Hidup Makin Berseri-Seri bersama Kampung Berseri Astra Pinang



Anda pernah mendengar tentang Kampung Berseri Astra (KBA)?
Konsep penataan kampung tersebut merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Astra Internasional. Ada empat pilar yang mendasari tanggung jawab sosial Astra dalam membangun KBA, yaitu:

  • Kesehatan (Astra untuk Indonesia sehat.)
  • Pendidikan (Astra untuk Indonesia cerdas.)
  • Lingkungan (Astra untuk Indonesia hijau.)
  • Kewirausahaan (Astra untuk Indonesia kreatif.)

Di antara puluhan KBA yang tersebar di berbagai provinsi tanah air, KBA Pinang merupakan salah satu yang menonjol di daerah penyangga ibu kota. KBA tersebut terletak di kompleks Pinang Griya Permai, Kota Tangerang.

Perubahan apa saja yang terjadi sejak kawasan tersebut dikembangkan menjadi KBA?

Kampung Menjadi Asri dan Bebas Banjir

Dahulu, kawasan Pinang memang dikenal sebagai salah satu daerah langganan banjir di Kota Tangerang. Musim hujan selalu membuat warga merasa gelisah. Namun, hal tersebut tak terjadi lagi sejak Astra mendukung program KBA di kawasan tersebut. Para warga diarahkan untuk gotong royong melakukan normalisasi sungai, membersihkan semua selokan, dan membuat sodetan untuk meminimalkan banjir.
Hasilnya, kawasan tersebut menjadi daerah bebas banjir. Lingkungannya pun tertata rapi dan dilengkapi hasil penghijauan dan penataan yang dilakukan para warga. Risiko gangguan kesehatan akibat banjir dan tumpukan sampah pun semakin berkurang.

Budi Daya Lele Organik

Program lainnya yang menjadi unggulan warga Pinang adalah budi daya lele organik. Seorang wanita pensiunan bernama Susiharti menjadi pelopor budi daya lele organik di KBA Pinang. Usaha budi daya tersebut sudah dimulai sejak 1 Oktober 2017. Wanita yang akrab disapa Bu Pangkat tersebut awalnya belajar budi daya lele organik dari kenalannya yang tinggal di Bogor. Selanjutnya, proses budi daya mulai dilakukan dengan memanfaatkan halaman rumah.
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk budi daya lele organik ternyata cukup simpel. Bu Pangkat menyiapkan kolam terpal, bak keramba, dan bak karantina untuk proses pertumbuhan lele. Selama proses pertumbuhan lele berlangsung, lele harus diberi makanan bergizi berupa campuran dedak dan tetes tebu. pH air pun harus dijaga agar tetap konstan di angka 7.
Selain menghasilkan produk lele organik segar, budidaya lele organik milik Bu Pangkat juga divariasikan menjadi produk frozen yang sudah berbumbu dan siap digoreng. Produk lele organik merek Clarias tersebut kini menjadi salah satu kebanggaan KBA Pinang.

Aktivitas Mendongeng untuk Anak-Anak

Setiap hari Sabtu, ada aktivitas mendongeng untuk anak-anak di KBA Pinang. Aktivitas tersebut diadakan di sekitar hutan kota Pinang Griya. Biasanya aktivitas mendongeng dilakukan oleh para guru PAUD dan volunteer secara bergantian. Mendongeng merupakan salah satu cara paling efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral dan wawasan pada anak sejak dini. Selain itu, anak-anak pun akan lebih termotivasi untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Tak mengherankan jika anak-anak KBA Pinang pun terlihat sangat antusias mengikuti aktivitas tersebut. Di samping mendengarkan dongeng, sesekali anak-anak diajak untuk belajar menggambar, bermain balok susun, dan melakukan kegiatan bermanfaat lainnya.

Pasar Murah Ramadan

Pada momen Ramadan 2018 lalu, PT Astra Internasional mengadakan acara pasar murah Ramadan di KBA Pinang Tangerang. Program yang dilakukan di 115 titik pada 27 provinsi Indonesia tersebut bertujuan mengurangi beban masyarakat menjelang hari raya lebaran. Sehingga masyarakat tidak merasa terbebani dengan kenaikan harga kebutuhan pokok. Sama seperti pasar murah di daerah lain, warga Pinang juga menunjukkan antusiasme yang besar terhadap penyelenggaraan acara tersebut.
Kala itu, ada 500 paket sembako bernilai 100 ribu rupiah yang bisa dibeli warga Pinang seharga 50 ribu rupiah saja. Bahkan, PT Astra Internasional juga memberikan bibit dan bahan tani lainnya untuk penyemaian kangkung, terong, serta jahe merah di KBA Pinang. Sehingga diharapkan bahwa upaya tersebut efektif mendukung kemandirian finansial warga KBA Pinang di masa mendatang.

Program KBA yang digagas PT Astra Internasional memang sangat bermanfaat bagi pengembangan berbagai daerah di tanah air. Memperbaiki kondisi kampung tak hanya butuh modal besar. Tindakan gotong royong dan kreativitas warga setempat juga penting untuk mewujudkan kampung berseri. Hidup memang makin berkualitas dan berseri-seri bersama Kampung Berseri Astra. Selanjutnya, giliran kampung Anda yang berbenah.

Referensi artikel dan gambar:




No comments