Apa Gunanya Cerita ke Manusia? Sedangkan Mereka Juga Kesulitan

Apa Gunanya Cerita ke Manusia? Sedangkan Mereka Juga Kesulitan

Saya lagi pusing soal kerjaan beberapa hari belakangan ini. Sebenernya masalah pekerjaan sih pasti ada ya, nggak mungkin enggak. Tapi kayaknya ini jauh lebih pusing aja buat saya daripada persoalan kerjaan yang biasanya. Saya tuh sekarang makin males cerita soal ini itu ke manusia lain. Bukannya sombong ngerasa nggak butuh orang lain, saya paham kok manusia itu makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendiri. Namun, apa gunanya cerita ke manusia, sedangkan mereka juga (biasanya) sedang dalam kesulitan?

Jangan Nolak Rezeki

Jadi gini, editor yang beberapa tahun lalu kerja bareng saya belum lama ini menghubungi lagi untuk nawarin kerjaan. Wah, rezeki tentu nggak boleh ditolaklah ya. Akhirnya saya sama dia mulai tektokan untuk satu brand besar yang merupakan tempat kerjanya. Memang dari awal dia udah bilang kalau brand ini strict banget, super ketat buat urusan penulisan. Tapi saya nggak nyangka juga sih bakal sebegininya.

Harusnya dari awal saya udah sadar ya soalnya si editor ini bolak-balik nanya portofolio ini itu. Dia tanya pernah nggak nulis untuk produk serupa, saya bilang ya pernah. Saya kasih liat juga portofolionya. Dia minta lagi portofolio ini itu yang lebih jelas katanya, saya bilang ya adanya itu doang. Terakhir, si editor bilang kita deal untuk ngerjain 3 artikel brand.

Keribetan Pun Dimulai

Selanjutnya, dia kasih saya satu dokumen berisi brief dan satu dokumen tulisan dokter ahli gizi yang amburadulnya minta ampun. Awalnya dia bilang saya mesti ghostwriting artikel si dokter ini tapi nggak boleh ngubah isinya sama sekali. Padahal isinya nggak nyambung sama tema yang di-request. Ibaratnya brand minta tulisan bertema lari, lah si dokter malah bahas olahraga secara keseluruhan.

Dari situ saya pikir memang banyak PR untuk ghostwriting-in tulisan si dokter. Si editor sempet nelepon kasih brief panjang lebar lebih dari 30 menit yang sejujurnya bukan bikin saya makin paham malah jadi agak pusing karena banyak printilan. Dia juga bilang nggak usah mikirin soal SEO karena brand maunya tulisan yang brand banget tapi enak dibaca. Ya udahlah ya saya mulai aja untuk nulis supaya bisa rampung lebih cepet. Saya emang selalu mikir gitu, kelarin semaksimal mungkin agar editor pun bisa kerja efisien tanpa kelamaan nunggu artikel saya.

Sang editor bilang saya nggak usah buru-buru kerjanya yang penting beres. Lah mana tau ya hasilnya beres atau enggak kalau dia belum periksa. Jumat dia kasih brief, Senin depannya artikel sudah saya selesain. Alhasil, tulisan saya itu banyak buanget yang menurut editor perlu direvisi, mulai dari judul, inkonsistensi pembahasan, pemilihan kata, ini itu. Paragraf pembuka juga katanya terlalu kaku, padahal itu cuma hasil nyomot tulisan si dokter yang berantakan lalu saya edit agar lebih enak dibaca.

Editor ngasih banyak mention dan minta saya perbaiki artikelnya. Dia juga nelepon lagi dan saya tau dia kalau nelepon nggak bakal sebentar. Makanya saya bilang cuma punya waktu kurang lebih 15 menit. Dia bilang kalau saya nggak perlu ngikutin gaya bahasa dan tema yang dibahas di artikel si dokter karena artikel tuh dokter juga udah ditolak si brand. Hm jahanam, awalnya kan dia bilang saya mesti ghostwriting artikel si dokter.

Akhirnya dia jelasin kalau ghostwriting itu maksudnya saya wajib nulis artikel buat brand dengan ngikutin brief yang udah dia kirimin. Itu namanya bukan ghostwriting dong, kampret. Namanya ya nulis artikel aja buat brand. Soal nama saya sebagai penulis bakal dicantumin atau nggak ya bodo amat. Pokoknya saya dibayar buat nulis artikel tanpa musingin hak ciptanya. Oh iya, si editor juga bilang kalau saya wajib mention produk si brand dalam artikel.

Masih Kurang, Masih Kurang, dan Masih Kurang

Usai menerima penjelasan editor via telepon, saya lanjut revisi lagi lalu kirim lagi hasilnya. Nggak lama berselang, kiriman artikel saya dibalikkin lagi dengan alasan masih banyak yang kurang tepat. Sang editor kembali ngasih beberapa komentar dalam artikel itu sebagai bahan revisi. Kali ini dia nggak sendiri, temennya juga ikutan ngasih komentar buat nambahin revisian. Jadilah artikel saya dibikin “babak belur” oleh mereka berdua. Editor juga bilang kalau saya nggak perlu mention produk karena ada penjelasan dari himpunan profesi yang bikin produk malah nggak boleh disebut.

