Fenomena Produk Kue Kering Murah Menjelang Lebaran

Lima belas tahun lalu ketika masih remaja, saya ingat betul bahwa belum ada produk-produk kue kering murah di pasaran. Menjelang lebaran, orang-orang biasanya memesan kue kering home made dari tetangga, sahabat, atau kenalannya. Bentuk kue keringnya sih standar. Packaging-nya juga biasa saja. Kuenya cuma dikemas pakai toples plastik yang pinggirannya dihias dengan pita warna-warni. Itu semua terjadi pada zaman dahulu kala. Sebelum dunia desain dan kreativitas pebisnis berkembang secara pesat.

Sekarang Ada Produk Kue Kering Murah yang Tampilannya Kece

Pebisnis zaman now memang semakin cerdik memanfaatkan momen. Mereka paham banget lo kalau orang Indonesia itu paling sibuk menyiapkan segudang makanan menjelang lebaran. Pengennya sih pasti kue-kue kering yang tampilannya cantik dan kelihatan menggiurkan. Selain itu, banyak pula yang sibuk menyiapkan paket kue kering sebagai hantaran untuk sahabat dan para tetangga.

Inilah yang membuat para pebisnis mulai membuat produk inovatif berupa paket kue kering murah untuk lebaran. Mereknya sangat beraneka ragam. Salah satu merek yang menurut saya paling populer saat ini adalah Bellarosa. Oh iya, saya gak dibayar sama Bellarosa atau siapa pun ya untuk membuat tulisan ini. Bahkan saya belum pernah satu kali pun mencicipi kue-kue Bellarosa. Serius deh. Padahal, saya gak keberatan sih kalau misalnya ada brand makanan yang mau bayar saya untuk menulis ulasan tertentu. Uhuk.

Kesan Pertama Saat Melihat Aneka Kue Kering Murah

Menurut saya, paket kue kering Bellarosa itu sangat inovatif. Kemasannya kardusnya didesain cukup apik. Pokoknya tampilannya gak norak. Malah saya pikir banyak produk camilan dari pabrik besar yang kemasannya jauh lebih norak daripada Bellarosa. Di dalam dusnya, ada beberapa toples kue kering berukuran mini dengan jenis kue yang bermacam-macam.
Oh iya, Bellarosa ini punya banyak sekali seri produk. Seingat saya, sepertinya seri produk kue kering Bellarosa ini lebih dari lima macam. Sebenarnya kalau diperhatikan, jenis kue keringnya sih itu-itu saja. Hal yang membedakan setiap seri produk hanyalah desain dus, jumlah toples kue kering, dan nama serinya. Bellarosa memberikan nama yang keren-keren untuk setiap produknya. Ya pokoknya kece lah. 

Saya selalu berpikir yang aneh-aneh saat melihat kue-kue Bellarosa. Rasanya enak gak, ya. Layak makan gak ya. Soalnya, harga paket kue keringnya sangat murah. Hanya perlu menyiapkan uang kurang dari Rp 70.000 untuk mendapatkan satu paket kue kering Bellarosa. Bahkan, ada produk kue kering sejenis dari merek lain yang harganya cuma Rp 45.000 per dus.
Saya punya pengalaman buruk dengan kue kering yang rasanya gak karuan. Tahun 2009 waktu saya jalan-jalan ke Pasar Senen, saya sempat mampir ke toko agen kue kering. Toko itu memperbolehkan calon pembeli mencicipi kue-kuenya sebelum menentukan pilihan. Saya pun tertarik mencicipi kue kering dengan topping selai strawberry dan parutan kelapa. Bentuknya menggiurkan banget, warnanya juga menarik. Sayangnya, rasa kue itu tidak sesuai harapan. Saya sih lebih milih makan nasi pakai telur ceplok daripada mencicipi kue-kue itu lagi. Alhasil, kue yang belum sempat saya telan itu malah saya lepeh ke sela-sela toko orang.
Tapi, saya berpikiran positif tentang paket-paket kue kering murah yang sekarang beredar di pasaran, termasuk Bellarosa. Jika Bellarosa (dan produsen kue kering lainnya) bisa bertahan bertahun-tahun memproduksi kue tersebut, berarti cita rasanya boleh dibilang worth it. Sebab masih banyak orang yang memburu paket-paket kue kering tersebut setiap tahun.
Lagi pula, saya juga sempat ngakak sewaktu memegang toples-toples kue Bellarosa. Bagian bawah toplesnya cekung banget. Berarti isi kue di setiap toplesnya benar-benar sedikit meskipun setiap dus terdiri dari empat sampai enam toples kue. Boleh lah ya untuk mengakali kebutuhan bahan baku dan biaya produksi. Dus kue yang ukurannya besar sebenarnya tidak berisi banyak kue karena toples-toplesnya sangat cekung.

