Memoar, Opini, Kata Hati

Kamis, 24 Maret 2016

Yuk Ajarkan Tata Krama Sederhana Ini pada Si Kecil!





Orang dewasa mana yang tidak senang kalau melihat anak kecil yang manis dan sopan. Tentu saja anak kecil yang tahu sopan santun sudah mendapatkan didikan moral yang baik dari orangtua dan lingkungan sekitarnya. Sebaliknya, rasanya malah kesal setengah mati jika ada anak kecil yang terkesan sombong atau masa bodoh dengan orang yang lebih tua.

Rasanya, ah jadi ingin nyubit saja saking gemasnya dengan kelakuan kurang ajar si bocah.

Ada beberapa tata krama sederhana yang harus diajarkan pada anak-anak sejak memasuki usia sekolah. Setidaknya 5 tata krama sederhana ini akan membuat anak menjadi lebih penurut dan bisa menghargai orang lain :


Sampaikan Ucapan Maaf dan Terima Kasih

 

 
Sumber : 
telegraph.co.uk

Ucapan maaf dan terima kasih memang sederhana. Namun maknanya sangat mendalam dan memupuk sikap jiwa besar dan rasa syukur pada anak-anak. Dengan mengucapkan maaf, anak-anak dapat menyadari kesalahannya dan berbesar hati untuk mengakuinya. Sementara ucapan terima kasih tentu menjadi ungkapan mulia ketika mendapatkan sesuatu dari orang lain.

Jangan Lupa dengan Kata Permisi

 

Kata permisi sekarang kayaknya makin jarang diucapkan. Padahal kata-kata yang satu ini harus diajarkan pada anak sedini mungkin. Ketika hendak berjalan melewati atau mendahului orang lain, biarkan anak menghargai orang-orang di sekitarnya dengan mengucapkan kata permisi.

Mengucapkan Kata Tolong itu Mudah dan Mulia Lho

 

Sumber : 
ocmommagazine.com


Anak zaman sekarang sering gengsian jika harus mengucapkan kata tolong. So, tugas orangtua adalah membiasakan anak-anak mengucapkan kata “tolong” di rumah. Demi mengajarkan hal yang baik pada anak, orangtua dan anggota keluarga lainnya di rumah juga patut mengucapkan kata tolong ketika ingin meminta bantuan orang lain.

Meminta bantuan untuk mengambilkan minum, mematikan lampu, membuang sampah, atau mengambilkan remote televisi, alangkah baik dan indahnya jika menggunakan kata “tolong” mulai sekarang.

Jangan Biarkan Anak Suka Memamerkan Sesuatu

 

Sikap pamer rupanya bisa membuat anak menjelma jadi pribadi yang angkuh. Ajarkan amal supaya menjadi pribadi yang rendah hati. Meskipun memiliki mainan atau barang-barang baru lainnya, jangan sampai membuat teman sebaya atau saudaranya jadi iri.

Terkadang anak-anak juga bisa diajak belanja online hemat di situs online terpercaya seperti MatahariMall. Jadi, selain anti pamer, anak-anak juga bisa belajar untuk berhemat dengan cara yang modern. Sejak MatahariMall hadir di Indonesia, belanja online tak lagi identik dengan pemborosan, lho.


Sumber : 
popsugar.com

Mengurungkan Niat untuk Menyela Pembicaraan Orang Lain

 

Bentuk kesopanan lainnya juga bisa ditunjukkan dengan cara tidak menyela pembicaraan orang lain. Anak-anak kita memang butuh perhatian dan kasih sayang setiap saat. Tetapi ajarkan pada mereka untuk tidak merengek dan menyela pembicaraan ketika kita sedang berbicara dengan orang lain.

Jika kita mengajarkan hal tersebut secara perlahan-lahan. Hasilnya, anak akan menjadi sabar menunggu giliran bicara jika mereka melihat bunda atau ayahnya berbicara dengan orang lain.


Sebagai orangtua modern, jangan pernah melupakan ajaran tata krama yang dulu kita dapatkan dari orangtua kita. Kini giliran kita yang jadi teladan bagi si buah hati. Agar nantinya mereka tumbuh menjadi pribadi yang baik di masa depan.





8 komentar:

  1. Anakmu semua itu Mel? Bener banget ya, anak anak sering mendengar dr orang dewasa. Kalau baik yg didengar baik pula ucapan mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahahaa.. aku belum punya buntut, Mbak. Merit aja belom :D
      iya, kita juga harus berterima kasih ya sama didikan ortu dan guru sampe segede gini. Didikan tata krama jaman dulu juga gak kalah top

      Hapus
  2. sip... mba..
    kata2 simple... yang kadang lupa dan gak dibiasakan mengucapkan kata-kata santun..
    bener penting banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia ya, Mbak.
      Kadang2 yang simpel justru lupa diajarin,
      padahal penting banget karena bisa jadi kebiasaan sampe gede :)

      Hapus
  3. Kalau belajar sosiologi pas SMA, perilaku anak itu cerminan orang tua. Mereka kan peniru ulung ya, jadi sebaiknya ajarkan contohkan yg baik, dan setuju.. Hal2 kecil kayak yg mbak mel sebutin emang harus jadi kebiasaan buat orang tua, biar anak2nya niru juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga ya Mbak, jadi inget pelajaran sosiologi.
      Wah, udah long tim ago banget kayaknya tuh sosiologi :D
      Kadang-kadang orangtua suka gak sadar lagi agak nyeleneh,
      trus diikutin deh sama anak-anak... hihihii

      Hapus
  4. Nah setuju, selalu ajarkan 3 kata ajaib, tolong, terimakasih dan maaf. biarpun ringan tapi manfaatnya luar biasa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sederhana tapi besar manfaatnya ya, Mbak.
      Bonusnya, orang-orang jadi takjub lihat anak yang sopan dan manis luar biasa ;)

      Hapus

 
Copyright©Melisa