Ya terus pas revisi awal kenapa malah nyuruh mention produk sih?

Awalnya editor nyuruh saya bikin judul yang clickbait. Saya ngide bikin judul pake satu kata yang populer banget di Indonesia ini tapi emang agak nyeleneh. Walaupun kedengerannya nyeleneh, kosakata itu ternyata resmi terdaftar di KBBI. Lantas, si editor bilang bahwa kosakata itu terdengar kurang ok dan harus direvisi lagi. Selain itu, ada juga kosakata dalam artikel yang nggak pernah dipake di artikel brand itu dan sebaiknya jangan dipake karena nggak umum. Meskipun sebenarnya kosakata itu mudah diterima dan nggak bikin orang mikir keras pas baca. OK baiklah. Jadilah saya revisi lagi, isi artikelnya juga berusaha saya perbaiki lagi.

Lama-kelamaan si editor gerah karena katanya saya revisi secepat kilat tanpa memperhatikan arahan dia. Saya kan emang revisi berdasarkan komen yang udah dia kasih di artikel. Setelah saya revisi salah satu bagian, kesalahan malah seakan pindah ke bagian artikel lain yang sebelumnya nggak dipermasalahin. Saya bilang sama dia kalau saya revisi cepet sesuai komentar yang dia kasih agar artikelnya bisa cepet disampaikan ke brand. Mendengar kata-kata itu, editor bilang jangan harap bakal ke brand jika artikelnya belum lolos Quality Control (QC) di tangan dia.

Gimana Kalo Udahan Aja?

Berbekal chat panjang dan komentar di artikel revisian, saya pun lanjut revisi lagi. Saya juga sempet agak ngeluh di chat ke editor karena menurut saya aturan brand ini sangat sangat sangat ketat dan bikin bingung. Malah artikelnya kan belum sampai ke brand, baru di tangan editor aja. Menurut saya, beberapa artikel brand yang dikasih editor buat referensi sejujurnya juga kurang enak dibaca.

Masyarakat Indonesia tuh nggak butuh artikel yang terlalu ilmiah atau gimana banget karena pada dasarnya minat bacanya emang kurang. Nah, sang editor tampaknya jadi makin kesel setelah saya ngomong gini karena katanya artikel referensi itu dia yang buat.

Chat si editor untuk merespon keluhan saya ya begitulah, super panjang dan capek bacanya. Dia bilang saya defensif, dari awal kan dia udah bilang brand-nya ketat banget, brand mau artikel berdasarkan data, data, dan data. Menurut dia, saya batu, kirim revisian terburu-buru tanpa perhatiin apa yang dia mau. Saya kasih beberapa data ilmiah dalam artikel, katanya terlalu banyak dan bikin artikelnya berat. Saya pake kosakata yang beda dikit aja katanya nggak sesuai sama ketentuan brand.

Saya bilang bahwa saya pasti tanggung jawab untuk nyelesain satu artikel ini tapi nggak sanggup jika harus ngerjain total 3 artikel. Baru satu artikel aja kesalahan tulisan saya nggak berkesudahan, dari Senin sampe Jumat gini revisi belum selesai juga. Sang editor minta saya buat profesional karena dari awal pengajuan udah disetujuin brand. Profesional kepala bapak kau. Saya aja nggak nandatanganin kontrak apa-apa, semua persetujuan ya berdasarkan obrolan WhatsApp.

Akhirnya karena dia kesel sama saya, dia bilang kalau cuma bisa ngerjain satu artikel ya udahlah. Dia bilang bakal bayar saya buat 1 artikel aja. Saya belum bales chat terakhir karena kelihatannya dia lagi emosi sama saya. Mungkin chat-nya emang nggak bakal saya bales kecuali dia chat duluan soal revisian (((lagi))).

 

By the way, jangan gampang terbawa suasana dengan tulisan ini sampai nganggep kalau editor itu ngeselin banget, ya. Ini kan ceritanya dari sudut pandang saya yang lagi capek ngurus revisian. Sebab selalu ada 3 sisi kebenaran, yaitu kebenaran menurutku, menurutmu, dan kebenaran itu sendiri.

Sering kali pembaca tuh nggak butuh artikel berdasarkan data yang spesifik banget. Validitas memang wajib tapi bukan berarti harus ilmiah sampai mengekang kebebasan bertutur kata. Hidup tuh udah ribet tauk. Pengennya baca artikel yang ringan aja biar dapet pengetahuan baru tanpa melipatgandakan kemumetan.

Saya malah bahagia bila si editor ngambek terus dan saya nggak perlu melanjutkan artikel brand ini. Saya nggak pusing soal fee 1 artikel yang udah saya kerjain karena udah diikhlasin aja. Si editor itu udah saya kenal sejak lama dan orangnya baik, tetep keep in touch dan beberapa kali ngasih kerjaan baru walaupun dia udah resign dari tempat kerja lama.

Di dunia ini emang nggak ada yang abadi, kan?

No comments