Persiapan Orang Tua Menyambut Tahun Ajaran Baru saat Pandemi

Persiapan Orang Tua Menyambut Tahun Ajaran Baru saat Pandemi 

Tahun ajaran baru akan segera tiba. Konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi memang membuat proses belajar terasa berbeda. Namun, pandemi tak boleh menghalangi proses belajar anak. Anak-anak tetap harus belajar secara maksimal meskipun sekolah tatap muka belum bisa dilaksanakan.

PJJ kerap membuat anak-anak merasa bosan dan kehilangan motivasi belajar. Itulah sebabnya orang tua harus telaten menyambut tahun ajaran baru agar semangat belajar anak pun semakin meningkat. Apa saja yang harus disiapkan orang tua saat menyambut tahun ajaran baru?

Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Biaya Pendidikan yang Memadai

Hal pertama yang patut disiapkan orang tua untuk menyambut tahun ajaran baru adalah biaya pendidikan yang memadai. Sama seperti sekolah tatap muka, PJJ juga membutuhkan biaya yang tak kalah besar. Para orang tua harus tetap menyiapkan uang pangkal, uang sekolah, biaya untuk membeli buku dan seragam, serta biaya-biaya lainnya. Jangan sampai aktivitas sekolah online anak jadi terbengkalai hanya karena orang tua tidak memilih persiapan biaya.

Gadget untuk Mendukung PJJ

Persiapan lainnya yang tak kalah penting untuk mendukung PJJ adalah gadget. Anak-anak membutuhkan smartphone dan laptop agar proses sekolah online berlangsung lancar. Biasanya aktivitas PJJ melibatkan group chat, video conference, dan penyelesaian tugas dengan internet. Jika orang tua memiliki bujet yang cukup, sebaiknya setiap anak dibekali dengan gadget masing-masing agar lebih fokus belajar. Kendati demikian, orang tua mesti mengatur screen time (batas waktu penggunaan gadget) bagi anak. Sehingga keberadaan gadget tersebut tidak membuat anak jadi kecanduan bermain game atau media sosial.

Koneksi Internet Berkecepatan Tinggi

Aktivitas PJJ juga membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi supaya anak-anak bisa berkomunikasi dengan guru dan menyelesaikan tugas dengan lancar. Alangkah lebih baik bila orang tua menyiapkan koneksi internet berkecepatan tinggi (wifi) di rumah sehingga anak semakin leluasa melakukan PJJ. Fasilitas wifi di rumah membuat orang tua tak perlu repot membeli kuota internet untuk PJJ anak. Bahkan, jaringan wifi tersebut juga bisa dimanfaatkan anggota keluarga lain untuk mendukung aktivitas mobile. Pilihlah provider terpercaya yang menyediakan koneksi internet berkecepatan tinggi dengan biaya terjangkau.

Ruangan Belajar yang Nyaman

Bila memungkinkan, orang tua juga bisa menyiapkan ruangan belajar yang nyaman untuk anak. Ruang belajar bisa menyatu dengan kamar tidur agar privasi anak tetap terjaga. Bila anak punya ruang belajar khusus di rumah, proses PJJ tak akan terganggu dengan aktivitas anggota keluarga lain. Anak-anak bisa berkomunikasi dan menyelesaikan tugas sampai tuntas sesuai arahan gurunya.

Dukungan agar Anak Belajar Secara Mandiri

Tak seperti sekolah tatap muka, PJJ memang menuntut anak untuk belajar secara mandiri. Orang tua tak perlu khawatir dengan hal ini karena ada aplikasi yang dapat membantu proses PJJ anak, yaitu Ruangbelajar. Ruangbelajar adalah platform besutan Ruangguru yang berisi ribuan video materi dan pembahasan dengan total lebih dari 1.200 sub-topik untuk semua jenjang pendidikan. Siswa yang mengakses Ruangbelajar dapat memulai learning journey berdasarkan kelas, mata pelajaran, serta subbtopik yang ingin dikerjakan.

Ruangbelajar by Ruangguru

Ruangbelajar by Ruangguru menyediakan banyak fitur latihan seperti bank soal, latihan bab, cek kemampuan, dan kuis untuk memastikan bahwa anak-anak memahami pelajaran sampai tuntas. Para orang tua modern tak perlu ragu memilih Ruangbelajar untuk mendukung PJJ anak karena tingkat kepuasan pengguna layanan bimbel aplikasi tersebut mencapai 93% dan efektivitas dalam membantu persiapan ujian menyentuh angka 98%. Biaya layanan Ruangbelajar terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

 

Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk, lakukan lima persiapan tersebut supaya prestasi anak-anak tetap gemilang saat menjalani aktivitas PJJ.

No comments