Janji-Janji Manusia

Janji-Janji Manusia

Saya menekuni satu pekerjaan lepas baru sejak November 2022. Seperti biasa, pekerjaannya tentu berkaitan dengan penulisan artikel. Owner startup tempat kerja saya yang baru sepertinya punya relasi khusus yang membuatnya leluasa memprakarsai program magang mahasiswa di Jerman. Jadi, kami sebagai para penulis lepasnya diwajibkan menulis berbagai artikel bertema Jerman, khususnya soal magang dan dunia kerja.

Selain all about Jerman, kami juga harus menulis artikel lainnya yang bertema kapal pesiar. Salah satu petinggi lainnya di startup tersebut merupakan WNI yang berprofesi sebagai kru kapal pesiar Jerman. Tulisan seputar Jerman dan kapal pesiar harus jadi fokus utama yang terus-terusan dibahas di blog startup.

Si Dia yang Mengembuskan Janji-Janji Surga

Di awal masa kerja saya, si bos yang kerja di kapal pesiar mengiming-imingi anggota tim baru yang terdiri dari penulis dan desainer grafis untuk giat bekerja. Menurut Beliau, kami berkesempatan mendapat kenaikan gaji, naik jabatan, asuransi, dan pengalaman jalan-jalan naik kapal pesiar atau keliling Eropa jika berdedikasi untuk startup. Uwaw, kedengerannya keren banget, ya.

Janji surga itu kembali dikumandangkan pada hari pertama tahun 2023, ketika beberapa pekerja lepas saling basa-basi mengucapkan selamat tahun baru di grup. Kata si bos, niscaya impian jalan-jalan ke Eropa atau naik kapal pesiar bakal terwujud. Anehnya, janji-janji itu belum pernah disemogakan oleh bos yang satunya, si bos yang ngurusin mahasiswa magang ke Jerman.

Kenyataan di Depan Mata

Emangnya ngeberangkatin 10-15 orang ke Eropa bisa pake duit receh dari celengan?

Berapa ratus juta yang mesti disiapin hanya untuk ngajak pekerja lepas dengan gaji recehan ini jalan-jalan ke Eropa?

Kalau ngirim anak magang ke Jerman mah pasti ngasih benefit buat si bos, tapi kalau soal bawa pekerja lepas jalan-jalan keliling Eropa tuh apa untungnya?

Oleh sebab itu, saya nggak pernah percaya dengan obrolan soal pekerja lepas bakal diajak jalan-jalan ke Eropa. Emang nggak usah muluk-muluklah kalau nyatanya honor saya dipotong goceng per artikel dengan alasan kualitasnya kurang atau cuma setara grade B.

Kualitas mananya yang kurang?

Lah dijelasin tentang kekurangannya aja malah enggak kok.

Standar honor saya di startup itu terbilang sangat rendah dibandingkan pekerjaan saya yang lainnya, seperempatnya doang. Nggak apa-apa sih karena saya ambil pekerjaan ini buat ngisi waktu senggang. Jadi waktu luang saya masih bisa dimanfaatin buat nyari tambahan cuan. Udah nyari topiknya susah, harus kasih gambar pelengkap, mesti submit artikel sendiri sampe Yoast SEO ijo puolll, eh honor masih dipotong goceng per artikel.

Berhubung saya masih butuh cuan dari startup itu, saya diem-diem bae kok. Nurut aja. Kerja teros nggak pake protes. Bos ngomong apa pun ya diiyain aja biar cepet. Pokoknya kepentingan saya ya sebatas cuan. Persetan soal urusan “rasa memiliki startup”.

Saya mah udah biasa sama janji-janji manusia yang jauh lebih manis daripada kurma. Dulu malah ada yang janji nggak bakal ninggalin, eh nyatanya pergi tanpa pamit juga tuh. Pergi begitu aja dan ikut ngebentuk karakter saya jadi makin ngehe begini.

Buat apa percaya sama janji manusia jika mereka sering kali nggak bisa nolong dirinya sendiri saat kesusahan?

Nggak perlulah kebanyakan janji kalau akhirnya cuma bacot doang.

Jangan buang-buang waktu ngurusin hal-hal yang nggak ada cuannya,

apalagi kalau hanya tai kucing berbalut janji-janji manis.

 

Empathy was yesterday.

Today, you wasted my fucking time.

 

No comments