut. Jadi, kamu harus berhubungan baik dengan banyak orang di lingkungan kerja, tempat tinggal, maupun lingkungan pergaulan lainnya. Jika kamu memiliki jalinan relasi yang luas, kemungkinan besar bisnis sampinganmu akan lebih cepat populer dan mampu menyaingi kompetitor.

Memanfaatkan Media Sosial Semaksimal Mungkin

Kekuatan media sosial untuk mendukung bisnis memang tak boleh dianggap remeh. Kamu harus menggunakan media sosial semaksimal mungkin agar bisnis sampingan semakin laris manis dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Membuat akun media sosial khusus bisnis.
  • Mempromosikan produk atau jasa bisnismu secara rutin di media sosial.
  • Mengadakan giveaway berhadiah produk atau jasa supaya bisnis sampinganmu semakin populer di kalangan warganet.
  • Melakukan endorsement untuk para influencer (selebriti tanah air, selebgram, vlogger, atau seleb Tiktok) supaya bisnismu semakin terkenal.
  • Membagi informasi tentang promo menarik (diskon, cashback,bonus, dan lainnya) melalui media sosial.

Membagi Waktu Secara Disiplin

Fokus menjalani usaha sampingan tak boleh membuatmu mengabaikan pekerjaan utama. Kamu harus tetap memprioritaskan pekerjaan utama dibandingkan bisnis sampingan. Itulah sebabnya kamu membutuhkan model bisnis yang bisa dikelola secara praktis dan dukungan keluarga agar kamu tidak terlalu kerepotan. Jika anggota keluarga dapat membantumu mengelola bisnis sampingan, niscaya kamu bisa tetap fokus menekuni pekerjaan utama tanpa mengabaikan profesionalitas kerja.

 

Salah satu jenis bisnis sampingan yang cocok bagi karyawan kantoran adalah bisnis kuliner berkonsep franchise (waralaba). Tim manajemen pusat akan menyiapkan segala kebutuhan bisnis dan mendukung proses promosi sehingga kamu hanya tinggal melakukan proses operasionalnya saja. Kini, ada Fill Eat Chicken, waralaba bisnis kuliner yang bisa kamu andalkan bila ingin merintis bisnis sampingan.

 fill eat chicken

Fill Eat Chicken adalah waralaba kuliner pelopor ricebowl sambal nusantara yang sudah memiliki 100 outlet hingga Maret 2021. Outlet Fill Eat Chicken tersebar di berbagai kota besar Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan, dan masih banyak lagi. Produk Fill Eat terdiri dari varian rice bowl yang terdiri dari nasi, ayam fillet yang digoreng tepung, telur ceplok, dan aneka pilihan sambal.

Ada tiga paket kemitraan waralaba Fill Eat Chicken yang bebas kamu pilih sesuai bujet, yaitu Paket Silver (mulai dari 9,9 juta rupiah), Paket Gold (11,9 juta rupiah), dan Paket Platinum (17,9 juta rupiah). Tim Fill Eat Chicken Pusat akan membantu proses pendaftaran GoFood, GrabFood, ShopeeFood, dan Traveloka Eats sehingga kamu tidak perlu repot melakukannya sendiri. Kamu bisa menjalankan bisnis kuliner ini dari rumah atau sewa tempat di lokasi strategis tanpa mengganggu rutinitas pekerjaan utamamu.

Yuk, cari tahu info selengkapnya di website Fill Eat Chicken agar kamu makin yakin merintis bisnis waralaba kuliner berkonsep modern tersebut. Waralaba Fill Eat Chicken adalah jalan ninja berbisnis kuliner anti ribet yang siap membantumu mendapatkan keuntungan besar.

No comments