Nyinyirin Food Vlogger Indonesia

Nyinyirin Food Vlogger Indonesia

Saya termasuk orang yang dulu cukup sering nontonin tayangan food vlogger. Iya, mereka yang jalan-jalan dan wisata kuliner ke berbagai kota. Duitnya kayak nggak abis-abis. Bisa ngeluarin duit sampai jutaan untuk sekali makan atau nginep di tempat-tempat instagramable. Semua dari dan untuk konten.

Namun sekarang saya mulai agak jarang nonton liputan food vlogger. Cuma lagi males aja, entah nanti kalau mood nonton begituan akan muncul lagi. Sebenernya saya nggak pernah ngerti sama jalan pikiran orang-orang yang bergegas antre panjang setelah nonton liputan food vlogger yang rutin diunggah beberapa hari sekali. Makanan yang diliput jadi viral, jadi diburu banyak orang. Nggak jarang ada yang harus ngantre berjam-jam atau dari pagi buta demi kebagian makanan viral.

Is it bandwagon effect or stupidity?

Banyak food vlogger yang nggak bisa jelasin tentang makanan yang ada di depannya secara rinci. Pokoknya bilangnya enak, gurih, kerasa dagingnya. Yah, kalo cuma ngomong gitu mah nenek-nenek juga bisa. Selain itu, nggak sedikit juga food vlogger yang nggak becus nyebut nama makanan dengan benar. “Mi nyemek” disebut dengan lafal huruf E seperti kata “belel”. Mi nyemek. Iya, Mek! Belajar dulu soal nama makanannya bisa kali sebelum shooting.

Oh iya, banyak juga tuh pengusaha kuliner yang ngucapin beribu-ribu terima kasih ke food vlogger yang bikin makanannya viral. Food vlogger-nya katanya seneng bisa bantu usaha orang. Ya jelas senenglah, kan dia juga dapet banyak cuan dari Adsense Youtube yang lancar jaya. Belom lagi kalau ada product placement dalem liputan wisata kulinernya. Nah, trus food vlogger-nya nunjukkin rumah mewahnya yang baru selesai dibangun atau masih dalam tahap pembangunan. Jadi sebenernya siapa yang nguntungin siapa? Unch, menang banyak kan tuh. Padahal kalo diinget-inget, emang ramenya tempat makan tuh seberapa lama sih?

Apakah sesuatu yang viral bakal abadi atau ramai sesaat karena orang-orang lagi penasaran aja?

Saya sering penasaran, kalo di luar negeri tuh gitu juga nggak. Food vlogger abis bikin liputan trus tempat makan yang diliput langsung viral dan pembelinya antre berjam-jam. Atau emang cuma Indonesia aja yang pencinta kulinernya menganut paham “gue bakal mampus kalo nggak nyicipin makanan viral hari ini juga”.

Sesuai judul tulisan ini, ya saya emang lagi pengen nyinyir aja. Mumpung punya blog sendiri, bebas nulis apa aja. Terus terang, dua tahun terakhir ini orientasi hidup saya ya hanya cari uang dan semakin mencintai diri sendiri. Banyak hal-hal nyebelin dan nyakitin yang bikin saya acap kali skeptis. Tapi ya nggak apa-apa. Saya nggak punya kewajiban untuk menyenangkan siapapun, kecuali diri sendiri. Hidup memang selucu itu, kan?

 

No comments