Tips Memberi Kado Emas untuk Orang Tersayang


Mengapa harus emas?
Iya, emas memang mahal. Namun, emas itu kado yang paling universal. Kado yang paling istimewa karena bisa diberikan ke semua orang, mulai dari anak kecil sampai lansia, pria atau wanita. Emas adalah logam mulia. Memberikan emas menunjukkan bahwa orang yang kita beri hadiah tersebut merupakan sosok istimewa. Meskipun harganya terus melonjak, rasanya harga itu tak seberapa jika dibandingkan dengan momen-momen istimewa kita bersama orang terdekat.

Kalau mau memberi kado emas untuk orang tersayang, sebaiknya kita mengikuti beberapa tips berikut ini:

Membeli Emas di Tempat Terpercaya

Tidak semua toko emas bisa menjadi tempat yang tepat untuk membeli kado emas. Karena saat ini banyak toko emas yang hanya menjual emas muda (emas berkadar rendah) dengan kadar 37,5% saja. Jadi, alangkah lebih baik jika kita cermat memilih tempat membeli emas. Selain membeli di toko emas, kita juga bisa membeli secara online. Karena saat ini ada beberapa toko online emas terpercaya yang menyiapkan produk perhiasan emas dan logam mulia asli.

Pilih Logam Mulia atau Perhiasan?

Memilih antara logam mulia atau perhiasan sebenarnya tidak sulit. Bila orang yang akan diberi kado tidak suka memakai perhiasan, sebaiknya kita memilih kado berupa logam mulia. Sebaliknya, kado perhiasan emas lebih cocok untuk kaum wanita. Jadi, kita harus mengetahui selera si penerima kado agar bisa memilihkan jenis emas yang tepat.

Mencari Tahu Ukuran yang Tepat

Jika ingin memberikan kado berupa perhiasan emas, kita juga harus mencari tahu ukuran yang tepat agar tidak salah pilih. Hal ini harus kita lakukan kalau ingin memberi kado perhiasan emas berupa gelang atau cincin. Jangan sampai kado yang kita berikan tidak terpakai karena ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar, ya. Jika kita ingin memberi kado berupa logam mulia, kita tak akan direpotkan dengan urusan memilih ukuran. Logam mulia memang merupakan kado emas yang praktis.

Memahami Selera Si Penerima Kado

Memberikan kado berupa perhiasan emas memang gampang-gampang susah karena kita harus memahami selera si penerima kado. Sehingga kado tersebut sesuai dengan seleranya dan membuat si penerima merasa senang. Jadi, sebaiknya kita benar-benar cermat mengamati selera si penerima kado. Ada orang yang menyukai perhiasan dengan banyak taburan permata dan ada pula yang menyukai perhiasan yang modelnya simpel. Kado emas yang sesuai dengan selera si penerima pasti membuat si penerima langsung ingin menggunakannya.

Membeli Emas dengan Kadar Tinggi

Usahakan untuk tidak memberikan kado emas dengan kadar rendah karena emas tersebut tidak memiliki nilai jual tinggi di masa depan. Jadi, sebaiknya kita memilih emas dengan kadar minimal 75% sebagai kado. Sehingga kado emas tersebut akan terus mengalami peningkatan nilai seiring dengan naiknya harga emas di masa mendatang. Jangan hanya tergiur dengan bentuk perhiasan emas yang menarik sebab kita juga harus mencari tahu kadarnya. Kado emas berupa logam mulia juga menjadi pilihan terbaik karena kadar emasnya mencapai 99%.

Haruskah Surat Pembelian Emas Disertakan dalam Kado?

Pada umumnya, surat pembelian emas memuat informasi tentang berat emas, kadar, dan harga emas. Jadi, sebaiknya kita tidak perlu menyertakan surat pembelian emas tersebut ke dalam kado. Namun, kita boleh menyertakan surat pembelian emas jika kita bisa request surat tanpa keterangan harga emas. Surat pembelian emas menunjukkan kalau emas tersebut asli dan memiliki nilai investasi yang tinggi.

Mengemas Kado Secara Menarik

Kado istimewa berupa emas patut dikemas secara menarik sebelum diberikan kepada si penerima kado. Sebaiknya Anda menggunakan kotak perhiasan atau dompet yang biasanya didapatkan saat membeli emas di toko. Kemudian, gunakan paper bag dengan ukuran tidak terlalu besar untuk mengemas kotak perhiasan atau dompet tersebut. Kado emas yang dikemas secara menarik akan semakin istimewa karena menggambarkan niat baik kita.

Karena yang teristimewa berhak mendapatkan apresiasi istimewa, memilih kado berupa emas bisa menjadi pilihan terbaik. Sudah menyiapkan bujet khusus untuk memberikan kado emas?

4 comments

  1. Pernah sekali ngasih kado emas buat orang tersayang, sangat mengesankan kalau ingat momen nya. Tapi kalau ngasih kado ke orang lain saya belum pernah ngasih emas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kak. Pasti sangat berkesan ya. Kita juga rela nabung demi beliin kado emas :)

      Delete
  2. Kalau mau kasih kado logam mulia ke orang, itu biasanya sama nota bukti pembeliannya juga tidak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya nggak ada aturan yang pasti, Kak. Jadi, Kakak bisa sertakan saja nota pembelian tersebut kalau sekiranya penting bagi si penerima hadiah. Tapi kalau Kakak nggak mau menyertakan nota pembelian juga bisa karena biasanya LM akan tetap laku saat dijual kembali, khususnya dari merek terkenal seperti Antam UBS, dll.

      FYI, Aku dulu pernah memberikan kado perhiasan emas lalu aku sertakan nota pembeliannya dengan request notanya atas nama si penerima kado.
      Seperti itu, Kak :)

      Delete