Ada Hal-Hal Besar yang Luput dari Perhatian Perusahaan FMCG

Saya bukan orang yang expert di bidang pengembangan produk. Kuliah di teknik industri juga selayang pandang sampai-sampai saya lupa dengan hampir semua ilmunya. Saat saya kuliah, saya pernah bercita-cita bekerja di pabrik makanan. Iya, sesederhana itu deh ya pola pikir orang yang hobinya makan. Bekerja di pabrik makanan sepertinya asyik karena bisa ngeliatin makanan setiap hari. Atau mungkin bisa memberikan ide tentang pengembangan produk makanan yang inovatif.
Dari zaman kuliah dulu saya sudah sering berpikir, kenapa sih perusahaan-perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG) besar di Indonesia tidak bikin paket lebaran all in one. Maksudnya, suatu paket lebaran yang terdiri dari kue kering (mungkin juga biskuit) yang dibanderol dengan sirup. Sirup dan kue kering itu ciri khas orang Indonesia banget lo. Banyak kok perusahaan FMCG yang memiliki produk biskuit dan sirup populer.
Saya gak tau sih pertimbangan apa yang membuat perusahaan FMCG tidak berusaha menghadirkan paket kue lebaran. Entah karena takut merugi, kurang diminati karena harga paket yang mahal, atau menganggap momen lebaran hanyalah sesuatu yang sifatnya seasonal.
Rasa penasaran saya malah terjawab ketika saya mulai melihat paket kue kering murah beredar di pasaran. Produsen-produsen paket kue kering malah lebih kreatif memadukan produknya dengan sirup. Contohnya, Bellarosa yang punya paket kue kering dengan satu dan dua toples sirup. Kita bebas memilihnya sesuai keinginan ketika membeli, mau yang berisi sirup berukuran besar atau dua sirup berbeda rasa dengan ukuran lebih kecil.
Satu lagi yang terlewatkan oleh perusahaan FMCG besar. Sistem pemasaran mereka kalah dengan produsen paket kue kering murah. Para produsen paket kue kering tersebut malah sama sekali tidak pernah mengiklankan produknya di internet, media cetak, atau media elektronik.
Proses pemasaran berlangsung begitu saja dari mulut ke mulut. Dari para agen besar yang menjual paket kue kering secara grosir maupun eceran. Selebihnya, ada pula agen yang cukup kreatif membuat blog untuk berjualan atau memanfaatkan marketplace online. Jadi, si produsen paket kue kering murah cuma berkonsentrasi untuk urusan produksi saja. Pemasaran paket kue kering berhasil menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia. Bahkan mungkin mengalahkan jangkauan pasar produk-produk perusahaan FMCG.

Sesuatu yang menurut kita besar dan hebat tentu tak selalu baik. Bisa saja ada pesaing lain yang kekuatannya sungguh tak diduga-duga. Langit yang sungguh tinggi saja tak jemawa. Apalagi kita yang cuma manusia.





No comments