Memoar, Opini, Kata Hati

Jumat, 30 September 2016

Apakah Kita Bisa Sakit Cuma Karena Memendam Rindu?






I wish I could see you tomorrow, even for one second.

Rindu merupakan salah satu perasaan paling menyiksa bagi manusia. Bagaimana tidak?

Sakit apa pun yang berhubungan dengan fisik dapat dilihat secara kasat mata. Tetapi tidak demikian halnya dengan rindu. Perasaan rindu itu bersifat terpendam, tidak bisa dilihat oleh siapa pun dan hanya bisa dirasakan oleh orang yang bersangkutan. Lebih parahnya lagi, orang yang memendam rindu juga bisa jatuh sakit akibat perasaan tersebut. Mungkin belum banyak yang tahu kalau hal ini dikenal dengan istilah lovesick.


Lovesick Bukan Hanya Soal Urusan Percintaan



Sumber :
Frabz.com


Kata lovesick sering digunakan untuk menyebut kerinduan terhadap pasangan. Padahal anggapan yang satu ini tidak sepenuhnya benar. Lovesick dapat diartikan sebagai perasaan rindu terhadap sesuatu, seseorang, atau sekumpulan orang. Tentu saja rasa rindu ini muncul karena adanya perasaan menyayangi sesuatu atau orang yang sedang dirindukan. Tanpa perasaan menyayangi dan mengasihi, mustahil rindu bisa dirasakan oleh seseorang.

Ungkapan rindu memang tidak sebatas kepada pasangan. Ada orang yang bisa jatuh sakit karena merindukan orang tua atau sahabat yang sudah lama bertemu. Ada pula yang merindukan hal lain yang sudah lama tidak dilihat atau ditemui. Perasaan rindu ini yang selanjutnya mempengaruhi kondisi psikologis sehingga rentan menyebabkan seseorang jatuh sakit.

Kekuatan Pikiran Memang Sangat Berpengaruh Bagi Kehidupan Kita



Sumber :
GrumpyCatPics.com


Your mind is your greatest power. Use it well.
-Aneta Cruz-

Ungkapan mengenai kekuatan pikiran itu sungguh benar adanya. Melalui pikiran yang kacau dan tidak bahagia, ada banyak penyakit yang bermunculan. Kondisi merindukan sesuatu atau seseorang rupanya bisa menimbulkan stres pada seseorang. Saat pikiran mulai stres, maka sekresi hormon adrenalin dan hormon kortisol pun mulai meningkat.

Hormon adrenalin dan hormon kortisol adalah dua jenis hormon yang paling berkaitan erat dengan kondisi stres. Sebenarnya sekresi kedua hormon ini memiliki tujuan baik. Ketika tubuh mulai stres, maka ada banyak gangguan metabolisme yang terjadi. Asupan oksigen ke otak dan organ tubuh lainnya berkurang. Tekanan darah, kadar gula darah, dan kadar kolesterol pun menurun.

Kalau hal ini sudah terjadi pada tubuh, maka hormon adrenalin akan mulai mengambil kendali untuk meningkatkan denyut jantung. Hal ini menjadi reaksi alami untuk meningkatkan suplai oksigen ke otak dan seluruh organ tubuh lain. Hormon adrenalin pun akan bekerja sama dengan hormon kortisol untuk meningkatkan nafsu makan, meningkatkan tekanan darah, kadar gula, dan kadar kolesterol, serta mempercepat proses pembekuan darah.

Maksud baik dari kedua hormon ini malah akan membahayakan tubuh bila terjadi dalam waktu lama. Ketidakseimbangan metabolisme bisa membuat daya tahan tubh terjadai penyakit jadi menurun. Tubuh juga akan mulai mengalami berbagai gangguan seperti susah tidur, nafsu makan meningkat, serta sejumlah risiko penyakit serius lainnya seperti diabetes, penyakit jantung, gangguan fungsi ginjal, dan stroke.

Lihatlah betapa dahsyatnya kekuatan pikiran bagi kualitas kesehatan kita. Perasaan rindu yang belum tuntas bisa menyebabkan masalah serius pada kesehatan kita.

Lantas Bagaimana Cara Mengatasinya?


Semua orang pasti tahu kalau cara mengatasi rindu adalah menemui seseorang atau sesuatu yang sedang dirindukan. Hati akan menjadi tenang dan bahagia jika sudah berhasil menuntaskan rindu. Tetapi nyatanya solusi yang satu ini tidak bisa dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Ada kalanya kita harus berjauhan dengan seseorang atau sesuatu yang kita rindukan karena alasan kesibukan atau terpaut jarak yang jauh.

Kalau begitu, cobalah melakukan hal-hal lain untuk mengalihkan rasa rindu. Alangkah lebih baik bila kita menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas positif. Mempelajari hal-hal baru, menekuni hobi, giat berolahraga, atau bertemu teman-teman baru akan membantu kita mengalihkan rasa rindu. Sehingga pikiran dan hati kita tidak hanya berfokus pada rasa rindu yang sedang kita alami.


Sumber :
Quotesgram.com


Satu hal terakhir yang tidak boleh kita lupakan adalah mengirim doa. Yakinlah bahwa doa-doa yang kita kirimkan menjadi pengobat rindu yang mustajab sekaligus sumber kekuatan bagi mereka yang kita rindukan. Walaupun terpisah ruang dan waktu, kini kehadiran teknologi dapat mendekatkan kita dengan mereka yang kita kasihi.


When I can hold you with my arms, I always hug you with my prayers in my thoughts.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright©Melisa