Memoar, Opini, Kata Hati

Selasa, 13 Oktober 2015

Hasil Tidak Pernah Mengkhianati Proses, Benarkah Demikian?


Banyak orang yang bilang kalau hasil tidak pernah mengkhianati proses. Apa benar demikian?


Kenyataannya tentu tidak juga. Ada saat-saat di mana kita merasa sudah berjuang habis-habisan tetapi hasilnya tidak sebanding. Bukan hanya tidak sebanding, bahkan terlampau jauh dari harapan. Begitu terpuruk. Rasanya tak ingin mengingat kejadian itu lagi. Kejadian yang membuang waktu, tenaga, dan ide. Sekaligus membuat perasaan jadi tidak menentu.


Rasanya semesta tidak adil. Karena membiarkan usaha kita sia-sia bak hembusan debu yang terbawa angin kencang. Butuh waktu yang lama untuk memahami hal tersebut. Memahami, bukan melupakan. Kita memang harus memahami bahwa dunia tidak selalu diisi oleh orang-orang yang baik. Kegagalan tersebut bagaikan sebuah cambuk yang memicu kita untuk belajar. Bahkan mungkin untuk putar haluan menuju impian yang lain.


Kalimat di atas tentu ada benarnya bukan?

Tetapi kalimat tersebut bukanlah sebuah ungkapan kekecewaan. Sejatinya kebahagiaan hanya milik kita yang ikhlas, percaya, dan bisa bersyukur. Pikirkanlah sesuatu yang sederhana. Sesuatu yang sedang kita lalui akan berujung pada kebahagiaan. Jika kita sedang tak bahagia atau terpuruk, berarti ini bukan ujung dari perjalanan kita.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa