Gas Langka dan Mahal? Yuk, Pindah ke Kompor Listrik Saja!

tips memilih kompor listrik 
Sumber: Unsplash

Memasak adalah salah satu kegiatan penting di rumah dan kompor merupaka peralatan yang paling dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Saat ini, memasak menggunakan kompor gas sering kali mengalami masalah terutama jika terjadi kelangkaan gas. Apabila Anda ingin terhindar dari masalah kelangkaan gas maka bisa beralih ke kompor listrik atau disebut juga kompor elektrik.

Mengenal Seluk Beluk Kompor Listrik

Masyarakat modern kini tidak perlu merasa bingung lagi menghadapi kelangkaan gas. Beralih menggunakan kompor listrik merupakan solusi terbaik karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan kompor gas. Meskipun mempunyai banyak keunggulan, ternyata masih banyak orang yang belum mengenal seluk-beluk kompor listrik.

Umumnya, masyarakat memasak menggunakan kompor dengan bahan bakar gas. Ketika menggunakan kompor listrik, Anda tidak membutuhkan gas saat memasak karena bahan bakarnya menggunakan tenaga listrik. Meskipun menggunakan listrik, Anda tidak perlu merasa khawatir karena jenis kompor ini sangat aman dan mampu menghasilkan panas tinggi.

Kompor listrik juga memiliki desain yang sangat elegan. Ada resistor besar pada kompor listrik yang berfungsi menghantarkan panas. Memasak menggunakan kompor listrik aman karena tidak menghasilkan api. Walaupun tidak menghasilkan api, panas yang dihasilkan bisa lebih maksimal dibandingkan kompor gas.

Kelebihan Kompor Listrik

Beberapa keunggulan yang bisa Anda peroleh bila menggunakan kompor listrik di rumah, antara lain:

  • Desain Elegan

Kompor elektrik merupakan kompor modern yang banyak digunakan masyarakat di perumahan elit dan apartemen. Selain itu, hotel-hotel besar juga sudah banyak yang menggunakan kompor jenis ini. Desain kompor yang sangat elegan membuatnya tak hanya berfungsi untuk memasak melainkan juga menyempurnakan kesan modern di rumah Anda.

  • Memiliki Banyak Fitur

Keunggulan kompor listrik selanjutnya adalah ketersediaan fitur-fitur modern. Anda dapat mengatur suhu dengan akurat karena terdapat fitur pengaturan suhu. Selain itu, banyak fitur bermanfaat lainnya seperti timer, automatic pan size, safety shut off, dan boost. Fitur-fitur tersebut hanya terdapat pada kompor elektrik dan tidak ada pada kompor gas.

  • Praktis

Memasak menggunakan kompor elektrik juga sangat praktis. Kompor elektrik dapat dipindahkan dengan mudah karena tidak harus terhubung dengan tabung gas sehingga Anda juga tidak perlu repot memasang gas. Perawatan kompor jenis ini juga terbilang mudah. Tak mengherankan jika semakin banyak orang suka memasak menggunakan kompor elektrik.

  • Panas yang Merata

Kelebihan lainnya yang dimiliki kompor elektrik adalah mampu menghasilkan panas merata. Anda bisa mengatur area panas serta besaran suhu yang dihasilkan kompor elektrik secara leluasa. Jika dibandingkan dengan kompor gas, kompor elektrik bisa menghasilkan panas menyeluruh hingga menjangkau semua permukaan panci yang menempel pada tungku kompor.

Macam-Macam Kompor Listrik Berdasarkan Materialnya

jenis-jenis kompor listrik
 Sumber: Pixabay

Saat ini, sudah ada banyak sekali pilihan kompor elektrik yang tersedia di pasaran. Ada berbagai macam kompor elektrik, mulai dari yang hanya memiliki satu tungku hingga yang memiliki banyak tungku. Anda juga bisa memilih kompor dengan watt kecil untuk menghemat penggunaan listrik. Jika saat ini Anda berencana membeli kompor listrik, maka sebaiknya kamu mengenal jenis-jenisnya terlebih dahulu:

  • Kompor Listrik Konvensional

Jenis kompor elektrik pertama yang sangat menarik adalah kompor listrik konvensional. Kompor ini memang menggunakan tenaga listrik dengan watt kecil tetapi penyesuaian suhunya membutuhkan waktu cukup lama. Anda harus menunggu beberapa menit hingga tungku jadi panas. Kompor elektrik konvensional cocok untuk Anda yang sering memasak makanan sederhana seperti mie instan, menggoreng telur, menjerang air, atau membuat sup. Kini, harga kompor elektrik konvensional berkisar dari 100 ribu rupiah saja.

