7 Sumber Modal Usaha agar Bisnis Berlangsung Lancar

Sumber: Pixabay

Merintis bisnis itu suatu niat baik yang harus disegerakan. Memang sih perjalanan bisnis tidak selalu berlangsung mulus. Biasanya ada saja hambatan yang bikin kelancaran bisnis jadi terganggu. Bahkan, bisnis bisa gagal sebelum dimulai hanya karena keterbatasan modal.

Tahukah kamu kalau kendala modal bisa diatasi dengan berbagai cara?

Jangan sedih dulu memikirkan kebutuhan modal yang besar. Beberapa sumber modal berikut ini dapat menjadi andalanmu untuk merealisasikan bisnis dalam waktu dekat:

Dana Pribadi

Sumber modal bisnis ini merupakan salah satu yang paling lazim dan dikenal banyak orang. Biasanya para pebisnis yang tidak membutuhkan modal besar memutuskan untuk menyiapkan modal dari dana pribadi. Sementara itu, bisnis dengan kebutuhan biaya relatif besar mendapatkan modal dari hasil kolektif para pendirinya (dikenal dengan istilah bootstrapping). Hingga saat ini bootstrapping masih digemari karena membuat bisnis terhindar dari jeratan utang. Pembagian keuntungan bisnis biasanya dilakukan berdasarkan persentase dana yang dikeluarkan masing-masing pendiri bisnis.

Angel Investor

Banyak calon pebisnis mengharapkan bantuan angel investor untuk mendapatkan modal. Di satu sisi, perolehan modal dari angel investor sangat bermanfaat demi mendukung kelancaran bisnis, terutama bidang bisnis yang butuh modal besar. Di sisi lain, angel investor kerap menuntut timbal balik berupa persentase saham atau pembagian keuntungan dalam jumlah besar. Tak jarang pula angel investor menitipkan tenaga ahli pada bisnis yang diberi modal sehingga hal tersebut dapat mengganggu rencana bisnis yang sudah kamu susun.

Penggalangan Dana (Crowdfunding)

Bisnis yang mengusung nilai-nilai sosial berkesempatan memperoleh tambahan modal melalui penggalangan dana (crowdfunding). Salah satu contoh crowdfunding yang tepat guna adalah pendanaan untuk bisnis yang memberdayakan orang-orang berkebutuhan khusus. Orang-orang yang memberikan dana dalam aksi crowdfunding tidak punya hak maupun kewajiban untuk mengatur pelaksanaan bisnis karena pemberian dana didasarkan pada keikhlasan.

Sumber: Pixabay

Keuntungan Bisnis

Bisnis yang sudah berjalan selama beberapa waktu lebih mudah mendapatkan tambahan modal. Karena sebagian keuntungan bisnis dapat dialokasikan untuk menambah modal sehingga bisnis berkembang menjadi lebih besar. Jika ingin mendapatkan sumber modal yang satu ini, kamu harus mampu mengelola keuangan bisnis secara sistematis. Berusahalah mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting agar pendapatan semakin besar dan cukup untuk menambah modal.

Kompetisi Business Plan

Hingga saat ini belum banyak orang menyadari kalau modal bisnis juga bisa bersumber dari kompetisi business plan. Jadi, jangan sia-siakan ide bisnis orisinal yang sudah kamu siapkan. Kamu bisa lebih giat mencari peluang berkompetisi agar ide bisnismu bisa lekas diwujudkan. Biasanya kompetisi bisnis akan memberikan hadiah berupa pendanaan atau modal untuk merealisasikan bisnis sang juara.

Pinjaman Bank

Sumber modal berikutnya yang bisa diperoleh untuk mendukung bisnis adalah pinjaman bank. Jumlah modal yang dapat diberikan bank terbilang besar, mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah. Sayangnya, syarat pengajuan pinjaman modal ke bank relatif rumit. Kamu harus menyiapkan berbagai kelengkapan identitas, memiliki skor kredit yang bagus, serta rekam jejak pendapatan bisnis yang dianggap cukup untuk membayar cicilan pinjaman. Hal ini tentu menyulitkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang baru mulai berkembang dan belum memperoleh pendapatan fantastis.

Pinjaman Modal Tanpa Agunan

Satu sumber dana lagi yang cocok untuk kebutuhan modal UMKM adalah pinjaman modal tanpa agunan. Kini, kamu tak perlu khawatir memanfaatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan karena ada berbagai platform pinjaman yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Salah satu platform pendanaan digital tanpa agunan berbasis teknologi finansial (financial technology atau fintech) terpercaya di Indonesia adalah Modalku.

Sumber: Modalku

Modalku mendukung proses pendanaan UMKM Indonesia mulai dari 100 ribu rupiah. Seluruh UMKM berbasis online maupun offline dapat mengajukan pinjaman modal asalkan bisa memenuhi beberapa syarat mudah yang sudah ditetapkan Modalku. Hingga awal tahun 2022, sudah ada ribuan UMKM yang berhasil mengembangkan bisnis dengan pinjaman usaha dari Modalku. Selanjutnya giliran bisnismu yang akan berkembang pesat. 

Yuk, dapatkan informasi lengkap seputar syarat pinjaman modal dan proses registrasi Modalku melalui website https://modalku.co.id . Kesuksesan bisnis akan segera berada di genggaman tanganmu dengan dukungan pinjaman modal usaha dari Modalku.

 

No comments