7 Alasan yang Bikin Orang Males ke Kondangan

 

7 Alasan yang Bikin Orang Males ke Kondangan

Menurut saya, kondangan hanyalah salah satu kewajiban manusia sebagai makhluk sosial. Saya benci kewajiban yang satu itu. Apalagi kalau disertai embel-embel ala pola pikir orang tua konvensional Asia bahwa kondangan itu wajib didatengin supaya nanti orang-orang juga dateng kalau kita punya hajatan. Padahal, dateng kondangan itu hak asasi manusia. Nggak dateng juga nggak masalah. Makanya males aja kalau denger ada yang ngomong “Dateng ya, Say. Jangan sampe enggak lho.”

Emangnya nggak bisa ketemu di tempat lain selain di kondangan?

Setelah mengamati dunia kondangan selama beberapa tahun terakhir, akhirnya saya menyimpulkan tujuh alasan yang bikin orang males ke kondangan:

Lokasi Acaranya Jauh Banget

Tak dapat dipungkiri bahwa lokasi acara kondangan sangat menentukan keputusan apakah kita bakal pergi kondangan atau enggak. Lokasi kondangan yang jauh dan butuh waktu lama untuk sampai ke sana pasti bikin kita mager. Apalagi kalau duit lagi pas-pasan dan bakalan habis buat ongkos. Mendingan kita ngirim kado aja deh daripada tekor gara-gara kondangan.

Nggak Kenal-Kenal Amat Sama yang Ngundang

Zaman sekarang orang bukan ngundang ke kondangan karena akrab dan pengen berbagi kebahagiaan. Nggak sedikit orang yang ngundang karena pengen dapet angpao gede, apalagi kalau yang diundang itu emang tajir dan nggak pelit. Jadi, sebenernya kita juga nggak perlu ragu absen kondangan bila nggak kenal-kenal amat sama yang ngundang. Harus pinter nentuin prioritas deh, mana yang perlu dan mana yang nggak perlu.

Malu Sendiri Liat Orang Berebut Makanan

Seriously saya udah beberapa kali ngeliat orang rebutan makanan di kondangan. Yang direbutin itu makanan pondokan kayak siomay, lontong cap go meh, dan kambing guling. Gagal paham sih sama yang rebutan makanan di kondangan. Itu maksudnya nggak pernah ketemu makanan enak apa gimana. Kok bisa ya nggak gengsi sama orang-orang lain, malah berebut dorong-dorongan kayak lagi terima bansos. Jangankan mau ikut ngantri, ngeliatnya aja udah malu banget woy.

Nggak Suka Dandan Rapi

Ada juga lho orang yang males kondangan karena nggak suka dandan rapi. Emang serba salah sih, dandan rapi itu ribet dan nggak banget, nggak dandan rapi nanti dikira gembel. Ini nih salah satu penyebab yang bikin saya males kondangan. Jadi, saya mendingan diajak ke rumah duka daripada kondangan. Karena kalo nggak rapi pas ke kondangan nanti malah jadi bahan ghibah dan pusat perhatian.

Males Ketemu Temen, Tetangga, atau Kerabat Lainnya

Faktor lainnya yang bikin orang males kondangan adalah enggan ketemu temen, tetangga, atau kerabat lainnya. Karena orang-orang itu biasanya nggak segan melototin penampilan kita dari ujung kepala sampai ujung kaki. Kemudian, mereka akan mulai nanya-nanya yang nggak penting seperti,

“Tuh, si X aja udah nikah, kamu kapan nyusul?”

“Eh, kamu kuliahnya udah lulus blom sih?”

“Nanti nggak ada rencana bikin resepsi yang mewah kayak gini?”

Nah, kalau yang nanya gitu orang-orang tua, nanti kamu bisa bales pas dateng ke acara pemakaman atau rumah duka:

“Ibu Y udah meninggal, Om/ Tante kapan nyusul?”

Lagi Nggak Punya Duit

Nggak punya duit juga bisa bikin orang males kondangan. Soalnya kondangan itu butuh ongkos dan duit buat ngisi angpao. Terutama kalau yang ngundang itu orang kaya, malu dong kalau isi angpaonya dikit. Karena bingung lagi nggak punya duit, nggak jarang orang mutusin untuk nggak kondangan dengan berbagai alasan, misalnya lagi sibuk kerja atau ada acara keluarga.

Musim yang Nggak Ngedukung

Momen paling pas untuk bikin acara resepsi pernikahan itu antara bulan Juni sampai November. Karena di bulan-bulan lainnya itu musim hujan, gaeees. Musim hujan bisa bikin tamu undangan males dateng, terutama mereka yang nggak punya kendaraan roda empat. Nggak mungkin kan bela-belain hujan-hujanan cuma demi dateng kondangan.

 

Sebenernya masih banyak sih alesan yang bikin orang males ke kondangan. Pergi ke kondangan itu siksaan buat saya. Ada nggak sih orang yang sama kayak saya?

 

1 comment