Tips Aman Belanja Online yang Wajib Anda Ketahui


Anda yang suka belanja online sebaiknya tetap waspada dan lebih berhati-hati. Apalagi jika dana yang digunakan berasal dari pinjaman uang online. Agar tidak menjadi korban, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan supaya aman saat belanja online.
Berikut ini adalah beberapa langkah aman berbelanja online yang kerap kali masih diabaikan:

Pastikan Situs Online Aman

Masyarakat awam kadang-kadang kurang memperhatikan situs yang diakses. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah ejaan alamat situs belanja online yang benar. Karena beberapa kasus penipuan menyamarkan alamat situsnya dengan tampilan yang hampir sama.
Selain itu, pastikan URL situs sudah menggunakan format https (hypertext transfer protocol secure). Format https lebih aman karena setiap transaksi telah diproteksi oleh sistem. Sehingga tidak akan ada proses pencurian data melalui jalur tersebut.

Hindari Transaksi Menggunakan Wifi di Tempat Umum

Bagi Anda yang doyan akses internet gratisan di kafe atau tempat umum lainnya, sebaiknya Anda lebih teliti. Jangan pernah melakukan transaksi perbankan atau pembelanjaan online dengan kartu kredit saat menggunakan wifi di tempat umum.
Lebih baik gunakan koneksi mobile data pada ponsel karena jaringannya lebih aman. Akses wifi untuk umum kadang-kadang menjadi celah pencurian data dari perangkat yang terhubung.

Berhati-hati Menggunakan Data Kartu Kredit

Meskipun sudah dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan, tetap saja masih ada yang tertipu saat menggunakan kartu kredit. Cara mencegah penipuan kartu kredit saat belanja online adalah tidak mengakses link website yang mencurigakan.
Apalagi jika link tersebut dikirimkan melalui email maupun melalui pesan media sosial. Gunakan kartu kredit pada situs-situs belanja online terpercaya. Kenali dulu reputasi dan sistem keamanannya sebelum melakukan transaksi dengan kartu kredit.

Belanja Pakai Kredivo Lebih Aman

Salah satu solusi transaksi aman saat belanja online yang dapat Anda andalkan adalah Kredivo. Bunga Kredivo lebih rendah 50% daripada perusahaan non bank lainnya. Rincian bunga yang diberikan mulai dari 0% untuk pembayaran dalam 30 hari atau 2,95% dengan tenor mulai dari 3, 6 dan 12 bulan. Kredit limit yang diberikan pun bisa mencapai Rp30 juta.
Demi keamanan berbelanja online, Anda wajib kogin dengan akun Kredivo dan memasukkan PIN terlebih dahulu. Untuk setiap transaksi di atas Rp 200.000, Anda diwajibkan melakukan konfirmasi berupa one time password yang langsung dikirimkan ke smartphone Anda.  
Kredivo punya banyak mitra e-commerce seperti Lazada, Bukalapak, JD.ID, Tokopedia dan lainnya. Layanan terbaru Kredivo juga sudah bisa digunakan untuk transaksi offline di beberapa gerai smartphone seperti Okeshop, Global Teleshop, Samsung Store dan Point2000.
Jika Anda tertarik menjadi member Kredivo, syarat pendaftarannya cukup mudah. Pastikan bahwa Anda sudah memenuhi beberapa persyaratan ini:

  •  Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun
  • Berdomisili di kawasan Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan

Selanjutnya, Anda mesti mengunduh aplikasi Kredivo di Google Play Store maupun App Store. Lalu ikuti langkah-langkah pendaftaran praktis ini:
1.      Buka aplikasi Kredivo
2.      Pilih akun Premium
3.      Foto KTP (Data harus terlihat jelas)
4.      Foto selfie diri dengan wajah terlihat jelas
5.      Hubungkan akun e-commerce sebagai bukti alamat
6.      Hubungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan
7.      Tunggu konfirmasi dalam waktu 1 x 24 jam

Jika pengajuan kredit sudah disetujui, Anda bisa mengecek kredit limit yang diberikan. Kredit limit inilah yang bisa Anda gunakan untuk belanja, membayar tagihan, bahkan mengajukan pinjaman online dan mencairkannya dalam bentuk dana tunai.
Ada dua fitur pinjaman yang ditawarkan oleh Kredivo, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Bunganya sama-sama 2,95% per bulan dengan satu kali potongan biaya admin sebesar 6 di awal transaksi.
Bunga Kredivo paling murah dibandingkan dengan lembaga keuangan online lainnya. Sangat murah dibandingkan platform fintech lainnya yang menetapkan bunga kredit hingga 1% per hari. Artinya jika Anda meminjam uang dalam waktu 30 hari, Anda wajib membayar bunga sampai dengan 30%.
Jadi, jika butuh pinjaman uang online bunga murah, aman dan terpercaya, pilih Kredivo yang pasti-pasti aja. Kredivo sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jika tertarik belanja online menggunakan Kredivo, unduh aplikasinya terlebih dahulu, daftar dan mulailah belanja online dengan aman. 




No comments