  • Kompor Induksi

Kompor listrik induksi terdiri dari lilitan logam yang menghantarkan panas. Prinsip kerja kompor elektrik ini memanfaatkan elektromagnet yang dapat menghasilkan panas tinggi. Proses kerjanya tidak memanaskan kompor melainkan alat masak yang digunakan. Apabila ingin memasak menggunakan kompor induksi, Anda harus menggunakan peralatan masak yang mengandung unsur magnetik. Kompor ini sangat efisien karena panas akan langsung dipusatkan ke peralatan masak. Anda juga akan merasa tenang karena permukaan kompor tidak panas dan keamanannya terjamin karena dilengkapi berbagai fitur modern.

  • Kompor Infrared

Jenis kompor elektrik lainnya yang tak kalah canggih adalah kompor listrik infrared. Kompor ini menggunakan sebuah lampu halogen yang dilapisi dengan logam anti korosi. Lampu tersebut akan menghasilkan panas yang mematangkan bahan makanan. Anda bisa memasak dengan nyaman bila menggunakan jenis kompor ini. Berbeda dengan kompor induksi, Anda tetap bisa memasak menggunakan peralatan masak yang tidak mengandung unsur magnetik seperti stainless steel.

Tips Memilih Kompor Listrik yang Awet dan Tahan Lama

tips memilih kompor listrik

 Sumber: Pixabay

Jangan sembarangan memilih bila hendak membeli kompor listrik. Anda patut mengikuti beberapa tips berikut agar mendapatkan kompor listrik terbaik sesuai kebutuhan:

  • Pilih Jenis yang Tepat

Kompor elektrik atau listrik terdiri dari beberapa jenis sehingga Anda perlu memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan. Apabila tidak ingin menggunakan peralatan masak khusus maka sebaiknya memilih jenis kompor konvensional atau infrared.

  • Perhatikan Ukuran

Kompor listrik yang tersedia di pasaran juga terdiri dari berbagai ukuran. Anda bebas memilih kompor elektrik satu tungku atau beberapa tungku sesuai kebutuhan dan kapasitas dapur Anda.

  • Cermati Desain

Desain kompor listrik saat ini semakin bervariasi. Anda mesti cermat memilih kompor yang modelnya elegan sehingga membuat dapur terkesan makin estetik.

  • Pilih Merek Berkualitas

Merek kompor yang sudah terkenal biasanya menawarkan kualitas istimewa. Jadi, Anda mesti teliti membandingkan kualitas serta fitur-fitur dari merek kompor yang jadi prioritas Anda.

 

Apabila Anda sedang mencari kompor listrik berkualitas untuk melengkapi dapur, Anda dapat membelinya di Ladara. Marketplace yang satu ini menyediakan beragam produk berkualitas dengan harga terjangkau, termasuk aneka perlengkapan rumah tangga. Berbelanja di Ladara adalah pilihan yang tepat karena terbukti aman dan nyaman. Anda bisa leluasa berbelanja online dan memilih metode pembayaran sesuai keinginan tanpa perlu kelua rumah. Belanja di Ladara membuat Anda jadi semakin hemat sekaligus mendapatkan produk-produk berkualitas.

 

Referensi:

https://www.99.co/blog/indonesia/kompor-listrik/

https://www.google.com/amp/s/review.bukalapak.com/amp/techno/mengenal-3-tipe-kompor-listrik-54786

https://www.google.com/amp/s/arafuru.com/furnitur/5-tips-memilih-kompor-listrik-yang-bagus.html

No comments