Memoar, Opini, Kata Hati

Kamis, 22 September 2016

Ragam Tempat yang Tidak Boleh Dilewatkan Saat Karyawisata ke Ibu Kota





Hal apa saja sih yang disukai murid-murid saat beraktivitas di sekolah?

Kalau pengumuman pulang cepat karena guru ada rapat sih memang paling seru. Selain itu, berkumpul dan bercanda bersama teman-teman juga tidak kalah asyik. Lebih seru lagi kalau main bersama teman-teman sekalian berangkat karyawisata. Mengunjungi tempat-tempat baru yang menarik akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan lo.

Banyak orang di luar Jakarta mengira wisata di Jakarta itu mahal. Karena Jakarta memang identik dengan gaya hidup mahal. Padahal tidak semuanya mahal kok meskipun ada terletak di jantung Kota Jakarta. Selain destinasi wisata kuliner, banyak pula tempat wisata yang benar-benar ramah di kantong. Pokoknya cocok banget buat tujuan karyawisata murid. Jadi, murid-murid yang mau karyawisata di ibu kota jangan sampai lupa mengunjungi tempat-tempat ini, ya.


Taman Menteng Suropati




Sumber :
Jakarta.bisnis.com

Taman Menteng Suropati terletak di tengah Kota Jakarta, tepatnya hanya berjarak 1,5 km dari hotel mewah berbintang lima Shangri La Hotel Jakarta. Salah satu taman terpopuler di Jakarta ini menyuguhkan pemandangan yang asri dan sejuk, terutama pada sore hari. Ketika weekend, ada banyak seniman jalanan yang mempertontonkan keahlian musik mereka di sini.

Tak hanya memiliki kemampuan bermusik yang hebat, alat musik yang digunakan pun cukup lengkap. Sehingga kehadiran seniman jalanan ini sangat dinantikan oleh pengunjung Taman Menteng Suropati. Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk karyawisata karena harganya ramah di kantong. Hanya butuh biaya parkir saja untuk menikmati keindahan dan melakukan eksplorasi alam di Taman Menteng Suropati.

Monumen Nasional (MONAS)




Sumber :
commons.wikimedia.org

Monumen yang bagian puncaknya dilapisi emas 24 karat ini merupakan icon atau landmark ibu kota yang sangat populer. Monas adalah tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh masyarakat dari segala kalangan usia. Selain harga tiket masuk yang terjangkau, kawasan Monas memiliki ciri khas lainnya. Beberapa hal yang paling istimewa di Monas misalnya, taman-taman cantik seperti Taman Pandang Istana, lapangan luas untuk tempat bermain anak, spot foto yang instagrammable, serta museum yang berada di dalam bangunan Monas. Jika murid-murid naik sampai ke puncak Monas melalui lift yang disediakan, maka murid-murid pun bisa melihat pemandangan kota Jakarta yang sangat indah. Belajar sejarah sembari jalan-jalan pasti asyik sekali, bukan?

Museum Nasional


Museum yang tidak jauh dari Monas ini letaknya mudah dijangkau dari arah mana pun. Karena hanya berjarak 4,3 km dari Shangri La Hotel Jakarta, cuma butuh waktu sepuluh menit untuk berkendara ke museum nasional jika sedang tidak macet.  Museum yang satu ini dikenal dengan nama lain museum Gajah karena terdapat patung gajah di depan museum. Patung berbahan perunggu tersebut adalah hadiah dari Raja Thailand Chulalongkorn.

Selain meriam peninggalan zaman penjajahan Belanda, Museum Nasional juga memiliki koleksi arca kuno berbagai ukuran. Salah satu yang paling menarik perhatian yaitu Arca Bhairawa yang memiliki tinggi sekitar 4 meter. Ada juga koleksi miniatur rumah adat, pakaian adat di seluruh Indonesia yang membuat murid-murid semakin mengenal ragam kebudayaan tanah air. Harga tiket masuk ke Museum Nasional sangat murah lo, yaitu :

Dewasa: Rp 5.000/ orang
Anak-anak: Rp 2.000/orang
Wisatawan asing: Rp 10.000/orang

Masjid Istiqlal


Masjid yang dibangun atas prakasa Presiden RI pertama Soekarno ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Uniknya, ternyata Masjid Istiqlal dirancang oleh seorang arsitek non muslim bernama Frederich Silaban. Masjid Istiqlal memiliki kubah yang sangat besar dan indah. Orang yang duduk atau beribadah di bawah kubahnya akan merasa begitu kecil bila menyaksikan ukuran kubah secara langsung. Selain kubah besar yang ditopang pilar-pilar tinggi nan kokoh, siapa pun yang berkunjung ke Masjid Istiqlal akan terpesona pada keindahan ornamen berpola geometri dengan bahan baja anti karat.

Masjid Istiqlal diperkirakan mampu menampung lebih dari 200.000 orang jamaah. Pada peringatan hari raya umat muslim, masjid ini senantiasa mengadakan siaran keagamaan. Presiden Indonesia juga kerap menjadi imam di Masjid Istiqlal pada hari-hari raya tersebut. Soal biaya masuknya, tentu saja gratis. Jangan lupa menjaga kesopanan dan kebersihan saat berkunjung ke Masjid Istiqlal, ya.

Pasar Tanah Abang


Berwisata rasanya kurang lengkap jika tidak shopping. Maka Pasar Tanah Abang Jakarta adalah salah satu tempat tujuan berbelanja yang sangat murah dan menarik. Para orang tua murid dari luar Jakarta yang mendampingi kegiatan karyawisata pasti senang sekali kalau bisa berbelanja di sini. Banyak pula para pedagang besar dan pedagang asing yang berbelanja barang di pasar yang satu ini untuk dijual kembali. Semakin banyak jumlah barang yang dibeli, semakin besar pula diskon yang bisa diperoleh.

Kota Kasablanka


Destinasi yang satu ini masih erat kaitannya dengan kegemaran orang tua murid nih. Meski termasuk mall terbesar dan terlengkap di Jakarta, Kota Kasablanka yang kerap disebut KoKas adalah tempat shopping dengan harga variatif. Ragam produk dan destinasi wisata kuliner yang dibanderol dengan rentang harga murah sampai mahal tersedia secara lengkap

Orang tua murid yang memilih menginap di Shangri La Hotel Jakarta untuk menemani anak-anaknya dapat mengunjungi keenam tempat wisata tersebut. Selain  murah dan mengasyikkan, ada banyak sekali informasi dan pengetahuan baru yang dapat diperoleh di tempat wisata tersebut


Sumber :
traveloka.com

Ingin segera melakukan reservasi kamar hotel dan menikmati puasnya berkeliling tempat wisata populer Jakarta? Yuk cek dulu info lengkapnya di traveloka.com

Bukan hanya murid yang senang mengikuti aktivitas karyawisata yang digagas sekolah, para orang tua pun pasti senang bila bisa melepas penat dan jalan-jalan sejenak di ibu kota.
  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa