8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Supaya Kebal Serangan Penyakit

 

8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Supaya Kebal Serangan Penyakit

Menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh harus dilakukan setiap saat, terutama pada masa pandemi. Daya tahan tubuh yang baik membuat kita terhindar dari mikroorganisme penyakit, termasuk virus corona atau Covid-19. Sebaiknya kita mengetahui dan mempraktikkan beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya kebal dari serangan penyakit:

Olahraga Secara Rutin

Sebaiknya kita berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari. Aktivitas yang satu ini merupakan cara efektif meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melawan infeksi. Berjalan kaki adalah salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan kapanpun dan di mana pun oleh semua kalangan usia.

Mengonsumsi Buah-buahan dan Sayuran

Konsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh supaya kebal terhadap penyakit. Buah-buahan dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang mampu menangkal serangan virus. Makan buah-buahan dan sayuran membuatmu  tidak mudah sakit dan selalu bersemangat.

Istrirahat yang Cukup

Daya tahan tubuh menurun jika kita kurang tidur. Oleh karena itu, kita wajib beristirahat yang cukup untuk mendukung regenerasi sel dan mengistirahatkan organ tubuh. Orang membutuhkan waktu tidur 7 hingga 8 jam per hari, sedangkan remaja membutuhkan 9 hingga 10 jam per hari.

Menghentikan Konsumsi Alkohol dan Rokok

Asap rokok dan alkohol bisa menjadi penyebab utama penurunan daya tahan tubuh. Perokok aktif berisiko tinggi mengidap berbagai penyakit seperti bronkitis, pneumonia, dan infeksi. Sementara perokok dan pencandu alkohol juga memiliki risiko infeksi paru lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok atau mengonsumsi alkohol. Menghentikan konsumsi alkohol dan rokok akan meningkatkan kualitas kesehatan serta membuat sistem imunitas tubuh jadi lebih baik.

Menghindari Stres

Stres juga merupakan pemicu utama yang membuat tubuh gampang sakit. Stres dalam jangka panjang bisa meningkatkan hormon kortisol yang menurunkan daya tahan tubuh. Itulah sebabnya kita harus menghindari penyebab stres supaya daya tahan tubuh tetap terjaga. Luangkan waktu untuk rileks dan me time supaya pikiran lebih tenang dan produktivitas tidak terganggu. Hindari polusi, debu, dan juga kuman penyebab penyakit dengan menggunakan masker.

Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh sebenarnya tidak sulit. Beberapa cara yang dapat kita lakukan adalah mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik atau hand sanitizer serta menggunakan masker untuk menghindari polusi, debu, dan mikroorganisme penyebab penyakit. Kebersihan tubuh yang terjaga dengan baik akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita senantiasa sehat. Maka kita pun akan terhindar dari wabah penyakit menular, termasuk Covid-19.

Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak manfaat baik bagi tubuh. Super food yang satu ini mengandung EpiGalloCatechin gallate (EGCg) yang efektif melindungi tubuh dari pengaruh virus karena dapat membentuk sistem pertahanan bagi sel-sel tubuh. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu menangkal penyakit akibat virus seperti Covid-19, influenza, dan hepatitis. Selain itu, Selain itu, teh hijau juga kaya kandungan L-theanine yang bisa menjadi sumber energi sehingga siapa pun yang mengonsumsinya akan merasa lebih bersemangat tanpa efek gelisah.

Mengonsumsi Suplemen Imun Tubuh

Kita tak boleh sembarangan mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Salah satu suplemen andalan yang ampuh meningkatkan imunitaa tubuh adalah Rhea Health Tone. Rhea Health Tone adalah suplemen yang diformulasikan untuk menjaga kesehatan, yaitu menstabilkan tekanan darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, serta mengurangi risiko infeksi kanker dengan me-regulate ACE-2 yang ada di sel tubuh.

Suplemen yang satu ini juga dapat memperkuat reseptor dalam tubuh yang disebut dengan Angiotensin Converting Enzyme-2 (ACE-2), yaitu enzim yang menempel pada permukaan luar (membrane) sel-sel sejumlah organ tubuh, seperti paru-paru, usus, ginjal, jantung, dan arteri. Formula Rhea Health Tone dapat membantu tubuh melakukan proses perbaikan jaringan dan sel yang rusak (regenerasi sel).

Menjaga Kesehatan Tubuh Supaya Kebal Serangan Penyakit

Jika kita mempraktikkan 8 tips ini secara telaten, niscaya kesehatan akan senantiasa terjaga selama pandemi berlangsung. Tubuh yang sehat dan bugar pasti membuat kita bersemangat dan makin kreatif saat beraktivitas.

No comments